Social Media
May 16, 2024

Apa Itu Thumbnail YouTube? Penjelasan, Ukuran, dan Cara Buat

                   

cover ukuran dan tips thumbnail youtube
                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Selama beberapa tahun terakhir ini, “thumbnail” menjadi istilah yang populer di berbagai tempat, termasuk smartphone, komputer, media sosial, hingga situs berbagi video. Banyak orang ingin mengetahui rahasia gambar thumbnail yang dapat menarik viewers dengan desain dan visibilitas yang baik. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara rinci mengenai ukuran thumbnail YouTube dan cara membuatnya untuk meningkatkan views video kalian.

Daftar Isi

Apa Itu Thumbnail?

Thumbnail adalah gambar berukuran kecil yang ditampilkan di sosmed seperti Instagram, atau situs video seperti YouTube. Thumbnail merupakan gambar kecil yang berperan sebagai cover konten untuk menggambarkan isi dari konten video, sehingga pengguna  dapat memahami isi dari konten tersebut sebelum mengkliknya.

Thumbnail dipakai di berbagai jenis situs karena membutuhkan lebih sedikit waktu untuk memuat gambarnya dibandingkan harus memuat gambar ukuran penuh (besar). Selain itu, thumbnail juga memungkinkan website untuk menampilkan gambar dalam jumlah yang banyak di saat bersamaan.

BACA JUGA: TikTok vs YouTube - Mana yang Lebih Menjanjikan untuk Kreator?

Kegunaan Thumbnail

Thumbnail bukanlah sekadar gambar, mereka memiliki beberapa kegunaan yaitu:

  • Meningkatkan visibilitas konten. Thumbnail ditampilkan pada daftar konten di sebuah situs web, dan berperan agar pengguna dapat dengan mudah memahami konten macam apa yang akan mereka tonton.
  • Memepermudah navigasi. Menyortir thumbnail ke dalam kategori dan mengimplementasikannya secara teratur juga dapat mempermudah navigasi. Pengguna dapat melihat sekilas jenis informasi dan konten apa yang tersedia dan di mana, serta dapat menelusuri konten satu per satu.
  • Meningkatkan view rate. Thumbnail yang menarik perhatian meningkatkan kemungkinan pengguna mengklik untuk melihat konten kalian.

Perbedaan Thumbnail dan Icon

“Icon” adalah objek yang mirip dengan thumbnail. Kata tersebut sering tertukar dengan thumbnail, namun sebenarnya kedua istilah ini mempunyai arti yang berbeda. Icon adalah tanda simbolik yang juga digunakan sebagai gambar profil untuk mewakili suatu kanal dalam bentuk gambar atau desain berukuran kecil.

Dalam beberapa tahun terakhir, gambar profil, gambar ikon, dan gambar yang dilampirkan pada artikel yang digunakan di media sosial terkadang disebut sebagai thumbnail. Agar fleksibel, harap dipahami bahwa semua gambar di media sosial dapat secara kolektif disebut sebagai thumbnail.

Mengapa Kamu Memerlukan Ukuran Thumbnail YouTube yang Tepat?

Orang-orang menilai relevansi suatu video dengan melihat thumbnailnya. Thumbnail yang bagus membantu kamu mendapatkan lebih banyak views, sedangkan thumbnail yang buruk akan menjauhkan viewer. Ketika kamu mengunggah video ke channel YouTube-mu, secara otomatis akan ditampilkan tiga gambar diam yang bisa digunakan sebagai thumbnail.

Ada juga opsi penyesuaian yang memungkinkan kamu mempersonalisasi thumbnail-mu. Namun, memilih dimensi thumbnail YouTube yang tepat akan menghindarkan kamu dari masalah yang tidak dipentingkan. Tidak hanya menampilkan konteks konten dengan jelas, tetapi ukuran thumbnail YouTube yang tepat juga dapat menarik viewers.

 

Bagaimana Memilih Thumbnail YouTube?

Penting untuk memilih thumbnail yang akan dilihat pertama kali oleh pengguna YouTube dengan baik. Pilihlah gambar yang akan membantu pengguna lain memahami konten secara sekilas. Penting juga untuk memilih thumbnail yang menonjol dan memiliki impact.

Thumbnail sebenarnya tergantung pada konten dari video, tetapi jika kamu memakai teks yang cerah dan menarik, kemudian menempatkan teks tersebut di tempat yang mudah dilihat / dibaca, kamu mungkin dapat meningkatkan jumlah views.

Ingatlah bahwa thumbnail hanyalah preview / sampel yang diperkecil. Pilihlah gambar yang dapat membedakan kontenmu dari orang lain dengan tetap memperhatikan kemudahan memahami isi konten.

Menghias thumbnail dengan karakter teks juga merupakan metode yang diperlukan untuk menarik perhatian pengguna. Menempatkan teks pada thumbnail merupakan cara efektif untuk menyampaikan informasi yang tidak dapat dilakukan oleh gambar saja, atau juga akan berguna bila kamu ingin mempercantik gambar dan desain.

 

Ukuran Thumbnail YouTube

Saat mempelajari cara membuat thumbnail, hal pertama yang perlu diingat adalah ukuran tampilan terbaik. Thumbnail pada dasarnya adalah gambar yang diperkecil dengan cara mengompresi atau menurunkan resolusi data aslinya. Ukuran gambar thumbnail berbeda-beda tergantung platformnya, dan jika ukuran thumbnail YouTube yang diupload tidak sesuai, latar belakang dan teks bisa terpotong.

