Uncategorized
April 22, 2023

Bukan Hanya Mudik, Ini Dia Cara Mengisi Waktu Lebaran Agar Lebih Bermakna

                   

ilustrasi hari raya idul fitri
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber gambar: Freepik                                

         

 Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H! Tidak terasa kita sudah kembali ke 1 Syawal lagi dimana umat muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Fitri.

Sesuai dengan keputusan sidang isbat 2023, tanggal 1 syawal, yang ditentukan dari posisi bulan di Indonesia, ditetapkan pada hari ini di tanggal 23 April 2023. Itu berarti tepat pada hari ini seluruh umat muslim di Indonesia sedang merayakan hari kemenangan mereka usai diuji untuk memerangi hawa nafsunya sendiri selama 1 bulan penuh di bulan Ramadhan. 

Sebagai hari yang penuh kebahagiaan, umat muslim di Indonesia seringkali menghabiskan momen lebaran mereka untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga serta sanak saudara. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah mudik. 

Istilah mudik pastinya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Tentu saja, karena kegiatan ini sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia. 

Ada pula mudik tahun ini dikabarkan menjadi yang terpadat semenjak pandemi Covid-19. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah pemesanan tiket transportasi umum antar kota yang meningkat drastis dibandingkan tahun lalu. Fenomena ini terjadi tidak lain karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah dicabut sejak akhir tahun lalu. Jadi buat kalian para pejuang mudik, semangat ya menghadapi kemacetan jalanan! 

Namun kalau kalian tidak ingin merasakan kemacetan yang menguji kesabaran, kalian tetap bisa merayakan lebaran dengan cara lain kok! Berikut adalah cara lain untuk mengisi waktu lebaran kalian agar lebih bermakna.

 1. Beramal

                   

                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber gambar: Freepik                                

         

 Salah satu cara mengisi waktu lebaran agar lebih bermakna adalah dengan beramal. Dalam momen lebaran, kita dapat memperbanyak amalan kebaikan, seperti memberi sedekah kepada orang kekurangan yang kita temui di jalanan, berkontribusi dalam kegiatan sosial di lingkungan sekitar, dan kegiatan beramal lainnya. 

Melalui beramal, kita dapat memberikan manfaat bagi orang lain serta meningkatkan kebaikan di dalam diri kita sendiri.

2. Menjaga Tali Silaturahmi 

Walaupun tidak mudik, kalian tetap bisa menjaga tali silaturahmi kalian dengan sanak saudara kalian yang jauh di luar kota hingga luar negeri! Kalian bisa menghubungi mereka melalui video call atau mungkin sebatas pesan singkat (chat). 

Dengan menjaga silaturahmi, kalian dapat mempererat tali persaudaraan serta menciptakan suasana yang lebih akrab dan hangat di tahun yang baru ini.

3. Memperbaiki Pola Hidup Sehat

Tidak hanya persoalan aspek spiritual dan sosial, libur lebaran juga bisa kita gunakan untuk memperbaiki kesehatan jasmani. Mungkin selama Ramadhan kalian merasa jika rutinitas olahraga kalian menjadi berantakan karena jadwal kerja yang berubah, tidak ada energi untuk melakukannya, dan lain sebagainya.

Nah, momen lebaran adalah waktu untuk memperbaiki itu semua. Kamu bisa memulainya dengan membuat jadwal olahraga baru, atau mungkin mulai mengatur pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat. Dengan begitu, lebaran kamu akan terasa lebih berarti untuk diri kalian sendiri.

4. Mempelajari Hal Baru 

                   

mempelajari hal baru ketika lebaran
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber gambar: Freepik                                

         

 Libur lebaran juga bisa kalian manfaatkan untuk mempelajari hal baru, baik itu hal yang bersifat akademis maupun non-akademis. Kalian bisa mulai mencari kursus online, membaca buku, atau mempelajari keterampilan yang sudah lama ingin kamu kembangkan namun belum tercapai. 

Dengan mempelajari suatu hal atau keterampilan baru, kita bisa mengembangkan potensi diri kita yang tentunya akan berguna dalam karir maupun aspek kehidupan lainnya.

 5. Menghabiskan Waktu dengan Hobi

 Di hari - hari kerja kita sering kecolongan waktu untuk melakukan hobi kita. Nah, waktu lebaran ini juga bisa kalian gunakan melampiaskannya. Kita bisa melakukan hobi yang kita suka, menulis, bermain musik, bermain game, dan lain sebagainya. 

Dengan menghabiskan waktu dengan hobi, kita bisa merasa lebih rileks dan bahagia, dengan begitu ketika kembali bekerja otak kita menjadi fresh sehingga kreativitas dan produktivitas pun meningkat.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengisi waktu lebaran di samping mudik. 

Lalu untuk konten kreator sendiri, apa sih yang biasa mereka lakukan di hari lebaran? 

Berikut adalah kegiatan lebaran ala kreator Slice!

 1. Febri Hikaru (@febriihikaru)

                   

                                                                                                                                                                                                                                                                                   

         

 Wah ternyata kak Febri masih tetap komitmen untuk bikin konten ya di hari lebaran! salut deh. Untuk suaminya semoga cepat sembuh ya kak!

 2. Fadila Turrahmi (@fadilaturrahmi21)

                   

lebaran ala fadila turrahmi
                                                                                                                                                                                                                                                                                   

         

 Tidak kalah dari kak Febri, kak Fadila juga tetap komitmen untuk memproduksi konten di akunnya loh di hari lebaran ini! hebat ya! Selain itu kak Fadila juga ternyata tim Sholat Ied di lapangan loh! Kalo kalian tim yang mana? Sholat ied di lapangan? Masjid? Atau malah di rumah bareng keluarga? 😏

Hari lebaran memang salah satu hari yang selalu ditunggu - tunggu oleh banyak orang, terutama umat muslim. Di hari yang penuh kebahagiaan ini, mari kita manfaatkan waktu dengan baik untuk meningkatkan kebaikan dan mempererat tali persaudaraan serta menjaga kesehatan.

Di akhir kata, Slice ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H untuk kalian semua! Mohon maaf lahir dan batin, dan selamat merayakan lebaran!

 


Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.