Digital Marketing
July 3, 2024

Cara Merancang dan Menjalankan Kampanye UGC Marketing Pertamamu

kampanye UGC brand
Sumber gambar: Freepik

Apakah kamu sedang mencari strategi untuk engage dengan audiens dan meningkatkan brand awareness? Kampanye konten buatan pengguna atau user generated content (UGC) adalah cara efektif untuk mewujudkan ini. Penelitian dari Nosto menunjukkan bahwa 60% konsumen percaya bahwa UGC adalah bentuk konten paling otentik. Selain itu, UGC 9,8x lebih berdampak dibandingkan konten influencer saat membuat keputusan pembelian.

UGC atau konten buatan pengguna adalah postingan, gambar, dan video yang dibuat oleh pelanggan suatu brand atau produk. UGC juga bisa hadir dalam bentuk ulasan, testimonial, atau bahkan podcast. Perusahaan menggunakan kampanye UGC untuk engage dengan pelanggan mereka dan menghasilkan lebih banyak leads, serta membangun kepercayaan terhadap brand.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, sebuah ulasan, sentimen, dan perhatian otentik langsung dari pelanggan dapat memberikan dampak positif kepada brand. UGC juga dapat meningkatkan reach dan pertumbuhan akun media sosial dari sebuah brand karena sebagian besar orang akan benar - benar mempertimbangkan sebuah produk dan layanan ketika mendengar testimonial dari pelanggan sesungguhnya.

Meski demikian, menjalankan kampanye UGC bisa saja menjadi hal yang tricky jika kamu belum tau bagaimana tips dan triknya. Nah, dalam artikel kali ini kami membahas langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk membuat kampanye UGC yang efektif untuk meningkatkan leads dan awareness.

BACA JUGA: Apa itu UGC? Mengapa Kamu Harus Menggunakannya Dalam Marketing

Daftar Isi

👨‍💻 Apa Itu Kampanye UGC?

Kampanye UGC adalah sebuah inisiatif dimana brand meminta konten UGC dari pelanggan mereka. Kampanye UGC mengandalkan pelanggan untuk membuat dan berbagi konten tentang suatu brand atau produk. Biasanya bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan word of mouth dan opini pribadi dari pelanggan yang puas.

Dibandingkan kampanye lainnya, kampanye UGC bisa dibilang sebagai salah satu strategi marketing yang relatif hemat biaya. Untuk brand baru yang enggan menghabiskan uang lewat promosi dan iklan, kampanye UGC bisa jadi salah satu pilihan cerdas untuk meningkatkan brand awareness.

Konsumen akan membagikan pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan dari brandmu secara sukarela dan membangun koneksi dengan individu yang memiliki pengalaman serupa. Pola interaksi semacam ini nantinya juga bisa mendorong konsumen lain untuk berbagi konten yang sama seputar brandmu.

📣 Cara Mendesain dan Meluncurkan Kampanye UGC Pertamamu

Kampanye UGC dapat mendorong engagement dengan audiens dan meningkatkan brand awareness. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat kampanye UGC yang efektif.

inforgrafic tips kampanye ugc

📢 Tetapkan Tujuan dan Ekspektasi yang Jelas

Sebelum kamu memulai kampanye UGC, penting untuk menetapkan tujuan dan ekspektasi yang jelas. Identifikasi apa yang ingin kamu capai dengan kampanye ini dan apa KPI keberhasilannya. Tanyakan pada dirimu sendiri: Apa yang ingin aku capai dari kampanye ini? Jenis konten apa yang aku cari? Rewards apa yang harus aku tawarkan ke audiens yang berpartisipasi?

Beberapa tujuan umum dapat berupa meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness, menghasilkan leads dan penjualan, atau membangun kepercayaan terhadap brand. Setelah kamu menetapkan tujuan, kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

BACA JUGA: KPI Social Media yang Perlu Kamu Pantau

📢 Tentukan Target Audiens Kamu

Salah satu langkah terpenting dalam menciptakan kampanye UGC yang sukses adalah menentukan target audiens kamu. Identifikasi pelangganmu yang kemungkinan besar akan turut berpartisipasi dalam kampanye UGC kamu, dan gunakan informasi ini untuk membuat persona audiens kamu. Kamu juga perlu mengetahui tentang hadiah yang akan mereka sukai. Hadiah tersebut dapat berupa apa saja, mulai dari produk gratis atau diskon hingga akses eksklusifitas.

BACA JUGA: Target Audience: Apa Itu, Cara Menentukannya, dan Template

📢 Adakan Kontes dan Giveaway

Setelah kamu menentukan target audiens, saatnya menjalankan kontes dan giveaway. Buat kontes menarik yang bisa mendorong pelanggan untuk membagikan konten mereka. Berikan panduan yang jelas tentang jenis konten yang kamu inginkan, serta bagaimana pengguna dapat berpartisipasi. Kamu juga dapat membuat tagar (hashtag) resmi untuk kampanye UGC tersebut, sehingga akan lebih mudah untuk melacak dan memantau hasilnya.

📢 Lacak dan Engage dengan Konten UGC yang Ada

Setelah kamu meluncurkan kampanye UGC, inilah saatnya mulai melacak dan engage dengan UGC. Pantau hashtag untuk konten baru, dan beri komentar, like, dan share postingan tersebut ke followers kalian. Menunjukkan apresiasi terhadap UGC adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan kamu dan mendorong lebih banyak partisipan dalam kampanye.

📢 Promosikan di Media Sosial

Jangan lupa untuk menggunakan channel media sosialmu yang lain untuk mempromosikan kampanye UGC kamu. Bagikan gambar dan video dari kampanye tersebut, serta kisah sukses dari para peserta. Gunakan background remover untuk memastikan semua konten yang dibuat pengguna terlihat profesional dan konsisten.

📢 Analisis Hasil dan Kinerja Kampanye

Setelah kampanye UGC kamu selesai, saatnya menganalisis hasil dan performanya. Lihat metrik seperti engagement rate, reach, views, dan conversion untuk mengukur kesuksesan kampanye UGC tersebut. Gunakan insights ini untuk menyempurnakan kampanye UGC kamu di masa mendatang dan menghasilkan kampanye yang lebih baik.

✨Kesimpulan

Kampanye konten yang dibuat pengguna atau user generated content (UGC) dapat menjadi alat yang ampuh bagi brand untuk melibatkan audiens mereka dan membangun kredibilitas.

Adapun langkah-langkah untuk merancang dan menjalankan kampanye UGC yang sukses antara lain, menanyakan pada diri sendiri apa yang ingin kamu capai dengan kampanye tersebut. Kemudian, identifikasi audiens brandmu dan juga rewards yang mereka sukai, buat hashtag untuk kontes atau giveaway kalian dan lacak hasilnya, berikan comment atau like pada konten yang dibuat pengguna untuk menunjukkan apresiasi, bagikan konten yang dibuat pengguna di seluruh saluran media sosial lain untuk mempromosikan kampanye, serta pantau hasil dan kinerja kampanye UGC sebagai bahan evaluasi guna menciptakan kampanye UGC yang lebih baik di masa mendatang.

Digital Marketing Hack

Join newsletter kami buat dapetin 1001 tips digital marketing yang convert!

Email Address

Join

We respect your privacy.

Thank you!

Connect With Us!

Name * First Name

Last Name

Email *

Subject

Comments *

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.