Indonesian Creator Rate Card Guide 2024
Gabung sebagai creator / influencer di Slice buat dapetin report lengkapnya!
Dengan munculnya media sosial, keberadaan influencer seperti di Instagram maupun TikTok rupanya memiliki pengaruh yang besar bagi masyarakat. Kegiatan endorsement telah diterapkan oleh banyak perusahaan untuk mengiklankan produk atau layanan mereka. Namun, untuk menggunakan teknik endorse influencer tentunya dibutuhkan biaya tertentu. Lantas, bagaimana cara menghitungnya?
Selama ini banyak orang yang masih belum mengetahui berapa besaran biaya pasti untuk endorse influencer. Meskipun ada berbagai situs mencantumkan harga mereka sendiri, masih sulit untuk membayangkan berapa biaya endorse influencer yang benar - benar dibutuhkan untuk melangsungkan influencer campaign.
Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan secara detail harga pasar endorsement.
BACA JUGA: Contoh Kontrak Endorsement (Template Gratis)
Sebelum beralih ke rincian biaya, mari kita sedikit tentang apa itu endorse?
Endorsement adalah sebuah bentuk kolaborsi pemasaran. Untuk melakukan aktivitas ini, kalian membutuhkan influencer / konten kreator media sosial, baik itu Selebgram, TikToker, ataupun Youtuber.
Perlu diketahui, tidak semua influencer memiliki audiens dengan minat yang sama. Karena sejatinya influencer ataupun konten kreator membangun reputasi dan kredibilitasnya di media sosial melalui konten - konten yang difokuskan pada satu niche tertentu.
Dengan bekerja bekerja influencer yang sesuai dengan produk / layanan bisnis, kalian dapat menarik audiens yang loyal dengan cara yang autentik dan relevan.
Biaya yang kalian butuhkan untuk influencer marketing biasanya sangat bervariasi. Secara umum, biaya endorse influencer meliputi empat komponen utama:
Fee atau upah untuk influencer diberikan saat influencer mempromosikan produk dan layanan perusahaan kalian. Meski total biaya endorse influencer tergantung pada konten yang akan dibuat, namun influencer juga memiliki rate card mereka sendiri untuk endorsement. Biasanya semakin tinggi jumlah followers, maka semakin tinggi juga tarif mereka.
Berikut ini adalah rata - rata harga endorse selebgram Indonesia untuk konten Feed (foto) berdasarkan riset internal Slice terhadap 533 influencer:
Rata - rata keseluruhan: Rp 7,480,000
Sementara untuk rata - rata rate card influencer TikTok untuk konten video adalah sebagai berikut:
Rata - rata keseluruhan: Rp 10,556,250
Data lengkap rate card Influencer Indonesia untuk berbagai jenis konten dan platformnya bisa dilihat disini:
Jika kalian meminta perusahaan atau agensi influencer marketing untuk menangani seluruh proses, seperti memilih dan mengelola serta berinteraksi dengan influencer, maka biaya pengarahan akan dibebankan secara terpisah dari fee influencer.
Biaya penggunaan platform dapat dikenakan saat endorsement dilakukan menggunakan influencer marketing platform seperti Slice.
Slice adalah influencer marketing platform yang memudahkan reporting, pembayaran, dan terhubung dengan konten kreator brand. Seperti yang kalian tahu, campaign terbaik adalah campaign yang kalian lakukan bersama konten kreator yang kalian percaya. Kepercayaan ini sendiri terbentuk dari hubungan yang baik dengan sang kreator. Nah, bentuk hubungan baik ini dengan memanfaatkan fitur CRM dari Slice untuk mempermudah segalanya.
Biaya untuk influencer marketing platform Slice ini pun bervariasi, selengkapnya simak di bawah gambar.
Untuk Plan bulanan:
Untuk plan tahunan:
Slice memiliki beberapa fitur yang akan berguna untuk agensi manapun. Slice telah merancang software dan paket berbayar supaya agensi dapat memilih fitur mana yang menurut mereka paling berguna untuk dipakai. Setidaknya ada tiga fitur paling populer yang digunakan oleh pengguna Slice, yaitu:
Tak perlu khawatir karena Slice terus menambahkan kreator baru dalam database-nya untuk memberikan lebih banyak opsi dalam mendatangkan wajah baru bagi campaign brand kalian. Terlebih, Slice juga dapat mendistribusikan pembayaran ke kreator dengan cepat dalam satu waktu.
Endorsement yang bertujuan untuk mengenalkan produk dan layanan perusahaan, dalam banyak kasus biasanya memberikan produk dan layanan pada influencer secara gratis untuk benar-benar digunakan. Oleh sebab itu, produk dan biaya pengiriman akan ditanggung oleh pihak pemohon atau pemilik brand.
Selain itu, apabila konten atau foto yang diposting di media sosial oleh influencer digunakan kembali dalam iklan atau PR perusahaan tanpa izin dari mereka, maka hal tersebut akan dianggap sebagai pelanggaran hak cipta. Oleh sebab itu, kemungkinan ada biaya ekstra untuk memposting konten endorsement tersebut di media sosial perusahaan kalian.
Bergantung pada layanannya, biaya reposting bisa jadi dikenakan atau tidak, jadi sebaiknya pastikan hal tersebut saat mempertimbangkan influencer marketing budget. Bahkan ada beberapa agensi yang mengenakan biaya kompensasi atau direksi dalam bentuk “harga satuan per follower”.
Dalam beberapa kasus, ada kasus di mana direction cost dari agensi lebih besar daripada kompensasi untuk influencer. Oleh karena itu, saat membandingkan biaya setiap agensi, penting untuk memeriksa perincian setiap biaya endorse influencer, bukan hanya biaya kompensasi dari influencer yang kalian pilih.
Setelah membaca berbagai uraian di atas, kalian tentunya telah memahami bahwa biaya endorse influencer serta perincian biaya aktual dari layanannya sangat variatif, tergantung dari jenis layanan dan platform yang kalian pilih.
Saat akan mempertimbangkan strategi influencer marketing, sebaiknya perhitungkan dulu anggaran yang dimiliki, jam kerja dari masing-masing perusahaan, dan seberapa besar kira-kira proyeksi keuntungan yang kalian raup setelah memakai platform influencer marketing. Kami harap informasi ini berguna untuk upaya pemasaran bisnis kalian.