Digital Marketing
September 20, 2023

Cara Memilih Social Media Analytics yang Tepat untuk Agensi

ilustrasi social media analytics
Sumber gambar: Vecteezy

Kunci utama dari kinerja sebuah agensi adalah mampu mempertanggung jawabkan campaign yang diserahkan oleh klien. Tugas agensi bukan hanya sekedar membantu klien mengunggah konten saja, tapi memastikan konten tersebut memberikan performa yang positif terhadap perkembangan akun merek. Untuk memberikan data valid yang kepada klien, agensi harus memiliki tools social media analytics. 

Klien atau brand pasti akan meminta sebuah report di akhir campaign. Report yang dimaksud bukan cuman soal berapa banyak konversi yang didapat, tapi juga metric - metric yang bisa mereka manfaatkan sebagai insight untuk mengolah strategi campaign yang lebih baik lagi kedepannya.

Atas alasan itu, social media analytics adalah tools yang wajib dimiliki setiap agensi. Tools tersebut nantinya akan membantu agensi untuk menganalisa performa campaign-nya.

Kalau kalian seorang digital marketer di sebuah agensi yang sedang mencari social media analytics tools, maka kalian wajib membaca artikel ini hingga selesai. Kami akan memberikan informasi terkait apa itu social media analytics, cara memilih social media analytics sesuai kebutuhan kalian, hingga rekomendasi social media analytics terbaik.

Apa Itu Social Media Analytics?

Sebelum menyelam lebih banyak terkait social media analytics, mari kita terlebih dahulu memahami dari tools itu sendiri. Social media analytics adalah sebuah alat untuk menganalisa performa sebuah akun atau postingan di social media.

Data tersebut meliputi berbagai aspek seperti jumlah komentar, jumlah likes, jumlah share, jumlah kunjungan profil, usia pengguna akun media sosial, jumlah engagement, hingga jumlah save.

BACA JUGA: Cara untuk Meningkatkan Reach Instagram Secara Efektif

Fungsi Social Media Analytics Untuk Agensi

Social media analytics merupakan tools yang wajib dimiliki oleh para agensi. Hal ini karena data dari social media analytics bisa digunakan untuk memberikan laporan kepada klien atau brand. 

Selain itu, social media analytics juga sangat bermanfaat untuk membuat portofolio agensi yang dapat mendukung keputusan brand untuk bekerja sama. Dalam sebuah kasus, kalian mungkin akan dilirik calon klien karena portfolio desain yang menarik. Namun hal tersebut tidak akan serta merta membuat kalian mendapatkan kerja sama yang kalian mau. 

Kalau kalian memiliki social media analytics yang dapat menyajikan performa hasil campaign kalian, maka kalian bisa mendapatkan perhatian klien dengan lebih mudah, karena memiliki bukti keberhasilan membangun campaign yang sukses.

Tak hanya sebagai alat bantu untuk mencari kerja sama, social media analytics juga sangat bermanfaat sebagai alat bantu dalam membuat strategi marketing yang sukses.

Keuntungan terbesar dari bantuan social media analytics adalah waktu. Kalau kalian memilih untuk mengumpulkan data terkait marketing campaign secara manual, kalian akan menghabiskan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Tak hanya itu, data media sosial yang dikumpulkan secara manual pastilah berupa data mentah. Memproses data yang ditemukan itu juga akan membutuhkan waktu, tenaga, serta biaya yang tidak sedikit. Oleh Karena itu, social media analytics merupakan alat bantu yang cukup signifikan apabila kalian ingin membangun agensi yang sukses.

Free Social Media Calendar Template

Buat gambaran luas mengenai strategi pembuatan, distribusi, hingga optimasi konten kalian di semua channel sosmed dengan kalender konten ini!

Email Address

Download

Thank you!

Fitur Penting yang Harus Ada Saat Mencari Social Media Analytics

Semakin berkembangnya popularitas media sosial sebagai channel marketing membuat banyak perusahaan menciptakan tools social media analytics. Masing-masing dari tools memiliki keunggulan fiturnya masing-masing. 

