Meraih kesuksesan dalam hal social media marketing memang bukan perkara yang mudah. Setidaknya dibutuhkan strategi yang matang dan juga keberuntungan untuk mencapainya. Bagi kalian yang masih berjuang untuk mengembangkan bisnis, simak uraian cara membuat strategi social media marketing yang efektif berikut ini!
Strategi social media adalah rencana pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis di platform social media. Strategi social media marketing merupakan rencana pertama yang kalian harus buat sebelum memutuskan untuk mempresentasikan brand kalian di internet.
Misalnya saja tujuan kalian adalah untuk meningkatkan brand awareness. Social Media dapat membantu dalam menjangkau orang-orang yang belum mengenal brand kalian. Kalian harus memutuskan social media mana yang akan dipilih dan apa yang akan kalian katakan pada audiens. Ini adalah strategi social media kalian.
BACA JUGA: 14 Cara Efektif Promosi Bisnis di Media Sosial
Memahami pentingnya strategi social media akan membantu kalian dalam membangun strategi yang lebih baik dan mengembalikan fokus kalian yang mungkin kebingungan ketika menghadapi masalah.
Strategi social media adalah rencana yang kalian pilih. Saat kalian melihat rencana pengoperasian social media kalian dengan jelas, maka kalian akan mengambil langkah lain untuk mendekati tujuan tersebut. Selain itu, kalian juga bisa merencanakan langkah-langkah ke depan.
Apabila kalian memiliki strategi, maka platform social media yang kalian pilih dan jadwal postingnya akan terencanakan dengan baik. Kalian dapat mengetahui opsi terbaik. Dan semua yang kalian lakukan tentunya berkontribusi pada kesuksesan kalian.
BACA JUGA: Kapan Jam Terbaik Posting Instagram? Jam Mendapat Banyak Like
Bahkan dengan rencana terbaik pun tidak dapat menghindari hal - hal yang tidak terduga. Saat telah menetapkan prioritas, kalian bisa mencari solusi yang dapat mengubah hal-hal tak terduga menjadi langkah lain yang dapat membantu untuk mencapai tujuan kalian. Meskipun hal yang tidak terduga biasanya mengarah ke hal yang negatif.
Misalnya, kamu mendapat ulasan buruk di komentar. Jika kalian melihat kembali strategi social media marketing, kalian dapat memutuskan apa yang penting bagi brand kalian. Sehingga kalian tahu cara meresponnya.
Kalian mungkin akan dikecewakan oleh penurunan beberapa metric, dan dibutakan dengan kebahagiaan oleh peningkatan metrik lainnya pada performance analytics. Namun kamu harus fokus hanya pada metrik yang penting untuk strategi social media marketingmu saat ini.
Penilaian objektif penting untuk membuat keputusan yang baik bagi brand kalian dan untuk menentukan apakah kamu telah mengambil strategi yang tepat. Seperti yang kamu lihat sekarang, membuat strategi social media sepadan dengan usaha kalian. Ini bisa sangat membantu dalam mempromosikan brand di Instagram, Facebook, TikTok, dan jejaring sosial lainnya secara efektif.
BACA JUGA: KPI Social Media yang Perlu Kamu Pantau
Berikut 6 langkah membuat strategi social media marketing yang lebih baik. Langkah-langkah berikut kebanyakan adalah tentang mencari dan menganalisis informasi. Jangan khawatir, kami menjelaskan semuanya untuk mempermudah pekerjaan kalian.
Tentukan tujuan brand kalian untuk membuat strategi social media marketing. Ini adalah tujuan yang melampaui jejaring sosial. Ingat, seluruh upaya marketing adalah untuk mempromosikan brand kalian, bukan hanya sekedar untuk memiliki akun sosmed.
Berikut contoh tujuan brand yang dapat disertakan dalam strategi social media kalian:
Pilih 1-2 tujuan sekaligus saat membuat strategi social media. Dengan begitu, kemungkinan besar kalian akan mencapai kesuksesan. Pilih lebih banyak hanya jika kalian yakin dapat melakukannya.
Kalian dapat membuat strategi social media marketing yang menghasilkan pertumbuhan organik hanya jika kalian mengenal audiens kalian. Kalian sudah tahu apa yang kalian inginkan. Sekarang mari kita cari tahu apa yang diinginkan viewers. Karena kesuksesan kalian hanya akan tercapai jika keinginan mereka terpenuhi.
Hal-hal yang harus kalian ketahui tentang audiens kalian di social media:
Ketika kalian memahami audiens, kalian akan mengetahui apa yang paling cocok untuk mereka. Kalian tahu platform apa yang digunakan mereka, jadi kalian tahu di mana harus mempostingnya. Dan kalian tahu apa yang disukai mereka, sehingga kalian tahu apa yang harus diposting.
Gabungkan hal-hal tersebut dan kamu akan tahu cara menggunakan social media untuk mencapai tujuan brand. Misalnya, kalian akan mengetahui apa yang harus diposting untuk meningkatkan brand awareness atau membangun reputasi. Cara menggabungkan keduanya adalah dengan memahami Instagram Insights dan membuat kalender konten social media.
Cara Mengetahui Audiens di Social Media
Manfaatkan analitik social media dalam membangun strategi social media marketing. Kemudian, kalian akan mendapatkan insight untuk membuat strategi yang tepat untuk audiens kalian. Strategi yang spesifik akan membuahkan hasil terbaik.
