Digital Marketing
December 18, 2023

Cara Mempromosikan Event dengan Influencer Marketing

ilustrasi promosi event
SUmber gambar: Freepik

Berkat kemajuan teknologi, mempromosikan sebuah event kini bukan lagi hal yang sulit dan juga memakan biaya. Sebagai marketers yang cerdas, kalian dapat memanfaatkan influencer marketing untuk menghemat biaya promosi event. Selain itu, promosi event dengan influencer marketing dapat meningkatkan awareness sekaligus jumlah kunjungan ke event atau acara yang akan kalian gelar.

Kalau kalian masih belum menambahkan influencer marketing – sebuah kolaborasi antara influencer dengan brand untuk mempromosikan produk atau layanan brand – ke dalam strategi event marketing sampai sekarang, tampaknya kalian perlu mempertimbangkan beberapa alasan pentingnya menggunakan influencer marketing untuk promosi event.

Daftar Isi

  1. Mengapa Influencer Marketing Efektif untuk Promosi Event
  2. Peran Influencer Marketing untuk Promosi Event
  3. Cara Menggunakan Influencer Marketing untuk Promosi Event
  4. Kesimpulan

Mengapa Influencer Marketing Efektif untuk Promosi Event

influencer marketing untuk promosi event
SUmber gambar: Freepik

Menjangkau Audiens yang Lebih Muda

Influencer marketing berfungsi sebagai unsur yang kuat untuk acara-acara dengan demografi audiens yang lebih muda. Influencer sangat melekat dalam budaya digital. Mereka dapat memulai live stream untuk audiens yang tidak dapat dijangkau dengan mudah melalui pemasaran tradisional, seperti Gen Z dan generasi milenial. Banyak brand yang kabarnya mencapai ROI (Return on Investment) signifikan karena promosi event mereka dengan influencer marketing.

Membentuk Persepsi dan Membangun Brand Loyalty

Influencer mempunyai kemampuan untuk membentuk narasi seputar suatu event. Berkolaborasi dengan influencer yang selaras dengan nilai dan tema acara kalian dapat menciptakan buzz positif, memperkuat poin penting dan persepsi utama. Hal ini bukan hanya menarik audiens baru, tapi juga membantu menumbuhkan antusiasme dan brand loyalty di antara audiens yang sudah ada.

Menawarkan Hasil Maksimal dengan Budget Terbatas

Dalam lanskap sosial saat ini, hal-hal yang autentik dan relatable dengan audiens dapat menarik minat mereka. Itulah sebabnya micro-influencer mampu berkontribusi cukup besar dalam hal pemasaran. Basis followers setia mereka yang lebih kecil biasanya memberikan dampak yang jauh lebih besar pada engagement dan umumnya memasang rate yang lebih terjangkau dibandingkan influencer makro.

Baca juga: Apa Itu Micro Influencer? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Menemukan Audiens Baru yang Lebih Berkualitas

Banyaknya leads yang tidak berujung pada kehadiran dan perombakan besar-besaran membuat para penyelenggara acara (event organizer) kesulitan untuk menjangkau audiens yang ada menggunakan metode tradisional, influencer marketing bisa jadi alternatif cara yang bagus untuk membangun awareness di antara cold leads.

Menambahkan Promosi di Lebih Banyak Platform

Apabila kalian belum mencoba platform media sosial lain yang lebih memakan waktu seperti TikTok, maka influencer marketing adalah cara efektif untuk menggabungkan pesan event yang sesuai dengan brand values kalian di seluruh platform.

Peran Influencer Marketing untuk Promosi Event

Mengadakan suatu event bisa dibilang sebagai salah satu saluran marketing yang paling efektif. Event dapat melibatkan banyak penonton dan menciptakan kesan abadi melalui pengalaman yang tak terlupakan.

Namun, merencanakan sebuah event dengan sempurna tidaklah cukup. Kunci kesuksesan sebuah event terletak pada cara kalian dalam mempromosikannya. Di sinilah peran influencer marketing dapat membantu kesuksesan sebuah acara.

Berdasarkan laporan Zippia, 41% marketers menganggap event marketing sebagai saluran prioritas tinggi. Sedangkan menurut laporan lain dari Influencermarketinghub, memproyeksikan ruang influencer marketing mencapai $21,1 miliar pada tahun 2023.

Menggunakan influencer marketing dalam promosi event membuat kamu dikenal oleh followers setia dari influencer tersebut. Bekerja sama dengan influencer yang tepat akan menyebarkan berita ke khalayak yang lebih luas. Hal ini juga memberikan kredibilitas yang dibutuhkan saat iklan reguler kalian mungkin tidak berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa cara menggunakan influencer marketing untuk meningkatkan promosi event kalian.

Cara Menggunakan Influencer Marketing untuk Promosi Event

robbymaulids promosi event
Sumber gambar: reels @robbymauilds | Instagram

Rencanakan Strategi Influencer Marketing

Mulailah dengan menentukan tujuan event. Ini akan menjaga prioritas kalian tetap lurus dan membantu kalian memilih influencer yang tepat untuk diajak berkolaborasi. Beberapa tujuan event yang umum mencakup:

  • Jaringan yang lebih luas.
  • Mendorong engagement audiens.
  • Meningkatkan brand awareness.
  • Memperkuat brand positioning.
  • Meningkatkan lead generation.
  • Meningkatkan konversi.

