TikTok memiliki jutaan pengguna yang membuat banyak konten setiap hari.
Bagaimana cara menjadi viral diantara jutaan pengguna tersebut?
Jawabannya: dengan menggunakan # (Hashtags)
Sekarang ini, membuat konten yang bagus saja tidak cukup untuk menjadi viral.
Dibutuhkan beragam cara untuk bisa menyampaikan konten ke orang yang tepat, dan salah satunya adalah dengan menambahkan hashtag.
Ada banyak sekali hashtag yang bisa kamu pakai setiap harinya. Tetapi bagaimana cara menentukan hashtag mana yang tepat untuk kontenmu?
Berikut ini adalah beberapa hashtags TikTok paling populer di Indonesia.
Perlu diingat, hashtag populer belum tentu bisa membuat konten kamu viral. Baca sampai akhir agar paham!
Hashtag TikTok bertujuan untuk membangun komunitas dengan memudahkan pengguna menemukan, dan membagikan konten, serta mengundang mereka ke sebuah topik yang telah dimulai.
Ketiga hal ini membentuk perpaduan sempurna untuk mewujudkan berbagai hal di platform ini, baik untuk alasan pribadi maupun profesional.
Untuk menumbuhkan awareness dan mendapatkan lebih banyak engagement di TikTok, kamu perlu memanfaatkan fitur hashtag dengan tepat.
Artikel ini akan memberi informasi yang perlu kalian ketahui tentang penggunaan hashtag TikTok sehingga membuat kita selangkah lebih dekat untuk menjadi influencer TikTok #LetsDoThis
Baca juga: Istilah Instagram yang Harus Kamu Tahu Agar Followers Meningkat
Hashtag adalah simbol sederhana.
Simbol hashtag. Tepatnya, Simbol “#️”.
Hashtag di media sosial selalu diikuti dengan kata, angka, frase, emoji, atau akronim.
Meskipun hashtag memiliki makna yang berbeda - beda di dunia tata bahasa, pada media sosial, hashtag memiliki peran yang penting.
Kok bisa?🤷♂️
Hashtag adalah cara mengkategorikan dan melabeli konten di media sosial.
Tentu ada berbagai kategori dan jenis hashtag. Kamu bisa mendapatkan hashtag khusus, hashtag terkenal, hashtag umum, hashtag gaya hidup, hashtag konten, hashtag yang kurang dikenal, hashtag produk, dll.
Tetapi simbol (#) tetap sama terlepas dari kategori, kata, atau angka yang mengikutinya.
Hashtag bisa berbentuk apapun yang kamu inginkan.
Dan pada akhirnya, semua hashtag berperan untuk membuat konten TikTok dan berbagai jenis video lebih mudah ditemukan. Dengan begitu, hashtag bisa menjadi alternatif dalam mengalahkan 'algoritma TikTok' yang terkenal sulit dipahami.
Algoritma TikTok adalah sebuah aturan sistem atau aturan yang menentukan konten apa yang harus muncul pada feed, konten apa yang muncul pada halaman Front Your Page (FYP), dan kapan serta dimana konten kita muncul pada feed & FYP orang lain.
Tren hashtag TikTok selalu berubah - ubah. Mungkin akan sulit kalian ikuti, namun kami bisa memberikan beberapa rekomendasi hashtag yang bisa kamu perhatikan dan gunakan ke dalam konten kamu.
100 hashtag ini dijamin akan memberikan penayangan lebih banyak di video kamu. Saran kami, gunakan hashtag - hashtag yang relevan dengan audiens dan konten kamu.
Meski begitu, jumlah tayangan yang dihasilkan dari penggunaan hashtags ini tidak akan terlalu bernilai, karena konten kamu tayang untuk semua orang, dan bukan hanya target audience kamu.
100 hashtag di atas adalah hashtag umum yang akan memberikanmu eksposur secara masal. Namun, kamu juga punya trend hashtag untuk niche dan interest akun kamu sendiri.