Kamu juga dapat bertanya langsung pada orang-orang di postingan dan Story-mu. Tanyakan apa yang mereka suka, apa pendapat mereka tentang topik yang lagi hangat, dan lain-lain. Tentu, tidak semua followers akan menjawab. Tapi beberapa yang aktif akan menjawabnya, dan mereka adalah bagian dari audiens yang mungkin ingin kamu fokuskan, karena merekalah yang paling tertarik dengan brand kalian dan berpotensi besar untuk membeli produk.
Misalnya, di Instagram Insights kalian bisa melihat demografi berdasarkan usia dan lokasi. Kemudian, kalian bisa mengetahui minat mereka dengan memeriksa jumlah likes, share, comment yang didapatkan setiap postingan. Semakin banyak interaksi yang didapat, semakin menarik topik postingan tersebut bagi audiens. Kalian juga bisa mengetahui perilakunya dengan membuat polling, selain itu membaca dan membalas komentar juga merupakan hal yang baik. Sebagai pemula, kalian bisa menggunakan benchmark engagement rate media sosial di setiap industri ini sebagai goal kalian.
BACA JUGA: Berapa Engagement Rate yang Bagus di Instagram?
Periksa akun sosial kompetitor kalian untuk membuat strategi media sosial. Kalian juga bisa mendapatkan insight dengan memata-matai iklan kompetitor kalian. Perhatikan apa strategi mereka untuk mencapai kesuksesan marketing-nya. Kalian dapat mencoba melakukan hal yang sama. Tapi ambillah contoh yang baik saja:
Jangan mengikuti strategi social media pesaing secara membabi buta. Kalian harus memahami mengapa mereka melakukan ini dan bukan itu, dan mengapa hal itu berhasil. Kemudian, kalian dapat mengetahui apakah ini bagus untuk akun kalian atau tidak. Sertakan hanya hal-hal yang pasti berhasil dalam strategi marketing kalian.
BACA JUGA: Panduan Lengkap Competitor Research Untuk Influencer Marketing
Pikirkan tentang bagaimana social media dapat membantu kalian mencapai tujuan brand. Kembali ke contoh dengan brand awareness. Peningkatan awareness adalah tujuan brand, dan tujuan social media marketing adalah meningkatkan views, dan juga jumlah followers.
Berikut adalah lebih banyak contoh tujuan social media marketing yang mungkin kamu inginkan sebagai referensi:
Gunakan pendekatan S.M.A.R.T ketika kamu menetapkan tujuan untuk strategi social media marketing kalian:
Saat membuat strategi social media, kalian perlu membuat rencana konten secara kasar. Ini harus menjawab dua pertanyaan utama: di mana dan apa yang akan diposting. Detailnya kemudian harus ditentukan dalam kalender konten. Namun pertama-tama, mari kita lihat lebih dekat langkah membangun strategi ini.
Yang paling penting adalah memilih social media yang populer di audiens kalian. Banyaknya platform yang harus dituju bergantung pada tujuan dan peluang yang bisa didapatkan brand kalian.
Misalnya, jika kalian membuat strategi social media untuk meningkatkan brand awareness, kalian mungkin ingin memilih satu atau dua jejaring sosial terpopuler. Hal ini akan membantu menjangkau sebanyak mungkin orang.
Pada saat yang sama, kalian mungkin ingin berfokus pada satu social media saja. Hal ini akan membantu kalian dalam memposting secara lebih sering dan teratur, kualitas konten yang lebih baik, menjalankan kompetisi berhadiah, yang juga bagus untuk meningkatkan brand awareness.
Saat kalian mempelajari audiens, kalian mempelajari apa yang mereka sukai dan apa yang tidak. Pertimbangkan hal berikut pada strategi social media kalian:
Posting lebih banyak hal yang disukai audiens kalian. Misalnya, kalian mungkin melihat user-generated content (UGC) tentang tas selebriti mendapatkan lebih banyak likes. Maka, coba posting lebih banyak ulasan video tentang selebriti.
Susun strategi social media marketing kalian menjadi dokumen yang mudah dipahami dan dapat kamu presentasikan kepada orang lain. Buat file strategi social media yang mencakup informasi dan ide yang kalian temukan. Itu adalah apa yang kalian dapatkan setelah mengikuti langkah-langkah di atas. Bagilah menjadi beberapa bagian agar mudah dibaca. Begini rancangannya:
Jika kalian membuat strategi social media untuk pertama kalinya, Kalian mungkin tidak memiliki contoh atau draf yang bagus. Jangan khawatir, kita telah membuat template strategi social media marketing yang tidak rumit dan beginner-friendly. Kalian bisa memulainya dengan ini.
Salin template strategi social media marketing ini ke Google Docs kalian untuk bisa mengeditnya.
Sesuaikan template strategi social media marketing dengan brand kalian, dan kalian akan menemukan blueprint untuk menyusun strategi social media marketing.
Meraih kesuksesan dalam social media marketing memang bukan perkara yang mudah. Setidaknya dibutuhkan beberapa langkah untuk membuat strategi social media marketing yang efektif. Mulai dari menentukan tujuan brand, mempelajari audiens yang dihadapi, mengetahui apa yang dilakukan pesaing, dan sebagainya.