Digital Marketing
April 10, 2023

Apa itu Social Listening dan Mengapa Ini Penting untuk Mengembangkan Usaha?

                   

social listening untuk mengembangkan usaha
                                                                                                                                                                                                                                                                                   

         

 Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, terdapat teknik baru dalam memperoleh informasi mengenai pasar dan pelanggan yang dikenal sebagai social listening. 

Social listening adalah sebuah metode untuk memantau dan menganalisis percakapan dan feedback yang muncul di media sosial tentang suatu brand, produk, atau topik tertentu. 

Social listening dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi peluang, memperoleh insights preferensi customer, mengukur efektivitas campaign pemasaran, dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. 

Namun, Sangat disayangkan banyak pelaku bisnis yang belum memanfaatkan teknik ini untuk mengembangkan bisnis mereka. Padahal dalam tren marketing, Social listening adalah strategi yang memiliki pengaruh yang besar dalam pengembangan bisnis.

Pada artikel ini Slice akan menjelaskan secara lengkap tentang apa itu social listening, kenapa ini penting untuk mengembangkan usaha, bagaimana melakukannya, apa saja tools yang bisa digunakan, hingga tips dalam menerapkannya.

 Daftar Isi

Apa itu Social Listening?

Mengapa Social Listening Penting untuk Mengembangkan Usaha?

Bagaimana Cara Melakukan Social Listening?

Kesimpulan

 Apa itu Social Listening?

                   

ilustrasi social listening
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber gambar: Freepik                                

         

 Social listening adalah proses memantau dan memahami percakapan yang terjadi di media sosial tentang topik atau brand tertentu. Tujuannya adalah untuk memahami opini dan sentimen yang muncul, serta mencari peluang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau memperbaiki citra brand.

Proses social listening melibatkan penggunaan alat analisis media sosial yang memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk memantau dan menganalisis percakapan di berbagai platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, dan lainnya. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis untuk mencari tahu apa yang orang bicarakan, bagaimana mereka merespons produk atau layanan kita, dan bagaimana pamor brand atau produk kita dibandingkan dengan kompetitor.

Social listening juga sering digunakan bersamaan dengan media monitoring. Jika social  monitoring digunakan untuk mengetahui "apa" yang dikatakan orang lain dengan melacak interaksi atau komentar dari konsumen, social listening digunakan untuk mengetahui "mengapa" konsumen anda membuat komentar tersebut. 

Kegiatan Social listening sendiri terdiri dari 2 proses yakni:

  • Media Monitoring untuk menemukan pesan, tweet, komentar, dan postingan yang berhubungan dengan brand atau produk tertentu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara manual atau dengan menggunakan alat social monitoring yang tersedia di pasar.
  • Analysis atau menganalisis informasi yang didapatkan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

BACA JUGA : Ide Marketing: Contoh Influencer Marketing yang Dilakukan H&M

 Mengapa Social Listening Penting untuk Mengembangkan Usaha?

 Social listening adalah salah satu teknik yang tepat untuk menciptakan produk yang berhasil. Karena pada dasarnya, kesuksesan dari suatu bisnis adalah ketika kalian bisa memahami apa yang konsumen butuhkan dan inginkan

Social listening akan membantumu mendapatkan lebih banyak insights mengenai orientasi pasar, dan pada akhirnya akan berguna untuk mengoptimalkan branding, dan memperbaiki produk atau layanan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa social listening adalah langkah penting untuk mengembangkan bisnis.

 1. Bisa Menjalin Hubungan yang Lebih Baik dengan Pelanggan

                   

menjalin hubungan lebih baik dengan customer
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber: Freepik                                

         

 Perlu kamu ketahui bawah menjalin hubungan baik dengan konsumen adalah salah satu faktor utama meningkatnya angka retensi atau customer retention. Seperti riset yang dilakukan Sprout Social, dimana lebih dari 83% pelanggan menyukai brand yang memberikan respons baik, dan juga mendengarkan feedback dari mereka.