Hashtag khusus akan lebih menghubungkanmu dengan audiens yang benar-benar tertarik dengan konten dan profil kamu.
Hashtag TikTok Acara TV & Film🍿
Ayo jujur, kalian pasti suka membuat video dengan ataupun tentang sahabat kalian kan?!
Seperti kata pepatah, "sahabat adalah keluarga yang kamu pilih", jadi kenapa tidak memamerkannya ke dunia?
👉 Catatan: saat memposting video dengan sahabat, beritahu dan minta mereka untuk memposting ulang agar dilihat oleh pengikut mereka. Dengan cara ini, video kamu dapat muncul di lebih banyak orang. Kerja sama tim akan membuahkan hasil yang manis.
Jika kamu ingin membagikan video tentang persahabatan ini, cobalah gunakan hashtag - hashtag berikut untuk membuat konten lebih populer:
Membaca bukanlah hobi, melainkan gaya hidup.
Ya, kamu bisa mampir ke toko buku manapun dan melihat judul - judul buku baru yang menghiasi rak mereka. Tetapi sekarang ini, kamu juga bisa menggunakan TikTok untuk mencari rekomendasi buku - buku baru dari seluruh dunia yang belum pernah kamu baca.
Kamu juga bisa memposting buku yang baru selesai kamu baca, mengulas buku-buku yang sedang tren, atau merekomendasikan buku - buku favorit yang telah kamu baca berulang kali.
Review jujur mengenai acara TV dan film terbaru, reka ulang adegan - adegan populer, atau reaksi terhadap momen paling memalukan. Orang - orang tertarik untuk melihat dan mendengar apa yang dipikirkan orang lain.
Saat ini semua orang bisa menjadi kritikus film, yang kamu butuhkan hanyalah akun TikTok.
Salah satu sub-genre yang paling populer dari niche ini adalah Anime. Anime memiliki penggemar yang luas di seluruh dunia dan tingkat antusiasme yang tinggi terhadap konten - konten yang berkaitan dengan genre ini.
Ya, kami telah menyertakan beberapa hashtag anime pada niche film & serial TV, namun kami yakin jika niche ini pantas mendapatkan perhatian khusus.
Kamu bisa menonton anime, mengulas episode, berbagi klip, membuat gambar anime, berdandan seperti karakter anime, atau sekadar mengapresiasi karya seni anime.
Pecinta anime, ini untuk kamu:
Memotivasi diri sendiri bisa jadi hal yang sulit. Ini sebabnya, banyak orang berpaling kepada orang lain untuk memotivasi serta menginspirasi mereka. TikTok adalah platform yang sangat tepat untuk membagikan kata-kata bijakmu.
Kamu dapat menjadi motivator dalam gaya hidup sehat, industri bisnis, atau dalam perjuangan melawan penyakit mental.
Perlu diingat, bahwa kamu tidak perlu selalu menjadi orang hebat untuk memotivasi orang lain. Ada kalanya orang - orang justru termotivasi dari kisah kegagalan dan kegigihan untuk bertahan.
Bantu pengguna TikTok menemukan video motivasi kamu dengan menggunakan hashtag - hashtag ini:
Percayalah, menggunakan hashtag akan menjadi hal yang kamu perlukan untuk meningkatkan performa kamu di TikTok.
Selain memberikan kemudahan dalam pencarian konten, hashtag TikTok juga berguna untuk meningkatkan performa konten yang kalian unggah dari segi engagement, sehingga bisa tayang di lebih banyak audiens.
Kamu bisa menjangkau orang-orang yang bersinggungan dengan niche konten kamu, dan meningkatkan visibilitas postingan kamu. Pengguna juga bisa mengikuti tagar tertentu yang sesuai dengan minat mereka, sehingga dapat dengan mudah menemukan video kamu.
Hashtag memberikan exposure pada postingan dan akun untuk menjangkau lebih banyak audiens.
