Di platform Instagram, terdapat istilah-istilah unik yang tidak bisa kamu temukan di platform lain. Contohnya saja: menu explore, save rates, highlights, dan lainnya. Mungkin sebagian dari kamu masih belum paham istilah-istilah Instagram ini.
Maka dari itu, pada artikel ini kami akan jelaskan 13 istilah Instagram penting, terutama untuk kamu yang ingin menjadi influencer dan meningkatkan followers.
Banyak orang beranggapan bahwa tujuan dari bermain Instagram adalah untuk mempunyai followers sebanyak mungkin. Maka dari itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan 13 istilah Instagram yang perlu kamu tahu untuk meningkatkan followers.
Jika kamu berpikiran demikian, maka ini adalah artikel yang tepat untuk kamu.
BACA JUGA : Important Metrics to Track for Influencer Marketing
13 Istilah Instagram yang Perlu Kamu Tahu untuk Meningkatkan Followers
Cara melihat insight postingan
Pada sesi ini, kita akan menjelaskan sesingkat mungkin mengenai 13 istilah Instagram yang perlu kamu tahu, dan bagaimana mengoptimasinya agar followers meningkat.
Reach adalah angka yang merepresentasikan berapa orang yang melihat postingan kamu. Dengan memperhatikan angka reach Instagram, kamu bisa mengukur perkembangan akun kamu.
Kamu bisa melihat jumlah reach dengan menggunakan fitur insights yang tersedia di Instagram. Namun untuk mendapatkan fitur ini, kamu harus mengubah akun Instagram kamu menjadi akun profesional terlebih dahulu.
Berikut adalah cara menemukan fitur insight di Instagram.
Semakin banyak reach yang kamu punya, semakin banyak orang yang melihat konten kamu. Seiring meningkatnya jumlah user yang melihat kontenmu, tidak hanya jumlah like, comment, dan share, namun followersmu juga akan meningkat. Dengan kata lain, jumlah reach Instagram adalah angka yang penting untuk meningkatkan followers.Berikut adalah cara untuk meningkatkan reach Instagram.
Reach seringkali di salah artikan dengan impression. Impression adalah seberapa sering postinganmu dilihat user. Sementara reach adalah jumlah user yang melihat postinganmu.Jadi jika 1 user melihat postinganmu selama 3 kali, maka reach nya adalah 1, sedangkan impressionnya 3.
Save adalah jumlah berapa kali user menyimpan postingan kamu. Instagram memiliki fitur yang dinamakan save untuk menandai sebuah postingan sebagai konten favorit yang bisa kamu lihat lagi nanti.
Save rate bisa kamu kalkulasikan dengan cara membagi jumlah save dengan reach nya. Jika kamu berhasil meningkatkan jumlah save rate, kamu akan dapat mengalahkan algoritma Instagram.
Berikut adalah teknik untuk meningkatkan save rate.
Istilah Instagram penting lain yang perlu kamu tahu adalah percentage of reach. Percentage of reach Instagram adalah angka yang mengindikasikan berapa banyak dari followers kamu yang menemukan postingan kamu di timeline mereka. Percentage of Reach dikalkulasikan dengan membagi jumlah reach dengan jumlah followers
Logikanya adalah “percentage of reach Instagram yang tinggi = banyak followers yang melihat postingan = semakin banyak engagement dengan followers”. Menurut algoritma Instagram, semakin tinggi engagement suatu postingan, semakin tinggi juga kemungkinannya untuk ditayangkan di menu explore user lain di luar followers. Ketika postingan kamu ditayangkan di menu explore, angka reach pun akan semakin meningkat.
Engagement rate digunakan untuk mengukur seberapa banyak user yang terlibat dengan konten kamu, seperti memberikan like, komentar, share, dan interaksi lainnya.
Engagement rate sangat penting karena Instagram memperhitungkan interaksi user untuk menentukan apakah konten kamu layak ditampilkan pada feed user lain atau tidak. Seperti yang sudah dijelaskan pada topik percentage of reach, semakin tinggi engagement rate, semakin besar kemungkinan konten kamu muncul pada menu explore, dan semakin banyak user yang akan melihat konten kamu.
Selain itu kamu bisa mengukur kualitas postingan kamu dari engagement rate. Jika engagement rate rendah, ini pertanda bahwa konten kamu tidak menarik atau kurang relevan dengan audiens kamu. Sehingga akan dibutuhkan perbaikan untuk postingan selanjutnya.
Berikut ini ada cara yang efektif untuk meningkatkan engagement rate.
Insight adalah fitur analitik yang disediakan Instagram. Dengan menggunakan insight, kamu dapat mengkalkulasikan beberapa metric, seperti save rate dan reach, yang sudah diperkenalkan sebelumnya.
Meski konten sudah viral, jika kamu tidak memanfaatkan insight, kamu tidak akan tahu faktor apa yang membuatnya viral, dengan begitu kamu tidak akan berkembang. Manfaatkanlah data insight untuk membuat konten yang lebih baik lagi untuk mendatangkan followers.
Sekarang ini sudah banyak third party yang menawarkan tools analitik Instagram lebih mendalam dibandingkan fitur insight. Slice adalah salah satunya. Dengan fitur insight pada dashboard Slice, kamu tidak hanya dapat mendapatkan insight akun Instagram kamu, tapi juga influencer lain yang menjadi kompetitor kamu. Adapula pada fitur insight Slice, kamu akan menemukan beberapa metric penting yang tidak bisa kamu temukan pada Instagram Insights. Dengan insight tersebut, kamu akan menemukan faktor yang membuat kontenmu sulit viral, dengan begitu kamu bisa introspeksi untuk konten selanjutnya.
