Influencer Marketing
March 16, 2023

Cara Endorse Selebgram Beserta Contoh Kalimat yang Bisa Kamu Pakai

                   

Mempelajari cara endorse selebgram
Sumber gambar: Freepik

         

 “Aku nggak tahu nih gimana caranya minta Selebgram buat endorsement”

Ada berbagai cara yang bisa kamu pakai untuk menjangkau Selebgram. Di artikel ini kami akan membahas cara - cara tersebut, yang dimana bisa kamu gunakan untuk meminta endorsement terhadap produk kamu, ataupun keperluan lainnya. Kami juga akan memberikan contoh pesan yang bisa kamu pakai untuk menyapa mereka.

Baca Juga : Tips memilih KOL untuk Endorsement Produk

Daftar Isi

  1. Apa Itu Endorsement
  2. Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meminta Endorse
  3. Cara Endorse Selebgram
  4. Contoh Kalimat (Template) untuk Meminta Endorsement via DM
  5. Kesimpulan

Apa Itu Endorsement?

Endorsement atau yang juga dikenal dengan influencer marketing adalah strategi marketing yang digunakan brand atau perusahaan dengan cara membayar influencer (seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial) untuk mempromosikan produk dan jasanya di akun sosial media mereka. Di Instagram sendiri Influencer sering dikenal dengan sebutan Selebgram. 

Dalam endorsement Instagram, Selebgram akan diminta untuk mempromosikan produk atau jasa sebuah brand kepada followers mereka guna meningkatkan brand awareness ataupun penjualan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meminta Endorse

Sebelum menjangkau influencer, ada beberapa hal yang harus kalian tinjau, dimana ini dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan campaign kalian nanti.

                   

Sumber gambar: Freepik

         

Lakukan Riset

Berikut adalah hal yang perlu kalian riset.

1. Cari Selebgam yang Sejalan dengan niche bisnis kalian

Seberapa bagusnya cara pendekatan atau ataupun kompensasi yang kalian tawarkan, jika kalian menjangkau selebgram yang salah, kemungkinan besar kalian tidak akan mendapatkan respon. Contoh: Kalian tidak akan mendekati seorang vegan untuk mempromosikan toko daging, bukan?

Pilih selebgram yang kiranya memiliki ketertarikan dengan produk yang kalian jual. Ini pun menunjukkan kepada selebgram bahwa kalian telah melakukan riset dan memahami niche mereka.

2. Jangkau Selebgram dari Berbagai Tier (Jumlah Followers)

Jangan hanya mendekati mega influencer saja! Kalian akan mendapatkan lebih banyak keuntungan di sebagian besar saluran media sosial dengan menjangkau konten kreator dengan jumlah pengikut yang bervariasi. Cobalah selebgram nano dan mikro (±1k - 100k) dan sejumlah selebgram tingkat menengah (±100k-500k). Rentang ini bersifat indikatif dan bergantung pada lokasi dan saluran yang Anda targetkan.

BACA JUGA: Apa itu Influencer? Penjelasan dan Cara Menjadi Influencer Instagram

3. Cari Kontak Selebgram

Setelah memilih selebgram yang tepat, tentu kalian memerlukan kontak mereka. Kalian dapat melakukannya secara manual (misalnya dengan memeriksa bio Instagram, atau bagian 'about' YouTube).

4. Buat Komunikasi yang Baik dan Beri Catatan untuk Tiap Selebgram

Ketika sudah memiliki sederetan daftar selebgram beserta informasi kontaknya, saatnya untuk memulai menjalin komunikasi. Kalian akan lebih mungkin mendapatkan respon dari seorang selebgram / kreator jika kalian berinteraksi dengan kontennya.

Jadi, pastikan untuk follow akun selebgram di daftar kalian, dan berinteraksilah dengan mereka. Saat kalian menyukai dan memberi komentar, catat detail-detail unik setiap selebgram. Seperti nama kucing mereka, pendapat mereka tentang suatu budaya, atau film favorit mereka. Apa pun yang dapat kalian gunakan untuk mendapatkan respon dari mereka dengan email pertamamu.

Cara Endorse Selebgram

Cara terbaik untuk meminta selebgram untuk mengendorse produk dapat disederhanakan menjadi 3 langkah:

  • Kirimkan produk ke selebgram pilihanmu
  • Buat value proposition dari produkmu 
  • Tulis email oureach yang dipersonalisasi

Kamu harus menempatkan diri kamu di posisi selebgram, dan memastikan jika mereka akan merasa senang berkolaborasi dengan brand-mu. Berikan penawaran kompensasi yang adil dan kirimkan produk kepada mereka sehingga mereka dapat mencobanya sendiri. Pastikan untuk memahami value yang bisa dipromosikan selebgram dari produkmu, sampaikan undangan yang jelas tentang apa yang kamu butuhkan dari mereka, dan pastikan mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk mulai mempromosikan brand-mu!