Sebagai agensi yang sedang mencari social media analytics, Kalian harus memahami tools mana yang paling cocok dengan kebutuhan agensi kalian. Namun, karena banyaknya social media analytics di pasaran sekarang ini, mungkin kalian akan kebingungan untuk memilih mana yang tepat untuk kalian.

Dalam memilihnya, kalian sebaiknya mencari social media analytics yang mampu membantu dalam mengumpulkan data yang selama ini susah didapatkan. Selain itu social media analytics harus bisa menjawab pertanyaan yang sering diajukan klien atau brand. Adapula social media analytics yang bagus adalah yang mampu memudahkan alur kerja kalian sebagai agensi.

Dari tiga hal tersebut, kami mencoba mengkurasi fitur-fitur penting yang harus ada pada sebuah social media analytics tools. Simak selengkapnya di bawah ini;

1. Data Berkualitas 

Inti dari social media analytics adalah data. Oleh karena itu social media analytics yang bagus harus mampu mengolah data dengan baik. Sebuah agensi tidak hanya bekerja untuk satu platform saja. Hal itu membuat data yang harus diproses tidak hanya dari Instagram (IG) atau TikTok saja. Media sosial yang berbeda tentunya punya metric dan benchmark yang juga berbeda. Akan menyulitkan jika kalian harus menstandarkan data dari berbagai media sosial yang berbeda. Oleh karena itu, social media analytics yang bagus adalah yang mampu memproses data dari berbagai media sosial menjadi data dengan model yang sama sehingga lebih mudah dibandingkan.

2. Menyediakan Beragam Metric

Metric adalah tolok ukur yang bisa digunakan untuk mengukur performa sebuah konten di media sosial. Klien pastinya ingin mengetahui banyak hal tentang performa kontennya. Hal itu menjadikan banyak klien biasanya meminta berbagai metric untuk dilaporkan. Oleh karena itu kalian harus memilih social media analytics yang mampu menyajikan beragam metric penting. Bahkan kalau memungkinkan, cari yang metric nya paling lengkap.

3. Fleksibel

Social media analytics tentunya akan digunakan untuk melaporkan berbagai campaign dengan berbagai klien. Masing-masing klien pun pastinya punya kebutuhan yang berbeda-beda, oleh karena itu diperlukan social media analytics yang fleksibel dan mudah di-custom.

4. Multi Akun

Untuk mengakomodir kebutuhan lebih banyak klien, maka social media analytics harus memiliki fitur multi-akun. Social media analytics harus mampu melacak semua media sosial untuk akun yang banyak. Hal ini akan menambah kredibilitas sebuah agensi.

5. Punya Customer Service

Layanan social media analytics yang komprehensif pastinya berbayar. Karena sudah membayar sejumlah uang, Kalian harus pastikan bahwa layanan yang kalian sewa memiliki customer service yang memumpuni.

Hal tersebut sangat penting karena mampu melatih kalian di momen-momen awal penggunaan social media analytics. Selain itu juga penting untuk menjaga kualitas pelayanan kalian kepada klien. Jangan sampai kinerja terhambat karena social media analytics yang kalian pakai tidak memiliki customer service yang bisa diandalkan

Rekomendasi Social Media Analytics Untuk Konten Kreator

Setelah memahami parameter-parameter yang harus ada dalam memilih social media analytics, selanjutnya Slice akan memberikan 5 rekomendasi social media analytics yang bisa kalian pakai.Simak selengkapnya di bawah ini;

1. Slice

Rekomendasi pertama adalah Social media analytics Slice. Sebagai influencer marketing platform, Slice memberikan segudang fitur ideal yang dibutuhkan influencer agency. Daftar sebagai agensi di Slice untuk mendapatkan data dan informasi mengenai berbagai influencer yang sesuai dengan brand kalian.