Jika kamu menggunakan hashtag yang sedang tren, postingan kamu akan sampai ke halaman pencarian di mana jutaan bola mata akan melihatmu. Ini berarti kamu dapat menjangkau jutaan pengguna dan mendapatkan jutaan penayangan meskipun tanpa memiliki basis pengikut yang besar.
Atau, orang dapat menemukan video kamu saat mencari hashtag unik yang kamu gunakan.
👉 Catatan: untuk mencari video menggunakan hashtag tertentu, cukup ketik di bilah pencarian TikTok (semudah itu)
Hashtag juga membantu kamu mendapatkan lebih banyak like dan komentar yang akan menciptakan dan membentuk sebuah komunitas.
“Orang-orang yang mengikuti kamu pasti ingin mengikuti perkembangan konten kamu.”
Semakin banyak pengguna yang engage dengan postingan kamu, algoritma TikTok akan semakin memperhatikan konten dan profil kamu. Dengan begitu, postingan - postingan kamu akan kerap muncul di Halaman 'FYP' pengguna - pengguna TikTok.
Jika hashtag berfungsi sebagai alat kurasi, algoritma berfungsi untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna di TikTok. Ini hal yang baik, terutama untuk bisnis, karena menggunakan hashtag yang relevan akan membantu konten kamu menjangkau orang yang tepat.
Dan konten yang relevan merupakan konten yang bagus.
Hashtag dapat digunakan untuk membangun komunitas online.
👉 Kamu bisa membuat branded hashtag yang mengarahkan orang lain ke profil kalian.
Membuat hashtag unik membuat video kamu tidak memiliki kompetitor pada pencarian hashtag tersebut. Itu sebabnya kami merekomendasikan menggunakan menggabungkan hashtag khusus dan hashtag dengan jumlah tayangan yang tinggi.
Untuk menyebarkan hashtag ini ke pengguna lainnya, kamu bisa meminta pengikut kamu untuk menggunakannya juga, membuat challenge yang terkait dengan hashtag tersebut, atau kamu bahkan dapat mengomentari video kompetitor atau bintang TikTok dengan hashtag tersebut agar dilihat banyak orang.
Menggunakan hashtag di TikTok juga membantu mengidentifikasi kompetitor. Memeriksa konten mereka yang menggunakan hashtag yang sama dengan yang kamu pakai adalah tindakan yang cerdas untuk merencanakan ide konten selanjutnya.
Selain itu, kamu juga dapat menganalisis konten industri serupa dengan cara ini.
Dengan strategi yang tepat, hashtag bisa membawa banyak manfaat dan membangun awareness dengan meningkatkan jangkauan dan basis pengikut. Jadi, pastikan gunakan dengan cerdas!
Oke jadi sekarang kamu sudah memiliki hashtag yang mungkin kamu butuhkan.
Nah, sekarang gimana sih cara menerapkannya dengan benar?
Sekarang, setelah kamu tahu seberapa banyak hashtag bisa membantu kegiatan TikTok marketing kamu, berikut adalah beberapa strategi hashtag tiktok yang harus kamu terapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Merancang Strategi Hashtag TikTok 👨🏾💻
Pelajari Hashtag dari Influencer TikTok 🤩
Cari Tahu Hashtag Apa Yang Sedang Trending🕵🏾♂️
Berpartisipasi Dalam TikTok Challenge 👯♀️
Lacak Hashtag di Sekitar Popular Event 🧐
Strategi hashtag TikTok yang kuat dimulai dengan mencari tahu apa tujuan kamu.
Apa yang kamu inginkan dari TikTok?
Apakah kamu ingin menjadi terkenal? Apakah kamu ingin menjual produk? Apakah kamu ingin memberi edukasi kepada pengikut kamu?
Dengan ini, kamu juga perlu memikirkan tentang apa yang kamu ingin pengikut kamu lakukan ketika mereka menemukan konten kamu.
Apakah kamu mencoba membuat mereka menyukai dan mengikuti profil kamu? Atau kamu ingin mereka berbagi konten denganmu? Atau bahkan kamu ingin mereka untuk membeli produk kamu di website lain?
