Kalkulator Engagement Rate untuk menghitung engagement di semua akun sosial media
100%
Engagement Rate
Average ER
Notes :
1. Kumpulkan Data: Ambil data like, comment, share, dan view dari postingan influencer TikTok.
2. Pilih Rentang Waktu: Tentukan periode tertentu, seperti 30 postingan terakhir, untuk perhitungan.
3. Hitung Total engagement: Jumlahkan suka, komentar, dan share untuk postingan yang dipilih.
4. Hitung Total Tampilan: Tambahkan tampilan dari postingan yang sama.
5. Hitung Persentase: Kalikan hasil keterlibatan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.
6. Gunakan Rumus: Gunakan rumus berikut untuk menghitung tingkat keterlibatan:
Tingkat Keterlibatan TikTok = (Rata-rata Suka + Rata-rata Komentar) / Pengikut * 100%
Berikut adalah cara kerja kalkulator engagement rate TikTok:
1. Entri Data: Pengguna memasukkan nama akun influencer agar kalkulator dapat mengambil informasi yang diperlukan.
2. Perhitungan: Kalkulator menjumlahkan suka dan komentar untuk 34 posting terakhir, membaginya dengan total tampilan, dan mengalikan dengan 100 untuk mendapatkan engagement rate.
3. Interpretasi: Pengguna mendapatkan engagement rate (ER) akun yang diminta untuk mengukur efektivitas kontennya; ER yang lebih tinggi menunjukkan audiens yang lebih terlibat.
Berdasarkan data Statista, rata - rata engagement rate postingan TikTok adalah 2.65%. Maka, jika berada di atas kisaran tersebut, engagement rate tersebut dapat dikatakan bagus.
Namun, benchmark ini bervariasi tergantung dari jumlah followers, reach, dan popularitasnya.
Rumus standar perhitungan engagement rate di TikTok biasanya dilakukan dengan membandingkan total engagement (like, comment, share) pada postingan tertentu vs total viewnya. Berikut rumus standarnya:
Engagement rate TikTok = (Rata-rata like + Rata-rata comment) / Followers * 100%
Rumus ini menghitung engagement rate berdasarkan rata-rata jumlah like dan comment pada postingan influencer, dibagi dengan total pengikut, dan dinyatakan dalam persentase.
Slice adalah platform canggih yang dibuat untuk membantu brand dan agensi memulai influencer campaign terbaik. Kami dapat menarik banyak data mengenai statistik performa influencer di campaign yang sedang maupun sudah berjalan. Beberapa metrik penting yang kalian butuhkan untuk menyeleksi influencer dalam roster kalian tersedia di layanan gratis kami.
Kami membuat tool gratis ini untuk mempermudah pekerjaan marketer dan KOL Specialist. Kalian bisa menggunakan tool ini dengan gratis untuk kegiatan pemasaran kalian.
Selain kalkulator engagement rate TikTok, Slice juga menawarkan beberapa fitur lain untuk menyederhanakan alur influencer marketing / endorsement. Fitur utama Slice meliputi:
1. Influencer Payments
2. Tax Calculation
3. Influencer Campaign Reporting
4. Creator CRM
5. Influencer marketing digital contracts & signatures