Kalkulator Engagement Rate untuk menghitung engagement di semua akun sosial media
100%
Engagement Rate
Average ER
Notes :
Kalian bisa menghitung engagement rate Instagram sendiri secara manual. Bagi jumlah engagement sebuah konten Instagram dengan jumlah followers yang dimiliki akun tersebut. Kemudian kali jumlah tersebut dengan 100 untuk mendapatkan persentasenya. Berikut adalah rumusnya:
Engagement rate = (jumlah engagement / followers) x 100
Engagement yang dimaksud adalah: Like, Comment, Share, Saves
Contoh: Lizzie Parra, konten kreator dengan 172,000 followers Instagram, mendapatkan 2,870 likes, 176 comments, 440 share, dan 397 saves di salah satu kontennya. Ini berarti engagement rate Lizzie Parra di konten tersebut adalah 2,26%.
Engagement rate adalah metrik penting untuk menentukan kesuksesan campaign influencer marketing. Kalian bisa memanfaatkan informasi ini untuk membuat strategi pemasaran yang lebih baik sebagai brand.
Untuk influencer, kalian harus terus melacak engagement rate. Engagement rate menunjukkan seberapa populer dan berpengaruhnya konten kalian. Kalian akan memahami apa yang harus ditingkatkan dan perbaiki.
Berdasarkan data Statista, rata - rata engagement rate postingan Instagram ada di antara 0,6% sampai 0,9%. Maka, jika berada di atas kisaran tersebut, engagement rate tersebut dapat dikatakan bagus.
Namun, benchmark ini bervariasi tergantung dari jumlah followers, reach, dan popularitasnya.
Kalau kalian penasaran gimana cara mendapatkan lebih banyak engagement di Instagram, ada beberapa cara untuk mewujudkannya. Yang paling penting, buat konten berkualitas yang sesuai dengan niche dan brand kalian secara konsisten. Instagram adalah platform visual, jadi kalian akan membutuhkan konten yang menarik dan engaging.
Kemudian, pasangkan dengan hashtag dan keyword yang relevan. Ini akan membantu pengguna Instagram lain untuk menemukan konten kalian di fitur pencarian. Yang terakhir, sering - sering berinteraksi dengan pengguna lain. Interaksi sebaiknya berlangsung dari dua arah, jadi berinteraksilah dengan pengguna Instagram lain yang engage dengan konten kalian.
Slice adalah platform canggih yang dibuat untuk membantu brand dan agensi memulai influencer campaign terbaik. Kami dapat menarik banyak data mengenai statistik performa influencer di campaign yang sedang maupun sudah berjalan. Beberapa metrik penting yang kalian butuhkan untuk menyeleksi influencer dalam roster kalian tersedia di layanan gratis kami.
Kami membuat tool gratis ini untuk mempermudah pekerjaan marketer dan KOL Specialist. Kalian bisa menggunakan tool ini dengan gratis untuk kegiatan pemasaran kalian.
Selain kalkulator engagement rate Instagram, Slice juga menawarkan beberapa fitur lain untuk menyederhanakan alur influencer marketing / endorsement. Fitur utama Slice meliputi:
1. Influencer Payments
2. Tax Calculation
3. Influencer Campaign Reporting
4. Creator CRM
5. Influencer marketing digital contracts & signatures