Ada banyak hal berbeda yang tiap individu inginkan dari TikTok
Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri siapa yang ingin kita jangkau.
👉 Lakukan riset tentang target audiens kamu.
Hashtag apa yang paling sering mereka gunakan? Di antara hashtag tersebut, mana yang paling relevan dengan brand kamu? Ini akan membantumu untuk membuat konten yang lebih terarah dan sesuai dengan target audiens kamu.
Terakhir, putuskan apakah kamu ingin mendapatkan eksposur maksimum atau hanya video yang sukses dalam niche kamu.
Salah satu strategi terbaik untuk platform media sosial apa pun adalah belajar dari yang terbaik.
Kamu akan melihat bahwa influencer TikTok yang kamu temui kemungkinan besar menggunakan hashtag populer yang sedang tren. Hashtag yang kemudian bisa kamu terapkan juga untuk feed kamu.
Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan kekuatan TikTok adalah melalui konten buatan pengguna atau yang dikenal dengan User Generated Content (UGC).
👉 Influencer dan perusahaan melakukannya sepanjang waktu.
Tujuannya adalah supaya pengikut kamu membuat konten menggunakan hashtag yang kamu buat di caption mereka. Dengan begitu, hashtag yang kamu buat akan memperoleh lebih banyak exposure, dimana hashtag tersebut juga bisa menjadi pintu masuk pengguna lain untuk menemukan akunmu.
Berikut trik lain untuk kamu: catat semua hashtag yang muncul di feed kamu atau yang sering digunakan oleh influencer TikTok. Dengan begitu, ketika membutuhkan hashtag untuk konten, kamu tinggal memilihnya dari catatan yang telah kamu buat.
TikTok adalah platform yang selalu mengikuti tren dan paling up to date dibandingkan platform media sosial lainnya.Tidak terkecuali dalam hal hashtag.
Mengikuti tren (& tren hashtag) adalah cara tercepat untuk mendapatkan exposure yang maksimal.
Ketika membuka halaman explore, kamu dapat melihat hashtag mana yang sedang menjadi trend saat itu. Cobalah untuk membuat konten seputar hashtag - hashtag tersebut. Kemungkinan besar kontenmu akan memperoleh banyak exposure dengan menggunakannya.
Selain trending hashtag secara umum, ada juga trending hashtag dalam berbagai niche konten. Kami menyarankan untuk menggabungkan keduanya.
Meskipun kami telah menyediakan chart trending hashtag TikTok di atas, namun trend tersebut bisa berubah kapan saja, mengikuti apa yang sedang terjadi di dunia online maupun offline.
Trending hashtag berubah setiap hari.
bahkan terkadang setiap jam.
Ini adalah hal yang penting untuk diingat. Artinya, trending hashtag yang kamu gunakan kemarin mungkin sudah ketinggalan zaman untuk postingan kamu berikutnya.
TikTok adalah hotspot untuk challenge, dimana mengikuti hashtag challenge (atau mungkin membuatnya sendiri) merupakan hal yang penting untuk menumbuhkan basis pengikut dan engagement.
Challenge ini menginspirasi pengguna untuk membuat konten trending versi mereka sendiri, yang dapat meningkatkan reach dan awareness.
Berpartisipasi dalam challenge menunjukkan audiens kamu bahwa kamu menyenangkan dan kekinian, sehingga memberimu citra positif secara keseluruhan. Challenge juga dapat membantumu menjangkau audiens yang lebih muda.
Temukan challenge seputar brand atau niche kalian, dan pastikan untuk menyertakan hashtag pada caption.
Menggunakan hashtag untuk sebuah peristiwa khusus adalah cara untuk menjangkau lebih banyak audiens.
Apakah ada sebuah peristiwa atau event di dunia yang mungkin menjadi menjadi trend? Jika ada, kamu tidak boleh melewatkannya!
