Sebagai marketer di zaman sekarang, kita tahu betapa pentingnya influencer marketing. Strategi ini bukan hanya meningkatkan brand awareness, tapi juga mendorong penjualan. Namun, dengan semakin banyaknya influencer di media sosial (terutama TikTok), mencari satu sosok yang benar - benar cocok dengan brand kita bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri.
Dalam artikel ini, kita akan bagi langkah praktis mencari influencer di TikTok yang tepat untuk kegiatan pemasaran brand Anda. Simak ulasannya!
TikTok adalah platform media sosial untuk influencer marketing yang saat ini sangat populer. Ini adalah tempat di mana konten video singkat menjadi sangat penting. Banyak brand sekarang memanfaatkan influencer TikTok untuk promosi.
Namun, tidak semua brand sesuai untuk TikTok. Penting untuk memeriksa apakah TikTok benar-benar pas untuk brand Anda. Faktor-faktor penting yang perlu dipikirkan termasuk:
Dengan mempertimbangkan faktor-faktor itu, Anda bisa yakin bahwa TikTok adalah channel yang tepat untuk brand Anda.
Jika brand Anda sudah dikenal banyak orang, coba lihat daftar pengikutnya dulu. Di situ mungkin terdapat influencer yang sudah tertarik dengan brand Anda, sehingga mengajaknya berkolaborasi akan menjadi lebih mudah.
Di aplikasi TikTok, Anda dapat mencari konten video dengan menggunakan kata kunci yang relevan untuk menemukan konten kreator yang selaras dengan niche industri Anda. Pencarian ini akan memunculkan banyak konten yang sesuai dengan bisnis Anda. Untuk menyeleksi konten kreator terbaik, Anda perlu meluangkan waktu untuk menganalisa apakah kinerja, audiens, dan konten mereka sudah selaras dengan tujuan bisnis Anda atau belum.
Menyertakan #ad dalam pencarian Anda akan membantu Anda dalam mengidentifikasi influencer TikTok yang sudah memposting konten bersponsor. Anda akan mendapatkan insight tentang jenis konten influencer yang berkinerja baik di TikTok.
Cara mencari influencer di TikTok lainnya adalah dengan menggunakan hashtag industri populer untuk menemukan konten kreator baru. Dengan menggunakan hashtag spesifik yang sangat relevan, Anda akan dapat mempersempit pencarian Anda.
Misalnya, jika brand Anda menjual pembersih pengelupas kulit yang ramah jerawat, Anda dapat mulai menelusuri konten menggunakan #skincare. Namun, mungkin Anda akan menemukan lebih banyak konten yang relevan dengan #acnetips , karena hal tersebut benar-benar menyorot value dari produk Anda. Ada baiknya menghabiskan waktu menggunakan TikTok untuk memahami hashtag paling relevan untuk brand Anda.
BACA JUGA: 225 Hashtag TikTok terviral dan 8 Praktik Terbaik Penggunaan Hashtag di TikTok
Jika brand Anda sudah memiliki akun di TikTok dan Anda terlibat dengan konten yang terkait dengan niche Anda, maka memeriksa halaman 'Untuk Anda' adalah cara yang bagus untuk menemukan influencer. TikTok menggunakan halaman 'For You' untuk merekomendasikan konten relevan dan sedang tren yang sesuai dengan minat Anda.
Artinya, jika akun brand Anda secara alami sudah menonton, menyukai, dan mengomentari konten di niche bisnis Anda, maka rekomendasi halaman 'For You' akan diarahkan untuk membantu Anda menemukan konten serupa.
Ini adalah cara paling efektif untuk melihat konten kreator paling populer dan postingan yang sedang tren di industri Anda. Namun, konten kreator yang Anda temukan di halaman 'For You' kemungkinan besar juga akan diminati oleh kompetitormu karena visibilitas mereka yang tinggi di platform. Jadi persiapkan strategi negosiasimu.
Saat ini, banyak brand bekerja sama dengan influencer lokal. Kenapa? Karena orang lebih mudah percaya influencer dari wilayah mereka sendiri. Influencer lokal bisa bantu membesarkan kredibilitas brand Anda. Terutama jika Anda menargetkan konsumen di daerah tertentu.
Brand kecantikan lokal, Rollover Reaction, contohnya. Mereka memilih influencer dari wilayah target pasarnya. Kolaborasi itu bikin konten semakin relevan dan dipercayai.
UMKM juga bisa kerja sama dengan influencer mikro atau nano. Mereka mempunyai engagement yang tinggi dan dekat dengan pengikutnya. Hal ini bisa membantu UMKM meningkatkan kredibilitas brand dengan efisien.
Waktu memilih influencer lokal, perhatikan beberapa hal. Pastikan mereka relevan dengan brand, target audiens, punya engagement rate tinggi, dan kontennya berkualitas. Kerja sama yang tepat bisa menguatkan kredibilitas brand dan menembus target pasar lokal secara efektif.
"Memilih influencer yang sesuai dengan kepribadian bisnis Anda, berdasarkan klasifikasi lifestyle, makanan & minuman, atau bidang lainnya yang relevan adalah kunci keberhasilan kampanye influencer marketing."
Join newsletter kami buat dapetin 1001 tips influencer marketing yang convert!
Email Address
Join
We respect your privacy.
Thank you!