Pada platform media sosial seperti TikTok dan Instagram, menarik perhatian viewers sejak detik pertama sangatlah penting. Sebuah “hook” yang efektif tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga menggelitik, memicu rasa ingin tahu, dan memicu viewers untuk menonton sampai akhir. Tidak ada video yang berhasil tanpa disertai hook yang baik. Dalam artikel ini kita akan membahas jenis hook yang paling menarik dan cara menggunakannya untuk memperkuat kehadiranmu di media sosial.
Rentang perhatian atau attention span adalah elemen yang penting di media sosial. Sayangnya, di dunia yang penuh dengan distraksi, rentang perhatian kita telah berkurang. Pada tahun 2023, semakin sulit untuk membuat video yang dapat menarik perhatian viewers. Selama 15 tahun terakhir, rentang perhatian rata-rata telah menurun hingga 25%. Menurut Wyzowl, sekarang menjadi 8,25 detik. Dalam konteks ini, hook dinamis menjadi penting untuk menarik perhatian dan meningkatkan retention rate video kamu.
Cara ini yang sering digunakan oleh para digital marketer, dengan mengandalkan kata-kata serta visual menarik yang memikat pengguna di platform seperti Instagram, YouTube, dan TikTok. Tujuannya adalah untuk membuat pengguna yang melihatnya berhenti scrolling dan berinteraksi dengan konten yang disajikan.
Hook terbaik di TikTok dan Instagram juga memiliki efek ini. Saat kamu mengunggah video, tujuan utama kamu adalah membuat viewers engage dengan kontenmu. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah ajak mereka berinteraksi di awal video dengan hook yang bagus.
Hook yang bagus mematuhi “Aturan 2 Detik”. Memang, biasanya viewers membutuhkan waktu sekitar 2 detik untuk memutuskan apakah akan tetap menonton video atau terus scrolling. Insight ini menyorot pentingnya menemukan hook yang kuat.
Jadi apa saja hook terbaik untuk video kamu di Instagram Reels, TikTok, atau YouTube Shorts? Berikut kami telah membagi hook ke dalam beberapa kategori:
BACA JUGA: 13 Tren Beauty Influencer yang Patut Dipantau di tahun 2024
Apa cara yang lebih baik untuk memulai percakapan selain dengan sebuah pertanyaan, untuk mengenal orang lain lebih dekat? Cara ini tidak hanya informatif, tapi juga membuat audiens-mu berpikir akan jawabannya.
Demikian pula, mengajukan pertanyaan di hook TikTok atau Instagram Reels dapat menciptakan psikologis yang serupa. Audiens kamu akan menjawab pertanyaanmu di kolom komentar, yang akan meningkatkan retention rate. Semakin tinggi rasio ini, semakin besar reach bisa kamu dapat.
Masing-masing hook tersebut dirancang untuk melibatkan dan membuat penasaran penonton sejak awal video.
Bertentangan dengan apa yang mungkin kamu pikirkan, hook dengan pesan negatif bisa sangat efektif karena beberapa alasan:
Hook yang telah kami rangkum di atas ini dirancang untuk membangkitkan minat dan keingintahuan, sekaligus menantang gagasan yang terbentuk sebelumnya atau menyajikan perspektif baru dan menarik dalam bidang spesialisasi kamu.
Pernyataan kontroversial memanfaatkan emosi, sering kali dengan menantang opini yang sudah ada atau dengan membahas topik yang sensitif. Pendekatan ini dapat menciptakan keterlibatan yang mendalam dan langsung karena memunculkan reaksi yang kuat dari pemirsa, baik positif maupun negatif. Dengan menantang norma dan merangsang perdebatan, konten kontroversial tidak hanya dapat meningkatkan retensi viewers tetapi juga mendorong share dan diskusi, sehingga memperluas jangkauan konten kamu.
Hook tersebut dirancang untuk memancing dan memikat audiens, sering kali dengan menantang ide-ide yang diterima secara luas atau menyajikan perspektif yang provokatif.
Hook ini memanfaatkan ekspektasi yang dapat ditimbulkan dari pesan yang disampaikan. Hook ini menjanjikan ekspektasi yang jelas dan instan, yang akan mendorong viewers untuk engage dengan kontenmu. Dengan menjanjikan solusi, atau transformasi, hook ini akan menciptakan rasa ingin tahu.
Hook yang efektif sering kali menyertakan angka, dan ada alasannya. Digital marketer yang baik sering kali menggunakan angka untuk memancing perhatian audiensnya. Hook ini digunakan untuk meyakinkan viewers untuk menyaksikan konten tersebut hingga selesai.
“Jika aku berjanji bahwa dalam 30 detik aku dapat mengajarkan kamu sesuatu yang bermanfaat, kamu pasti ingin bertahan.” Dan untuk menunjukkan bahwa itu berharga, menggunakan angka adalah salah satu metode terbaik!
Orang-orang menyukai fakta yang rasional dan konkret, jadi berbicara dalam bentuk statistik membuat konten kamu lebih konkret dan profesional. Bahkan jika kamu membuat angka-angka ini secara kreatif untuk kontenmu di TikTok dan Instagram Reels, ini adalah strategi yang fantastis untuk melibatkan audiens kamu dalam beberapa detik pertama.
Pada media sosial seperti TikTok dan Instagram, sangat penting untuk menarik perhatian viewers sejak detik pertama. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah “hook” yang efektif. Hook tersebut bukan hanya harus menarik perhatian, tetapi juga menggelitik, memicu rasa ingin tahu, dan menginspirasi viewers untuk menonton sampai akhir.
Tidak ada konten video yang bagus tanpa hook yang efektif. Biasanya viewers membutuhkan waktu sekitar 2 detik untuk memutuskan apakah akan tetap menonton konten video kamu atau terus scrolling. Ada banyak jenis hook yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan engagement dan meningkatkan jumlah viewers dari konten-konten videomu di media sosial. Hook untuk konten video bisa dimulai dengan pertanyaan, hook negatif, hook kontroversial, hook yang menjanjikan, hingga hook yang menyajikan angka atau persentase. Sesuaikan hook dengan konten yang ingin kamu sajikan.