Business
December 14, 2022

5 Bidang Industri yang Merasakan Keuntungan Menggunakan Iklan Podcast

                   

                                                                                                                                                                                                                                                                                   

         

 Iklan podcast menguntungkan pengiklan karena efektivitasnya, tapi beberapa bidang industri memiliki keuntungan lebih besar dari industri lain saat menggunakan iklan podcast.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan iklan podcast sebagai strategi marketing perusahaanmu, mungkin kamu sudah melihat peluang dari meningkatnya jumlah pendengar podcast secara global, termasuk di Indonesia.

2020 jadi momentum peningkatan jumlah pendengar podcast Indonesia, menjadi tiga kali lebih banyak dari tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 mungkin memiliki pengaruh besar atas peningkatan signifikan tersebut.

Walaupun begitu, kita rasa ketertarikan masyarakat terhadap podcast tidak akan reda dalam waktu dekat, dan mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk perusahaanmu mencoba menjadikan podcast sebagai sarana beriklan.

Iklan podcast mampu menarik keterlibatan audiens dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan iklan radio. Bahkan 61% pendengar podcast mengakui bahwa mereka membeli sesuatu setelah mendengar iklannya di podcast.

Dengan banyaknya jenis produk yang diiklankan, mungkin kamu ingin mengetahui peluang merekmu dalam iklan podcast. Artikel ini akan membahas lebih dalam bidang industri yang memiliki peluang lebih besar dan bahkan sudah merasakan keuntungan dari menggunakan iklan podcast.

 

Keberhasilan Iklan MailChimp Menjadi Awal Perkembangan Iklan Podcast

Sebelum iklan podcast berkembang seperti saat ini, MailChimp sudah mengiklankan produknya terlebih dulu dan merasakan keberhasilannya. Bahkan hingga saat ini, iklan MailChimp yang sudah ditayangkan beberapa tahun lalu masih diingat dan menjadi bahan perbincangan.

Apa yang membuat iklan ini berhasil dan mampu menarik perhatian para pendengar podcast? Iklan pre-roll MailChimp ditayangkan di salah satu acara podcast terbesar di Amerika, Serial.

Sekilas mungkin hal ini terlihat biasa saja. Tapi konsep iklan di mana podcaster Serial kebingungan dengan cara mengucapkan kata MailChimp dan beberapa kali salah pengucapannya menjadi MailKeemp menjadi viral.

Iklan tersebut banyak dibuat parodi dan menjadi bahan perbincangan di Twitter pada masanya. Selain itu iklan ini pun sempat dibahas oleh koran nasional Amerika.

Bisa kamu bayangkan sebanyak apa perhatian yang didapatkan oleh MailChimp dari satu keputusan beriklan di podcast.

Senior Director of Brand Marketing MailChimp, Mark DiCristina mengakui bahwa keputusan yang dibuatnya tidak hanya karena dia melihat potensi iklan podcast, tetapi karena dia juga menyukai acara Serial tersebut.

Menurutnya penting untuk beriklan podcast di suatu acara yang kamu juga menyukainya. Tapi apakah keberhasilan iklan MailChimp hanya karena kelucuan semata? Tentu saja tidak.

Koneksi antara podcaster dengan pengikutnya membuat iklan ini berhasil. Penting untuk podcaster membacakan iklan dengan gayanya sendiri, sehingga mampu menarik perhatian pendengarnya. Wajar saja, iklan podcast host-read mendominasi iklan podcast non host-read.

Keberhasilan iklan Serial MailChimp ini tentunya membuat banyak perusahaan melirik podcast sebagai sarana beriklan. MailChimp bukan satu-satunya merek yang merasakan keberhasilan iklan podcast host-read.

Setiap bidang industri merasakan keuntungan yang berbeda dari iklan podcast, sesuai dengan tujuan masing-masing perusahaan. Tidak ada batasan kreativitas dalam membuat iklan podcast, dan kamu pun bisa berdiskusi dengan podcaster untuk menemukan konsep yang tepat.

