Ketika memulai social media marketing, kamu harus menetapkan KPI dan mencari cara untuk mengarahkan aktivitas marketing-mu ke KPI social media tersebut.
Siapapun yang menjalankan social media marketing harus paham metric - metric penting yang harus dijadikan KPI, lalu mengeceknya secara berkala, dan meninjaunya untuk membangun strategi yang lebih baik kedepannya.
Di artikel ini, kami akan menjelaskan KPI social media yang harus kamu punya di setiap platform.
KPI yang Harus Kamu Pantau di Social Media
KPI untuk Setiap Platform Social Media
Pertama, Kamu perlu memikirkan tentang apa yang ingin kamu capai dengan social media marketing terhadap bisnismu.
Tujuan yang ditetapkan di awal disebut juga dengan "KGI" atau Key Goal Indicator. Dalam social media marketing sendiri, KGI yang sering dipakai adalah "peningkatan jumlah penjualan", “peningkatan popularitas", dan "peningkatan profit".
BACA JUGA : [Infografik] Data Pengguna Media Sosial di Indonesia 2023
“KPI” atau Key Performance Indicator adalah indikator kuantitatif untuk mengevaluasi upaya dalam mencapai KGI tersebut. Untuk social media sendiri, berikut adalah KPI social media yang paling sering digunakan.
Namun tidak hanya itu, ada beberapa KPI lain yang bisa kamu targetkan di social media marketing untuk mencapai hasil yang jauh lebih efektif.
Karena platform social media yang beraneka ragam, KPI pada masing - masing platform pun berbeda - beda.
Instagram, Twitter, dan Facebook adalah salah satu social media terbesar sekarang ini.
Instagram adalah social media untuk berbagi gambar/video yang dikelola oleh Facebook.
Jika sebuah perusahaan sudah memiliki akun Facebook, kemudian beralih ke Instagram, mereka bisa membuat akun bisnis di Instagram (disebut juga dengan akun profesional).
Dengan menggunakan akun bisnis, kamu akan mendapatkan fitur analytic yang disebut dengan “insights”.
KPI yang paling umum digunakan di Instagram diantaranya:
Twitter adalah social media dengan jenis postingan teks pendek yang dikelola oleh Twitter, Inc. Performa dari konten Twitter dapat diukur menggunakan fitur yang disebut "Twitter Analytics". KPI utama yang sering dipakai di Twitter adalah sebagai berikut.
Referensi: Analisis Twitter
Facebook memiliki fitur analytics yang disebut “insights” yang bisa kamu akses sebagai Page Manager, Editor, Moderator, Ad Manager, atau Analyst.
KPI yang banyak digunakan di Facebook adalah sebagai berikut.
Kami telah menjelaskan tentang KPI social media yang perlu kamu pantau di setiap platform. Namun sebelum membuat KPI, kamu harus terlebih dahulu yakin jika KPI tersebut sudah sesuai, dan bisa mencapai tujuan perusahaan yang kamu mau atau belum.
Penting untuk memulainya dengan menetapkan platform mana yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Setelah itu buat KPI dengan mempertimbangkan apa saja yang perlu kamu dapatkan untuk mencapai tujuan tersebut.