Algoritma pada dasarnya adalah peraturan yang dijalankan Instagram. Lebih tepatnya lagi, peraturan bermain Instagram untuk dapat menarik lebih banyak followers ke akunmu.
Ketika bermain sebuah permainan, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mempelajari aturan mainnya. Namun ketika bermain Instagram, kebanyakan orang hanya menggunakannya saja tanpa mencari tahu aturan bermainnya terlebih dahulu.
Sama seperti permainan lain, yang dimana kamu tidak akan bisa menang tanpa mengetahui aturan bermainnya, akan sulit untuk mendatangkan followers baru jika kamu tidak memahami algoritma Instagram.
Feed post adalah postingan yang bisa kamu temukan di halaman utama ataupun menu “explore”, yang terdiri dari hingga 10 halaman.
Feed post berperan penting dalam perkembangan akun Instagram, jadi pertahankanlah konsistensi dalam memposting feed. Lalu apa yang harus kamu perhatikan dalam memposting feed?
Secara ringkas, memposting feed yang dapat meningkatkan performa save rate, percentage of reach, dan engagement rate merupakan hal yang penting. Langkah-langkah lengkapnya telah dijelaskan pada topik “save rate”, dan “engagement rate”
Snapgram adalah slide 15 detik dalam bentuk gambar ataupun video yang akan tayang di akunmu selama 24 jam. Karena snapgram akan terhapus secara otomatis setelah 24 jam, kamu dapat memposting tanpa harus memperdulikan hal seperti “apakah postingan ini menarik untuk user lain? Akankah postingan ini bermanfaat bagi mereka?”
Snapgram adalah fitur yang penting untuk meningkatkan reach. Berikut adalah penjelasannya.
Jika kamu memanfaatkan fitur Snapgram dengan baik, kamu dapat lebih banyak berinteraksi dengan followers kamu.
Semakin tingginya tingkat interaksi dengan followers, postingan kamu akan lebih sering muncul di feed atau halaman utama mereka, dan save rate pun akan meningkat, sehingga postingan tersebut akan ditampilkan di halaman “explore” pengguna Instagram lainnya. Berdasarkan pengalaman kita sendiri, angka reach meningkat drastis jika postingan kamu ditampilkan di menu explore. Dengan begitu, Snapgram adalah fitur yang penting untuk meningkatkan reach Instagram.
Berikut adalah cara efektif menggunakan Snapgram.
Highlight adalah fitur yang dapat menyimpan stories agar tidak hilang setelah 24 jam, dan menampilkannya di profil kamu. Highlights ditandai dengan kotak merah pada gambar dibawah ini.
Highlight adalah bagian penting dalam menarik user lain untuk mengikuti kamu ketika berkunjung ke profil kamu. Jika kamu tidak paham bagaimana menyusun highlight yang menarik, kamu dapat kehilangan kesempatan untuk mendapatkan followers baru tanpa mengetahuinya.
Ada 3 hal yang harus kamu pertimbangkan ketika membuat highlight.
Instagram Live adalah fitur Live atau broadcasting untuk ditonton user lain secara langsung, yang dapat kamu dapatkan di aplikasi Instagram. Ada 3 keuntungan dalam menggunakan Instagram Live.
Berikut adalah cara menggunakan Instagram Live yang efektif.
Reels IG adalah fitur untuk membuat dan memposting video dengan durasi hingga 90 detik. Akan lebih mudah untuk memahami reel, jika disertakan contohnya. Berikut adalah contoh reels dari Slice.
Reels IG akan sangat berguna untuk akun dengan jumlah follower kurang dari 1000. Hal itu dikarenakan reels dapat menjangkau user lain diluar followers kamu tanpa mempedulikan save rate atau elemen-elemen lainnya.
Dengan alasan ini, kami merekomendasikan untuk memposting feeds dan reels IG dengan seimbang pada akunmu. Faktanya, akun Instagram Slice, mendapatkan 1000 followers dalam waktu kurang dari 2 bulan berkat postingan reels IG.
Berikut adalah 4 hal yang harus diperhatikan dalam memposting reels IG.
Profil adalah halaman yang berisikan informasi tentang akun kamu. Berikut adalah profil akun Instagram Slice.
User Instagram akan melihat profil influencer terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk follow/mengikuti akunnya. Maka dari itu, jika profil kamu tidak menarik, akan susah untuk meningkatkan followers dengan efisien.
Direct message (DM) adalah fitur yang memberikan akses untuk berkomunikasi dengan user lain secara personal. Sebagian user Instagram memberikan akses DM kepada siapa saja yang ingin menghubunginya. Namun ada juga beberapa user yang menyembunyikan menu ini dari profil mereka untuk menjaga privasi.
Namun, menyembunyikan menu DM pada profil bukanlah hal yang kami sarankan. Berikut adalah 3 alasannya.
Dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari Direct Messages, kami menyarankanmu untuk tidak mengaktifkan mode privasi pada profil kamu, dan tetaplah buka Direct Message kamu.
Untuk meningkatkan jumlah pengikut, kamu tidak hanya harus memahami istilah-istilah ini, tetapi juga memahami cara mengoptimasinya.
Pada artikel ini, kami tidak hanya mendefinisikan istilah Instagram, tetapi juga bagaimana memanipulasinya dengan baik untuk meningkatkan jumlah followers.
Beri perhatian lebih pada 3 metric berikut.
Perusahaan kami Slice telah mencapai 10.000 pengikut dalam 2 bulan dengan meningkatkan 3 metric penting ini. Paling tidak, dapatkan gambaran ketiga metric tersebut dan analisa untuk memanipulasinya.