                   

ilustrasi endorsement
Sumber gambar: Freepik

Mulailah dengan Mengirim produk ke Selebgram

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan selebgram untuk mengendorse produkmu, pemberian hadiah produk adalah langkah pertama! Ini adalah strategi yang bagus untuk brand baru yang ingin membangun brand awareness. Bagaimanapun, pemberian produk ke tangan selebgram adalah cara terbaik untuk memperkenalkan brand-mu, dan merupakan kunci untuk memulai kolaborasi brand

Cara Mendekati Selebgram Baru

Saat menghubungi selebgram yang belum pernah bekerja sama dengan brand-mu sebelumnya, kamu sebaiknya memulainya dengan perkenalan karena kemungkinan besar selebgram tersebut tidak familier dengan brand atau produk-mu. Ini berarti kamu harus meyakinkan mereka untuk bermitra dengan brand-mu. Beri tahu mereka tentang value proposition dari brand kamu dan apa yang membuat produkmu begitu istimewa. Kamu harus membuat mereka tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut! 

Cara Menjangkau Selebgram

Berikut adalah beberapa cara menjangkau Selebgram untuk meminta endorsement.

  1. DM akun Instagram mereka
  2. Datangi event offline yang mereka hadiri
  3. Hubungi Selebgram yang pernah bekerja sama dengan brand-mu
  4. Undang ke dalam campaign melalui influencer marketing platform
  5. Melalui agensi influencer

1. DM Akun Instagram Mereka

Untuk mendapatkan endorsement, kamu bisa saja meminta langsung dengan mengirimkan pesan Direct Message (DM) ke akun Instagram mereka.

Namun cara endorse selebgram yang satu ini kurang direkomendasikan, karena tidak semua selebgram bisa dijangkau dengan cara ini. Beberapa dari mereka sudah tidak lagi membaca DM, kecuali dari akun dengan badge centang biru (verified user). Bahkan ada juga yang telah mematikan fitur Direct Message pada akun mereka.

Meski begitu, ada juga beberapa kelebihan dari cara ini, yang diantaranya:

  • Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk agensi maupun influencer marketing platform.
  • Transaksi yang lancar.

Jika kamu rasa inilah cara endorse selebgram terbaik yang bisa kamu lakukan, pastikan kamu memberikan detail dan objektif campaign yang jelas pada pesanmu. Kami akan memberikan contoh pesan / template DM yang bisa kamu gunakan nanti.

2. Datangi Event Offline yang Mereka Hadiri

Cara endorse Selebgram lainnya adalah dengan menghadiri acara dan konferensi yang mereka hadiri. Ketika ada kesempatan, kamu bisa menghampirinya dan memberikan tawaran endorsement ini.

Tentunya cara yang satu ini akan menghabiskan lebih banyak biaya dan waktu, karena untuk melakukannya kamu harus terlebih dahulu mencari, mendaftar, dan mendatangi event ataupun konferensi yang mereka hadiri. 

3. Hubungi Selebgram yang Pernah Terlibat dengan Brand-mu

Jika ini bukan pertama kalinya brand kamu terhubung dengan selebgram (seperti pernah dipertemukan di acara webinar atau event lainnya), kamu bisa menghubungi selebgram tersebut dan meminta endorsement darinya.

Karena ini bukan pertama kalinya kalian bekerja sama, maka kemungkinan besar selebgram tersebut sudah memiliki kepercayaan terhadap brand kamu. 

Selain itu, kamu juga seharusnya sudah memiliki data mengenai identitas, reputasi, dan pengaruh Selebgram tersebut terhadap produk atau acara yang melibatkan mereka. 

Dengan begitu proses negosiasi, dan evaluasi pun akan berlangsung lebih cepat.

4. Undang melalui influencer marketing platform

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan influencer marketing platform. 

Influencer marketing platform adalah platform yang menghubungkan brand atau agency dengan para influencers yang terhubung di platform tersebut. Pada platform ini juga, segala aktivitas influencer campaign, mulai dari menjangkau influencer hingga pembayaran campaign dilakukan di satu tempat.

Cara endorse selebgram yang satu ini sangat direkomendasikan karena simpel, flow yang lebih rapi, serta hemat waktu. Sehingga selebgram pun semakin bersemangat untuk bekerja sama dengan kalian.