Setelah kalian mengetahui apa yang ingin dicapai lewat sebuah event, identifikasi target audiens event kalian. Ini tentunya membantu perencanaan event kalian lebih menarik dan memungkinkan kalian memilih influencer yang disukai oleh target audiens kalian.

Bangun Hubungan dengan Influencer

Meskipun sponsorship merupakan pendorong utama di balik influencer marketing, dukungan finansial saja tak akan cukup untuk melibatkan mereka. Dekati influencer pilihan kalian dengan personalized email atau pesan berbasis nilai. Sertakan detail event, kegiatan yang kalian rencanakan, dan demografi audiens yang ditargetkan.

Untuk menghindari konflik atau perselisihan di masa depan dengan influencer, buatlah SOW (scope of work) yang terperinci. Bersikaplah profesional dan teliti ketika berkolaborasi dengan influencer. Tetap patuh pada komitmen dan lakukan pembayaran tepat waktu.

Untuk mengelola hal ini dengan cermat, kamu bisa gunakan Creator Relationship Management Slice yang dapat menyederhanakan serta memastikan semua langkah telah dijalankan dengan baik. Dengan begitu influencer pun tidak akan segan untuk bekerja sama dengan mu untuk campaign berikutnya.

CRM Slice guna promo event

Buat Influencer Campaign yang Menarik dan Otentik

Sebaiknya hindari micromanaging pada proses kreatif influencer. Lebih baik berkolaborasi sambil membuat konten seputar acara untuk menyelaraskan visi kalian dengan influencer. Berikan arahan yang jelas tentang tone dan format konten yang kalian tuju.

Memulai hashtag yang relevan adalah cara terbaik untuk mendorong percakapan seputar event kalian. Buat hashtag yang relevan dan mintalah partner influencer kalian untuk menggunakannya ketika memposting konten di sosmed.

Perkuat Promosi Event

Sebelum kalian promosi event melalui konten influencer, informasikan dulu mengenai kolaborasi kalian dengan audiens. Cross-posting konten mereka di media sosial kalian. Ini akan menarik follower mereka ke halaman kalian dan membuat mereka melihat konten-konten kalian.

Selama event berlangsung, pastikan partner influencer kalian siap untuk men-tweet atau live streaming beberapa aktivitas acara di media sosial. Hal ini akan membuat peserta tetap engage, menarik lebih banyak orang ke event kalian, dan menciptakan lebih banyak potensial kustomer.

Mengukur dan Menganalisis Kinerja Campaign

Untuk memastikan ROI event yang lebih tinggi, ukur kinerja kampanye dan kontribusi influencer kalian terhadap hasilnya. Periksa engagement pada konten dan bandingkan dengan jumlah peserta. Kalian juga dapat membandingkan kehadiran tahun ini dengan tahun sebelumnya untuk melihat bagaimana kolaborasi influencer memperkuat inisiatif kalian.

Ukur Clickthrough-rate (CTR) dan trafik ke landing page event kalian dari postingan influencer. Kalian dapat membuat parameter UTM untuk memonitori jumlah pengunjung yang diarahkan oleh influencer ke landing page kalian.

Jika ini terlalu rumit, kalian juga bisa memanfaatkan fitur express reporting dari Slice yang memungkinkan kalian untuk memonitori performa konten dari influencer secara real-time.

Track promo event dengan slice express reporting

Apabila ada tiket acara, pertimbangkan untuk memberikan kode diskon eksklusif kepada influencer kalian. Ini dapat menarik lebih banyak peserta dan membantu kalian menghitung dampak influencer secara nyata. Gunakan data yang dikumpulkan untuk meningkatkan ROI pada event mendatang.

Pertahankan Engagement Setelah Event

Untuk menciptakan kesan abadi pada peserta, post-event engagement sangatlah penting. Minta partner influencer kalian untuk memposting survei yang menanyakan followers tentang bagaimana mereka menikmati event tersebut. Mereka juga bisa meminta audiens untuk memposting user-generate content (UGC) atau interaktif menggunakan hashtag event kalian.

Bagikan konten influencer dan ucapkan terima kasih secara terbuka karena telah menunjukkan apresiasi. Dapatkan kemungkinan untuk berkolaborasi lagi di masa yang akan datang dengan interaksi dan update berkelanjutan.

Kesimpulan

Mempromosikan event kalian melalui influencer marketing dapat menunjang kesuksesan acara. Audiens akan menganggap event kalian bermanfaat lantaran influencer favorit mereka yang mempromosikannya. Ini pun mengundang mereka untuk membeli tiket, memposting UGC, dan selanjutnya mendorong promosi event kalian.

Panduan Lengkap Social Media Marketing

Dapatkan engagement rate diatas 4% dengan panduan newsletter kami! Gratis untuk 1,000 subscriber pertama .

Email Address

Subscribe

Thank you!









Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.