Selain itu juga riset ini membuktikan bahwa 68% pelanggan suka apabila sebuah brand bergabung dengan sebuah diskusi / thread di media sosial. 48% pelanggan juga lebih memilih untuk membeli suatu barang dari brand yang responsif terhadap konsumen nya, terutama di media sosial.

Sudah jelas bahwa penting untuk kalian mengetahui, mendengarkan, dan menjalin komunikasi baik dengan pelanggan.

 2. Dapat mengetahui Customer Pain Point

 Dengan menerapkan social listening pada bisnis, kalian akan mengetahui customer pain point atau permasalahan apa saja yang dialami pelanggan kalian. Sebab dengan mendengarkan mereka, kalian akan tahu kesulitan atau keluhan apa saja yang sering mereka hadapi.

Analisis ini dapat membantu perusahaan mengidentifikasi masalah atau kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi, juga dapat membantu mereka memahami sentimen pelanggan terhadap merek atau produk tertentu.

Dengan mengetahui kebutuhan dan kekhawatiran pelanggan, brand dapat mengembangkan solusi dan meningkatkan produk mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih baik.

 3. Memahami Pandangan Customer Terhadap Produk dan Layanan Kita

                   

memahami pandangan customer
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber : Freepik                                

         

 Mengandalkan asumsi pribadi tentang bagaimana pandangan konsumen terhadap produk dan layanan yang kamu berikan hanya akan membuang waktu, dan tenagamu. Akhirnya hal ini pun akan berdampak negatif bagi bisnis.

Disinilah Social Listening diperlukan untuk mendengar berbagai macam pendapat dan cara pandang konsumen terhadap brand dengan lebih terarah.

Seperti ketika ada komentar yang tidak baik atau negatif mengenai brand kalian, maka kalian bisa menjadikannya sebagai bahan untuk evaluasi untuk mencapai loyalitas konsumen jangka panjang. Sebagai keuntungan tambahannya kalian bisa memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik, dan mempelajari cara berkomunikasi dengan bahasa mereka.

 4. Penanganan Krisis Brand Image dapat Lebih Cepat

 Untuk menjaga brand image agar tetap baik di mata konsumen, maka kamu harus selalu sigap menanggapi setiap hal yang sedang terjadi. Misalnya di era digital seperti saat ini, media sosial adalah tempat paling tepat untuk mencari segala informasi terupdate, maka sangat penting untuk selalu memantau brand anda dengan social listening di berbagai platform media sosial.

Seperti ketika terjadi suatu masalah, maka kalian bisa menggunakan strategi ini untuk menganalisis sebuah insiden dengan cepat dan segera melakukan riset pasar untuk mengatasi apa yang sedang terjadi.

Dengan social listening, kalian juga bisa menganalisa pengaruh komentar negatif terhadap engagement metrics, social metrics, atau bahkan sales growth.

 5. Membantu Menganalisa Kompetitor

 Selanjutnya social listening juga berguna untuk memonitori persaingan dan kompetitor di media sosial, media massa, forum, dan lainnya.

Hal ini tentunya berguna untuk setiap langkah competitor analysis, mulai dari mengukur share of voice, metric brand health, sampai membandingkan produk kompetitor dengan milik anda sendiri.

Bahkan secara lebih detail lagi, kalian bisa menganalisa apa yang disukai dan tidak disukai konsumen dari kompetitor bisnis kalian. Hal ini tentu sangat berguna sekali untuk membuat bisnis lebih baik dan memiliki value yang lebih tinggi dibandingkan pesaing kalian.

 Bagaimana Cara Melakukan Social Listening?

 Setelah mengetahui pentingnya social listening dalam sebuah bisnis, sekarang kalian bisa lanjutkan untuk menerapkannya sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif.

Langkah yang benar untuk memulai social listening adalah sebagai berikut :

 1. Mengumpulkan Informasi

                   

                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber : Freepik                                 

         

 Seperti yang sudah kalian pahami sebelumnya, pada dasarnya social listening adalah proses memantau, menganalisis, dan mengevaluasi apa yang dikatakan orang-orang di media sosial tentang brand atau topik tertentu. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulainya adalah mengumpulkan informasi terlebih dahulu.