Pada influencer marketing platform pun kalian tidak perlu repot - repot membuat template pesan untuk menjangkau selebgram. Kalian hanya perlu mengundang selebgram yang kamu mau ke dalam platform dengan memasukkan email mereka, dan platform tersebut akan berusaha dengan sendirinya untuk menjangkau selebgram yang kalian mau. Berikut adalah tampilan mengundang kreator ke dalam influencer marketing platform Slice.

                   

cara endorse selebgram via Slice
                                                                                                                                                                                                                                                                                   

         

 Selain itu, di Slice kalian bisa menambahkan catatan untuk setiap influencer, dimana ini akan membantu kalian dalam menyebarkan informasi apapun kepada team terkait influencer tersebut. Ini bisa kalian gunakan guna mencatat segala preferensi hingga kehidupan influencer untuk menjalin kerja sama yang baik. Atau juga bisa kalian gunakan untuk memberi catatan terkait performa influencer pada campaign sebelumnya.

                   

Namun untuk mengundang influencer melalui influencer marketing platform, tentunya kalian harus terlebih dahulu mengetahui alamat email dari influencer tersebut.

5. Melalui Agensi Influencer

Ada beberapa kelebihan dalam menggunakan cara ini, yang diantaranya:

  • Karena agensi sudah berpengalaman dalam menghadapi influencer campaign, jadi mereka sudah mengerti apa dan siapa yang paling tepat untuk kalian.
  • Kalian bisa mendiskusikan campaign kalian dengan influencer
  • Kalian bisa memilih di antara influencer - influencer yang dipilihkan agensi, mana yang ingin kalian ajak bekerja sama

Mayoritas agensi Influencer sudah memiliki banyak pengalaman dalam membangun influencer campaign, sehingga mereka sudah memiliki data, pengetahuan, dan juga kemampuan yang kompeten untuk menciptakan influencer campaign yang berhasil.

Kalian bisa mendiskusikan konsep influencer campaign kalian dengan agensi, guna menciptakan campaign terbaik.

Berbeda dengan approaching influencer secara langsung, bekerja dengan agensi itu ada kontrak dan SOW nya, sehingga jika terjadi konflik diantara pihak brand, agesi, maupun influencer, penyelesaiannya akan lebih mudah.

Meski begitu ada banyak agensi influencer yang minim pengalaman, data, ataupun kemampuan. Maka dari itu, pastikan kamu meriset agensi influencer yang akan kamu ajak bekerja sama sebelum menekankan kontrak.

Contoh Kalimat (Template) untuk Meminta Endorsement via DM

1. Template Chat Outreach Selebgram untuk Pertama Kalinya

Seperti yang sudah kami janjikan, berikut adalah contoh kalimat yang bisa kamu gunakan sebagai template untuk melakukan request endorsement kepada selebgram via DM. 

   

"

Hai (NAMA SELEBGRAM),

Terima kasih sudah membuka DM ini.

Namaku (NAMA KAMU) dari (NAMA BRAND).

Aku DM kakak buat menyampaikan ketertarikan brand kami untuk bekerja sama dengan kak (NAMA SELEBGRAM) dalam mengendorse produk baru kami.

Saat ini kami sedang mengembangkan produk baru yang dinamakan (NAMA PRODUK).

URL produk: (LINK)

Setelah mengamati konten - konten Instagram kakak, saya dan tim yakin bahwa kak (NAMA SELEBGRAM) sangat cocok dengan produk kami ini.

Atas dasar itu, kami ingin kak (NAMA SELEBGRAM) mengenalkan produk baru kami ini ke audiens kakak.

Mengenai kompensasi, kami menawarkan fee sejumlah (JUMLAH FEES) per kontennya, dan kami terbuka untuk negosiasi.

Kami juga akan mengirimkan produk ini kepada kakak secara gratis.

Jika berkenan dengan project ini, tolong balas DM ini ya kak.

Terima kasih atas waktunya.

"

 

 Contoh diatas adalah contoh kalimat meminta endorsement yang baik, karena mengandung poin-poin berikut:

  • Gaya bahasa yang sopan dan profesional
  • Memperkenalkan diri dan perusahaan yang terkait terlebih dahulu
  • Memberikan alasan mengapa mempercayakan endorsement ini kepada mereka
  • Memberikan objektif dan rincian fee (upah) dari endorsement tersebut

Pastikan kamu menyertakan poin-poin di atas ketika mengirim DM selebgram untuk meng endorse produk kamu.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika kamu menspesifikkan alasan memilihnya, dan ketentuan dari campaign yang akan berlangsung.

