Tak bisa dipungkiri, Instagram kini menjelma sebagai trendsetter yang bonafide. Instagram menjadi platform sempurna untuk menarik hati audiens atau pengguna lainnya. Platform ini penuh dengan alat dan fitur yang bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan engagement rate yang tinggi. Algoritma unik Instagram mempermudah pembangunan komunitas, sehingga menjadikannya tambang emas bagi para kreator, influencer, dan juga pemilik bisnis.
Untuk mengembangkan akun Instagram, maka kalian harus memposting konten secara konsisten. Namun, berapa engagement rate yang baik di Instagram? Bagaimana cara menghitung engagement rate Instagram? Apa yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan engagement rate? Simak penjelasan lengkap seputar engagement rate Instagram berikut ini!
Engagement rate Instagram diukur berdasarkan berapa kali pengguna berinteraksi dengan video kalian. Di Instagram, interaksi ini mencakup likes, comment, share, dan saves. Engagement rate kalian menandakan relevansi dan popularitas video kalian di antara followers atau viewers dalam jangka waktu tertentu.
Slice mendefinisikan engagement sebagai interaksi yang dapat diukur pada postingan media sosial organik maupun berbayar. Metrik engagement di Instagram mencakup like, comment, share, dan saves.
Engagement rate Instagram dihitung berdasarkan jumlah semua interaksi dibagi dengan jumlah follower. Berikut rumus untuk menghitung tingkat keterlibatan Instagram brand kalian:
Engagement rate Instagram = [jumlah engagement] / [jumlah followers]
Meskipun ada beberapa cara berbeda untuk menghitung engagement rate, kami menemukan bahwa membaginya dengan jumlah followers memberikan gambaran yang lebih akurat tentang engagement rate brand kalian dengan brand serupa di industri kalian — berapa pun ukuran audiensnya.
BACA JUGA: Panduan Lengkap Instagram Insight 2024
Untuk brand dengan kinerja terbaik, engagement rate mereka di Instagram bahkan lebih tinggi. Laporan RivalIQ menemukan bahwa rata-rata engagement rate Instagram untuk brand yang berada di 25% teratas adalah 1,05%. brand - brand ini juga memposting dengan frekuensi yang sama, yaitu sekitar 4,7 kali per minggu.
Jadi, meskipun 0,47% adalah rata - rata engagement rate bagi brands, namun engagement rate baru dapat dikatakan baik jika mencapai 1,05% atau lebih tinggi.
Laporan terbaru mengungkapkan bahwa rata-rata engagement rate per follower untuk brands di Instagram adalah 0.47%. Rata - rata engagement rate ini mencakup semua industri termasuk food & beverages, hotel, hingga industri nonprofit.
Adapun di Indonesia rata - rata engagement rate-nya cukup besar, yakni mencapai 6,73% (ER per followers). Bukan hal yang mengherankan mengingat tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap media sosial. Meski begitu, jika mengukurnya dibandingkan dengan reach (bukan followers), Indonesia hanya memiliki rata - rata engagement rate sebesar 0.51%.
Adapun uraian rata - rata engagement rate di Indonesia untuk setiap jenis kontennya adalah sebagai berikut:
Sedangkan jika ditinjau berdasarkan jumlah followers-nya, rata - rata engagement rate nya adalah sebagai berikut:
Industri pendidikan tinggi dan tim olahraga menetapkan benchmark rata-rata engagement rate yang baik di semua industri.
Mengetahui benchmark akun dan industri kalian tentunya akan memberi gambaran tentang posisi kalian dalam menghadapi persaingan. Memiliki target engagement rate diperlukan untuk mengukur keberhasilan di platform ini. Berikut beberapa manfaat dalam mencapai engagement rate yang baik di Instagram.
Kalian dapat secara efektif membangun sensasi terhadap brand kalian dan mendapatkan engagement yang tinggi secara konsisten. Ketertarikan yang tulus terhadap konten kalian akan menghasilkan engagement yang tinggi. Jadi, pastikan kalian membuat konten yang tepat untuk audiens kalian.
Mengetahui cara kerja algoritma Instagram, mengikuti tren, serta menggunakan audio dan hashtag yang tepat akan membantu meningkatkan visibilitas kalian di platform. Memahami apa yang diinginkan audiens target akan membuat konten kalian direkomendasikan ke pengguna lain. Dengan kemampuan penargetan audiens yang dipertajam, kalian dapat memastikan bahwa kalian terhubung dengan audiens setiap kali kalian mempublikasikan konten.
BACA JUGA: Target Audience: Apa Itu, Cara Menentukannya, dan Template
Untuk mengembangkan keberadaan akun Instagram kalian, maka kalian harus mempromosikan engagement yang konsisten dan aktif. Engagement rate Instagram diukur berdasarkan berapa pengguna yang berinteraksi dengan video kalian di banding jumlah followers. Di Instagram, interaksi ini mencakup likes, comment, share, dan saves. Engagement rate yang bagus di Instagram tergantung dari bermacam aspek, salah satunya jumlah industri kalian.