Penting untuk menjadi Kekinian
Buat konten seputar peristiwa atau event populer seperti debat, protes, atau sebuah program baru Netflix. Dengan begitu, konten kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk masuk ke halaman FYP.
Jika event tersebut berasal dari brand kamu sendiri, buat hashtag khusus dan minta pengikutmu untuk turut serta menggunakan hashtag tersebut agar kontenmu bisa lebih menonjol dari yang lain. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan awareness akan acara itu sendiri.
Pendekatan mengikuti arus untuk hashtag TikTok ini adalah cara yang bagus untuk menjadi viral dengan cepat
Kamu juga bisa menggunakan hashtag yang digunakan untuk merayakan suatu acara khusus, hari besar, dan lain sebagainya.
Kamu bisa memanfaatkan event - event tersebut untuk menarik lebih banyak user ke akun kamu.
Kamu harus memiliki kalender kalender konten untuk media sosial agar tidak melewatkan event - event tersebut.
Setelah memposting, kamu bisa mengukur performa konten - konten kamu, mana yang disukai audiens dan mana yang kurang disukai.
Semakin kamu menyesuaikan konten dengan audiens, maka akan semakin baik
Dengarkan audiens kamu, baca komentar mereka, dan cari tahu apa yang mereka inginkan dari kita. Kamu harus menjaga hubungan yang baik dengan para pengikutmu.
Hashtag yang kamu gunakan juga harus relevan dengan audiens kamu.
Kamu bisa memeriksanya melalui TikTok Analytics untuk data yang komprehensif seputar insight mengenai siapa yang mengunjungi profilmu, siapa yang menonton kontenmu, dan siapa yang mengikutimu.
Kamu bisa mengetaui jumlah like, komentar, share, kapan mereka melihat kontemu, berapa lama mereka menonton video, darimana datangnya viewers ini, dan dimana mereka tinggal.
Dalam media sosial, analitik adalah teman terbaikmu.
Dengan insight yang didapat dari analitik ini, kamu bisa menganalisa postingan mana yang baik dan mana yang tidak untuk audiens kamu.
Ketika membuat konten, pikirkan apa yang diinginkan audiens kamu dan gunakan hashtag yang relevan untuk menambah lebih banyak pengikut.
Untuk brand, kalian bisa melihat hashtag mana yang efektif digunakan oleh kompetitor dari niche yang sama. Kalau untuk individu, kamu bisa melihat hashtag yang dipakai oleh teman kamu.
Bukan berarti kamu harus menyalin persis hashtag yang digunakan mereka, tetapi dengan melihat hashtag - hashtag yang mereka pakai kamu bakal mendapat gambaran tentang apa yang sebenarnya diinginkan audiens kita. Kamu bahkan bisa menemukan beberapa kata yang belum pernah terpikir olehmu.
Melihat kompetitor juga akan memberikanmu gambaran tentang apa yang tidak boleh kamu lakukan.
Kamu bisa introspeksi dari kesalahan yang telah mereka buat, tapi yang lebih penting, dengan mengetahui hashtag apa yang mereka gunakan, kamu bisa menghindari persaingan yang terlalu tinggi, dengan membuat variasi lain dari hashtag - hashtag tersebut.
Tidak ada jalan pintas untuk sukses, termasuk dalam TikTok.
Tapi, seperti yang sudah kita jelaskan, ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mendongkrak visibilitas konten kamu, yakni dengan memanfaatkan trending hashtag, berpartisipasi dalam TikTok challenge, dan mengobservasi bagaimana kompetitor memperlakukan hashtag mereka.
Jika kamu konsisten mengikuti langkah-langkah di atas, dengan menemukan trend dan challenge baru serta menerapkan hashtag - hashtag yang trending, kamu tidak hanya akan meningkatkan jumlah pengikut, tetapi juga akan membuat pengikut kamu lebih engage dengan kontenmu.
Semakin banyak ketertarikan, semakin banyak pula engagement, dan semakin sukses juga kamu dalam membangun awareness di platform ini.
Sumber: GIPHY