Misalnya saja, memberikan pujian dengan menuliskan, “Saya terkesan dengan postingan anda yang memperkenalkan produk ○○”, pesan ini akan memberikan kesan yang lebih baik terhadap selebgram yang dituju.

Jika pesan yang kamu kirim mendapatkan kesan yang baik, maka selebgram pun akan lebih senang untuk mendiskusikan tawaran ini.

2. Template Chat Outreach Selebgram yang Pernah Menggunakan Produk Kalian

Apakah ada selebgram yang tag akun brand kalian di postingan mereka? Endorsement terbaik berasal dari ketertarikan yang tulus dari influencer, dimana sang influencer bisa menjadi juru bicara yang sangat baik bagi brand kalian.

Ada beberapa cara untuk menemukan orang yang memposting tentang produk brand kalian, yang diantaranya adalah dengan langsung mencari hashtag terkait brand. Kamu juga bisa mencari hashtag umum (seperti #BestMakeup atau #FitnessGear) untuk menelusuri apakah ada yang menyebut brand kalian tanpa memberi tag ke akun brand kalian.

Setelah menemukan beberapa selebgram yang cocok dengan brand kalian, inilah saatnya untuk menghubungi mereka. Dalam pesan DM, rujuk postingan tentang brand kalian yang mereka buat, dan tawarkan beberapa produk gratis. Jika mereka benar - benar menyukai produk kalian, kemungkinan besar mereka akan menerima barter produk sebagai satu-satunya bentuk pembayaran.

Gunakan template ini sebagai inspirasi dalam kasus ini:

"

Hai (NAMA SELEBGRAM),

Namaku (NAMA KAMU) dari (NAMA BRAND).

Aku suka banget sama postingan kamu tentang (NAMA PRODUK), dan aku senang kamu mendapatkan banyak manfaat dari produk kami.

Kamu telah mempromosikan (NAMA BRAND) dengan baik kepada audiens kamu, dan karena itu kami ingin mengirimkanmu beberapa produk gratis!

Jika berkenan, tolong balas DM ini ya kak.

Kami akan sangat menunggu balasan dari kakak, terima kasih!

(NAMA KAMU)

"

 

 3. Template Chat Outreach Selebgram untuk Undangan Menghadiri Event

Mengundang selebgram untuk menghadiri event, dan mendapatkan postingan terkait event di media sosial mereka adalah cara yang efektif untuk membangun “hype” dan meningkatkan attendees. Baik dengan memamerkan riasan yang akan mereka pakai di acara tersebut, atau dengan memberi tahu audiens mereka, mengenai apa yang membuat mereka begitu bersemangat untuk hadir di event tersebut. 

Undangan bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik perhatian influencer. Lagi pula, postingan konten dari event eksklusif akan tampak bagus di feed Instagram mereka. 

Inilah yang membuat template outreach selebgram ini bisa bekerja dengan sangat baik untuk menarik perhatian selebgram.

Berikut template yang bisa kamu pakai: 

"

Hai (NAMA SELEBGRAM),

Namaku (NAMA KAMU) dari (NAMA BRAND). Aku baru - baru ini nemuin konten kamu, dan aku suka banget, karena (HAL YANG KAMU SUKAI DARI KONTEN)

Oh ya By the way, (NAMA BRAND) mengadakan acara eksklusif di tanggal (TANGGAL), dan ini adalah (DESKRIPSI EVENT).

Kami ingin mengundang kamu ke acara ini, dan mempromosikan event ini ke followers kamu.

Jika berkenan, tolong balas DM ini ya kak.

Kami akan sangat menunggu balasan dari kakak, terima kasih!

(NAMA KAMU)

"

Silakan gunakan template pesan ini sebagai referensi untuk mengirimkan DM endorsement kepada selebgram yang kamu mau.

BACA JUGA: Contoh Kontrak Endorsement (Template Gratis)

Kesimpulan

Dalam artikel ini kita telah membahas berbagai cara endorse Selebgram.

Endorsement yang sukses dapat memberikan dampak yang lebih banyak dibandingkan iklan lainnya.

Untuk berhasil untuk menggunakan selebgram sebagai media endorsement, kamu harus memastikan jika produk dan niche selebgram tersebut sesuai.

Namun sebelum itu, kamu harus terlebih dahulu memutuskan objektif campaign, dan target audiens yang ingin kamu jangkau. Setelah sudah diputuskan, baru mulai cari selebgram yang sesuai dengan kriteria tersebut.

Dan ketika hendak mengirimkan DM, pastikan bahasa yang kamu pakai sopan dan profesional untuk menjaga kredibilitas kamu dan perusahaan.

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.