Informasi tersebut kemudian bisa disampaikan ke tim product development atau content marketing dan kemudian mereka akan menganalisa lebih lanjut apa yang sedang terjadi di kalangan customer untuk menentukan bagaimana langkah selanjutnya. 

 2. Menentukan Apa yang Ingin Kamu Cari Tahu

 Penting juga untuk memprioritaskan hal - hal yang ingin kamu ketahui dari social listening, apakah kamu ingin mengetahui citra brand kalian, nilai produk atau layanan yang kalian tawarkan, ataupun citra kompetitor.

Kamu juga bisa mencari tahu hal - hal teknis seperti mencari tahu strategi campaign pemasaran yang efektif, hastag yang berkaitan, dan lain sebagainya.

 3. Membuat dan Memperbarui profil media sosial

 Berikutnya adalah membuat akun dan melengkapi profil media sosial untuk bisnis yang kalian kelola. Perusahaan perlu membuat banyak channel pemasaran di berbagai platform agar bisa mendengarkan sentimen dari lebih banyak audiens.

 

Walaupun strategi marketing kalian tidak menyasar ke semua platform, ini bukan menjadi masalah. Kamu tetap bisa bergabung pada platform - platform lain dimana pelanggan kalian berkumpul, untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.

 4. Pilihlah Social Listening Tools yang tepat

 Dengan menggunakan bantuan tools, kalian bisa menghubungkan akun media sosial bisnis kalian dan melacak sejumlah kata kunci yang berhubungan dengan brand dan bisnis kalian, juga hastagnya. Beberapa tools bisa digunakan secara gratis, namun ada juga yang berbayar.

Terdapat banyak tools social listening yang bisa kamu pakai sekarang ini, bahkan ada yang sangat canggih dimana kamu tidak hanya bisa melacak penyebutan brand atau kata kunci tertentu, tetapi juga bisa membalas komentar pelanggan, mengidentifikasi tren, sampai menjalankan laporan yang komprehensif.

                   

ilustrasi social listening tools
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber gambar: Freepik                                

         

 Berikut ini adalah beberapa tools yang bisa memudahkan kalian dalam melakukan social listening.

  • HubSpot, dapat membantu kalian dalam memprioritaskan interaksi sosial yang terkumpul, serta menghubungkan brand kamu dengan audiens yang tepat. 
  • Sprout Social, merupakan software manajemen media yang bisa dimanfaatkan untuk memahami bagaimana audiens merespons brand di media sosial, dan membantu dalam pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan citra brand dan tingkat kepuasan pelanggan.
  • Hootsuite, Bisa digunakan untuk social listening sekaligus social monitoring. Dengan tools ini kalian bisa melihat semua komentar, pesan, mention dari berbagai media sosial dalam satu dashboard.

 5. Mengidentifikasi Gaya Bahasa yang Tepat

 Semakin kalian perhatikan dan analisis apa yang dikatakan customer di internet, semakin kalian paham juga tentang kata kunci dan jargon yang sering mereka gunakan untuk menyebut brand atau produk kalian.

Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengidentifikasi gaya bahasa yang tepat untuk mengembangkan konten dan campaign marketing agar dapat lebih terhubung dengan mereka.

 6. Kenali Kompetitor Kalian

 Selanjutnya kalian juga harus mengenali kompetitor bisnis kalian, yaitu dengan cara memahami apa yang mereka lakukan untuk menarik pelanggan atau apa yang membuat bisnis mereka lebih menonjol. Pahami hal tersebut dan lakukan evaluasi yang efektif untuk mengembangkan bisnis kalian.

 Kesimpulan

 Dalam era digital saat ini, social listening adalah langkah penting untuk memahami preferensi konsumen dan mengembangkan bisnis kalian. Dengan social listening, kalian dapat memahami opini, kebutuhan, dan perilaku konsumen. 

Selain itu social listening efektif untuk mengidentifikasi masalah dengan cepat, menemukan peluang, dan mengukur kinerja pemasaran kalian. Dengan memilih alat social listening, dan menentukan kata kunci, dan memilih platform media sosial yang tepat kalian bisa memanfaatkan social listening untuk meningkatkan bisnis kalian.

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.