 

Bidang Industri Utama Iklan Podcast

Menemukan media iklan yang tepat untuk memasarkan merekmu cukup membingungkan. Kamu harus melewati beberapa kali percobaan dan kegagalan hingga akhirnya menemukan media yang tepat.

Mungkin saja media yang dulu berfungsi untuk merekmu, kini sudah tidak cocok lagi. Perubahan terus terjadi dan sekarang ini iklan podcast adalah cara baru yang mungkin saja cocok untuk merekmu.

Banyak merek dari berbagai macam bidang industri yang menggunakan iklan podcast dan merasakan keuntungannya. Tapi, mayoritas sumber pendapatan iklan podcast berasal dari lima bidang industri ini.

Media dan Hiburan

27% iklan podcast berasal dari industri media dan hiburan. Tidak heran industri ini berada di urutan paling atas. Semua orang membutuhkan hiburan dari waktu ke waktu, dan apa yang mereka butuhkan pun bervariasi mulai dari hal sederhana hingga sesuatu yang besar.

Industri ini memiliki peluang besar meraih target audiens yang tepat, terutama di era digital. Salah satu merek di bidang ini yang menggunakan iklan podcast adalah Audible. Platform yang sama-sama memberikan layanan audio ini melihat peluang target audiensnya dengan beriklan di podcast.

Keuangan atau Fintech

Ketertarikan pendengar podcast terhadap topik keuangan menjadi peluang besar bagi para perusahaan keuangan atau fintech (financial technology) untuk beriklan di podcast. Sehingga 16% pengeluaran iklan podcast berasal dari bidang ini. Salah satu merek fintech yang beriklan di podcast adalah trustwallet.

Teknologi

Tentunya podcast adalah media yang tepat bagi industri teknologi untuk beriklan. Bahkan industri ini menyumbang 13% ke dalam penghasilan iklan podcast.

Banyaknya topik pembicaraan podcast, membantu industri ini menemukan target audiens yang tepat. Selain itu, kebanyakan pendengar podcast merupakan tech savvy yang memiliki tingkat keterlibatan tinggi.

Adobe dan SquareSpace adalah dua dari banyaknya merek berbasis teknologi yang beriklan di podcast.

Ritel

10% dari pengeluaran iklan podcast berasal dari industri ritel. Hal ini karena podcast merupakan platform yang bagus untuk memasarkan produk B2C maupun B2B.

Jika kamu menemukan acara podcast yang relevan dengan produkmu, iklanmu akan diterima baik oleh pendengar. Penyampaian pesan iklan pun bisa bermacam-macam, mulai dari edukasi, wawancara atau direct response.

Di sisi lain, industri ritel seperti e-commerce atau online market memiliki daya tariknya sendiri karena mereka menyediakan banyak produk yang relevan dengan para pendengar podcast.

Layanan Profesional

Perkembangan era digital menuntut banyak orang untuk semakin mengasah kemampuan mereka di berbagai macam bidang industri. Platform seperti podcast yang menyediakan konten-konten edukasi menjadi sarana yang bagus bagi para merek yang menyediakan layanan profesional.

Bidang industri ini menyumbang 7% dari pemasukan iklan podcast. Salah satu merek layanan profesional yang menggunakan iklan podcast adalah SkillShare

 

Waktunya Merek Kamu Menggunakan Iklan Podcast

Walaupun merekmu bukan merupakan bagian dari bidang industri di atas, bukan berarti kampanyemu tidak memiliki peluang meraih kesuksesan. MeUndies, perusahaan yang menjual pakaian dalam membuktikannya.

Kunci utama kesuksesan kampanye dengan iklan podcast adalah dengan menemukan acara podcast yang relevan dengan target audiensmu. Kamu tidak harus selalu beriklan di satu acara besar.

Menggunakan beberapa acara podcast kecil yang relevan bahkan lebih bagus untuk menjangkau pendengar lebih banyak. Jika kamu mencari platform yang bisa membantumu untuk segera memulai iklan podcast, gunakan layanan Slice.id untuk terhubung dengan para podcaster dan mulai kampanye podcast dengan harga yang relatif lebih hemat.

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.