Untuk video YouTube, ukuran thumbnail yang direkomendasikan adalah 1280 x 720 pixel, dengan rasio aspek 16:9. Tabel berikut ini adalah standard  lengkap ukuran gambar di YouTube.

                   

ukuran lengkap thumbnail YouTube
                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Selain itu, penting untuk memeriksa dengan cermat apakah design & konteks thumbnail mudah dipahami, dan apakah sudah sesuai sesuai dengan isi kontennya.

Cara Membuat Thumbnail YouTube dan Poin Penting Lainnya

Ada berbagai cara untuk membuat thumbnail YouTube. Kamu bisa membuatnya menggunakan software edit gambar seperti Photoshop, Canva, PhotoScape, dan Adobe Spark Post, atau aplikasi edit gambar yang tersedia di iOS maupun Android. Pilih metode yang sesuai dengan keinginan dan cara kerjamu.

Sebagai contoh, di Photoshop kamu dapat membuat gambar baru dan mengatur ukurannya dari awal, atau drag and drop gambar lalu sesuaikan ukurannya. Kamu juga dapat menyesuaikannya dengan memilih "Free Transform" dari menu "Edit".

Setelah kamu menentukan ukurannya, gunakan "Layer Mask" untuk menghapus latar belakang (background) gambar asli dan membuat latar belakang yang lebih menonjol, atau pilih "Text" dari "Window", buka panel Text, dan tempatkan teks untuk menambahkan teks ke gambar.

Jika kamu menempatkan teks langsung di atas latar belakang, teks dan gambar mungkin malah akan tumpang tindih dan sulit dibaca. Dalam kasus ini, cobalah membuat thumbnail yang mudah dilihat dan efektif, misalnya dengan memburamkan seluruh latar belakang gambar atau membuat teks tebal dan semi-transparan di bawahnya.

Tips efektif lainnya adalah dengan menggunakan gambar thumbnail terpisah yang menampilkan dua adegan berbeda sekaligus untuk menggugah rasa penasaran pengguna.

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Thumbnail

Dalam kebanyakan kasus, menampilkan gambar yang berbeda pada thumbnail konten bukanlah tindakan yang disalahkan. Namun, di media yang dapat dimonetisasi seperti YouTube, akun kamu mungkin akan mendapat pelanggaran karena melanggar kebijakan YouTube.

Ketika membuat thumbnail untuk video di YouTube, kamu harus memperhatikan beberapa poin penting seperti:

  • Waspadai pelanggaran hak cipta, termasuk karya dengan hak cipta (seperti lagu) atau bahkan wajah orang lain yang tak sengaja terekam dalam videomu.
  • Hati-hati terhadap ekspresi diskriminatif dan fitnah yang berkaitan dengan kebangsaan, ras, gender, penampilan fisik, atau penyandang disabilitas.
  • Hati-hati terhadap penyajian yang salah dan konten yang dilebih-lebihkan. Misalnya saja thumbnail palsu atau clickbait yang sama sekali tidak berhubungan dengan kontennya. Di YouTube biasanya konten seperti ini akan ditangguhkan dan akun YouTube kalian berpotensi di-suspend.

Kesalahan Thumbnail YouTube yang Harus Dihindari

  • Jangan terlalu banyak teks. Memiliki jumlah teks yang seimbang pada thumbnail YouTube akan meningkatkan kinerja videomu. Tetapi, mengisinya dengan terlalu banyak teks akan merusak daya tarik visualnya. Jangan pernah menambahkan lebih dari judul atau subjudul yang ringkas.
  • Menggunakan ukuran teks terlalu kecil. Teks yang terlalu kecil untuk dibaca pengguna akan mengurangi jumlah klik yang mungkin diperoleh dari video kamu.
  • Memilih gambar yang tidak relevan. Menambahkan gambar berbeda untuk thumbnail YouTube dan gambar lain di video utama adalah kesalahan fatal. Ini menyesatkan orang dan memberi tahu mereka tentang konteks video kamu dengan cara yang salah. Selalu gunakan gambar video asli untuk mendapatkan lebih banyak klik dan views.
  • Tidak melakukan split test. Thumbnail YouTube adalah salah satu bagian integral dari pemasaran. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan pengujian secara terpisah (split test). Split test memungkinkan kamu mengetahui apa yang menghasilkan lebih banyak views di saluran secara organik. Analisis apa yang terbaik untuk channel YouTube kamu. Berdasarkan analisis, pilih thumbnail untuk videomu.

Kesimpulan

Di tengah banyaknya konten video yang beredar di YouTube, gambar thumbnail yang langsung menarik perhatian masyarakat sangatlah penting agar banyak viewer yang menemukan video yang kamu publikasikan. Thumbnail dengan perhatian besar terhadap detail diharapkan dapat meningkatkan jumlah viewers dan meningkatkan kesadaran terhadap konten video yang akan kamu sampaikan. Untuk bisa membuat thumbnail yang ideal, kamu tentunya harus memahami poin-poin penting cara membuatnya hingga ukuran thumbnail YouTube yang tepat.

           

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.