Social Media
July 20, 2023

Cara Menggunakan Fitur Dubbing AI YouTube

                   

AI Youtube
                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Jaman-jaman sekarang, semua orang pasti sudah tidak asing dengan tools AI atau artificial intelligence. Dari video-video deepfake sampai aplikasi ChatGPT, alat-alat AI menjadi semakin mudah untuk diakses dan digunakan oleh orang biasa. 

Selain itu, perusahaan dan brand mega juga sudah mulai mengintegrasikan alat AI ke dalam bisnis mereka. Perusahaan terbaru yang baru saja bekerjasama dengan produk AI adalah YouTube! 

Di bulan Maret kemarin, YouTube mengumumkan bahwa mereka telah bekerjasama dengan Aloud; salah satu brand dari Area 120 yang dibuat oleh Google. Aloud adalah alat digital yang bisa memberi dub dalam sebuah video dalam bahasa lain secara otomatis, sederhana, dan juga gratis sehingga menghapus keperluan untuk studio atau traditional dubbing. 

Saat ini, Aloud sudah memiliki fitur AI dubbing dalam 5 bahasa, termasuk Bahasa Inggris, Spanyol, Portugal, Hindi, dan juga Bahasa Indonesia. Penggunaan fitur ini termasuk gratis dan juga tidak repot, soalnya proses dubbing video hanya memerlukan beberapa menit.  

BACA JUGA: TikTok vs YouTube - Mana yang Lebih Menjanjikan untuk Kreator?

Manfaat AI YouTube Dubbing

Mungkin kalian lagi nanya-nanya, “sebenernya apa sih benefits kalau kita pakai fitur AI dubbing ini?” Nah, fitur AI YouTube dubbing ini ternyata mempunyai banyak manfaat loh, buat viewers dan juga content creators.

1) Memudahkan Translasi Konten Antar Bahasa.

Menurut statistik dari Aloud sendiri, 80% populasi dunia tidak berbicara bahasa Inggris, dan oleh karena itu, banyak sekali video-video di YouTube, dari yang menghibur hingga yang informatif, yang hanya bisa tonton oleh satu bagian dunia karena kendala bahasa. 

2) Memudahkan Content Creators untuk Menambahkan Views.

Buat kalian content creators atau YouTubers, AI YouTube dubbing ini akan memudahkan konten kalian untuk mendapatkan lebih banyak eksposur karena penghapusan halangan bahasa yang akan menambahkan viewers count kalian.

3) Solusi yang Hemat untuk Content Creators.

Melanjutkan dari poin sebelumnya, adanya AI YouTube dubbing memastikan bahwa content creators tidak repot ketika harus menyediakan dubbing untuk video mereka. Studio dubbing, atau dubbing secara tradisional tidak hanya memakan waktu yang lama, tetapi juga mahal. Selain itu, YouTubers tidak harus memberi software tambahan karena semuanya bisa dilakukan dalam satu platform. Oleh karena itu, fitur dubbing AI membuat proses content creating kalian lebih cost-effective dan juga time-efficient.

 4) Meningkatkan Audience Demographic YouTubers dan influencers.

Selain menambahkan views dan engagements untuk konten, menggunakan fitur AI YouTube dubbing tentunya akan meningkatkan reputasi brand kalian. Ini karena user yang menonton konten kalian akan semakin banyak dan semakin bervariasi. 

Mungkin satu kekurangan dari fitur AI YouTube dubbing ini adalah translasi otomatis yang seringkali menerjemahkan kata-kata dengan cara harfiah yang mungkin memberi hasil terjemahan yang kurang tepat. Namun, seperti semua produk, semua kekurangan akan terus diperbaiki seiring waktu berjalan.

Cara Menggunakan AI Youtube Dubbing

Nah, banyak kan manfaat dari fitur ini? Buat kalian yang mau memaksimalkan fitur baru ini untuk menaikkan influencer marketing kalian, Aloud sudah memberi step-by-step guide cara menggunakan AI YouTube dubbing. 

1) Pembuatan transkrip video. Aloud akan membuat transkrip seluruh video kalian. 

2) Edit transkrip. Setelah transkrip sudah dibuat, kalian bisa menyunting transkrip tersebut secara manual dan memastikan bahwa konten video kalian sudah tepat.

3) Penerjemahan. Kemudian, Aloud akan menerjemahkan transkrip video dalam bahasa yang tersedia dan juga menyiapkan suara dub dalam bahasa tersebut menggunakan AI. 

4) Upload video. Setelah pembuatan dub, kalian bisa langsung upload video kalian ke YouTube!

Gampang banget kan? Produk yang ditawarkan oleh Aloud dan YouTube akan semakin bermanfaat dalam pembuatan media audio-visual sehingga konten-konten tersebut juga bisa menjadi lebih gampang untuk dinikmati viewers dari berbagai bagian negara. 

Selanjutnya, penting juga untuk content creators dan juga viewers untuk mengetahui cara menggunakan fitur-fitur AI seperti Aloud karena produk-produk ini akan terus menjadi lebih mainstream dan umum di masa depan.

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.