Tidak hanya dalam hal mencari influencer yang tepat, tapi dengan menjalankan campaign menggunakan Slice, kalian jadi bisa memonitori kinerja konten campaign kalian secara real-time.

fitur analytic slice express reporting

Dengan mencari influencer di platform Slice, kalian jadi bisa memvisualisasikan demografi audiens dan performa campaign yang akan kalian bangun dengan influencer yang kalian pilih. Slice juga bisa mengkalkulasikan berbagai metric penting yang tidak tersedia di fitur insights sosmed.

Smart media kit by Slice
Gambar: Smart rate card (media kit) by Slice

Report untuk klien bisa didapat hanya dengan satu klik saja. Kalian tak perlu lagi repot-repot mengambil data dari masing-masing platform media sosial secara manual. Slice bisa merangkumnya secara otomatis dalam satu laporan yang komprehensif. Fitur ini tentunya akan membuat kalian tampak lebih profesional di depan para klien.

2. NoLimit

NoLimit merupakan social media analytics tool yang dapat membantu kalian untuk melakukan social media monitoring. NoLimit memiliki fitur untuk memantau perbincangan di media sosial, mengamati tagar hingga kata kunci yang diinginkan.

Apabila kalian kerap berfokus pada engagement dan interaction maka NoLimit adalah tools yang cukup pas buat kalian. 

NoLimit juga bisa membantu agensi untuk tampak lebih profesional dengan fitur sentimen analisisnya. Dengan fitur tersebut, tool ini mampu memberikan rekomendasi ,mengenai langkah apa yang bisa ditempuh agar konten semakin berkembang dalam trend yang sedang terjadi.

3. Hubspot

Hubspot bisa dibilang sebagai salah satu penyedia CRM yang cukup popular. Namun Hubspot sebenarnya juga memiliki social media analytics yang berkualitas. Hubspot menawarkan fitur all-in-one dalam menganalisa media sosial. Dengan begitu kalian bisa menganalisa berbagai metric untuk berbagai media sosial dalam satu tempat.

Hubspot mampu menyimpan laporan dari berbagai campaign yang sedang kalian kerjakan. Laporan itu nantinya bisa dipakai untuk perbandingan perkembangan akun klien.

4. Emplifi

Kalau kalian termasuk orang yang suka dengan kinerja artificial intelligence (AI), maka Social Bakers atau Emplifi ini cocok untuk dicoba. Social Bakers menggabungkan fitur analisa media sosial dengan kemampuan berkembang yang dimiliki AI. Hal tersebut membuat Social Bakers mampu menyajikan laporan dengan data in-depth dan ditambah rekomendasi serta penilaian dari AI.

Chatbot yang dimiliki Social Bakers pastinya juga akan membantu kinerja agensi agar lebih efisien.

5. Hootsuite

Dulunya Hootsuite dikenal sebagai tools kalender konten (link to kalender konten artikel). Hal itu membuat pekerjaan social media marketer menjadi semakin mudah. Namun sebenarnya fitur Hootsuite tak hanya mengenai kalender konten, namun juga social media analytics, yang dimana dengan tool ini kalian bisa merangkum performa campaign kalian di berbagai platform media sosial, dan juga website.

Fitur multi akun yang ditawarkan Hootsuite juga memudahkan agensi untuk mengelola campaign nya dengan lebih baik. Terlebih lagi fitur social listening. Dengan fitur social listening, kalian bisa memantau apa yang netizen katakan tentang produk kalian.

Itulah lima rekomendasi social media analytics yang bisa kalian jadikan sebagai referensi. Masing-masing memiliki keunggulan dan keunikannya, kalian hanya perlu mempelajari dan menyesuaikan kebutuhan kalian agar bisa memilih tools terbaik.

Terlepas dari itu, apabila kalian adalah agensi kecil, ada baiknya untuk mencoba tools yang menyediakan free trial terlebih dahulu. Dari situ kalian bisa belajar dan memahami lebih dalam mengenai kegunaan tools tersebut, sehingga kalian tidak akan menyesalinya ketika sudah beralih ke fitur berbayarnya.

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.