Influencer Marketing
July 10, 2023

Marketing Budget 101: Pentingnya Alokasi Dana Influencer Marketing

                   

marketing budget 2023
                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Dalam teknik marketing apapun, budget merupakan aspek penting yang menentukan kelancaran dan kesuksesan sebuah marketing. Agar dana yang ada tetap digunakan dengan efektif, maka diperlukan strategi untuk mengalokasikan marketing budget. 

Strategi dalam mengalokasikan marketing budget untuk influencer merupakan sebuah langkah untuk membagi budget dalam beberapa kantong utama. Hal itu dilakukan agar dana yang dikeluarkan bisa digunakan secara efektif dan efisien.

Strategi alokasi influencer marketing budget ini meliputi menentukan biaya influencer, biaya produksi iklan, biaya influencer marketing platform, biaya pengiriman produk, dan pengeluaran lain terkait proses influencer marketing.

                   

alokasi marketing budget
Sumber gambar: Freepik

         

Alasan Pentingnya Mengalokasikan Marketing Budget Untuk Influencer

Berikut ini ada dua poin utama yang membuat kalian harus mengalokasikan marketing budget yang tepat sebelum memulai campaign dengan influencer marketing:

1. Memastikan Dana Terserap Dengan Tepat

Mengalokasikan marketing budget sebelum mulai beriklan adalah langkah awal untuk menghindari pemborosan. Kalau sudah ada budget - budget pengeluaran yang sudah ditentukan sebelumnya, proses influencer marketing bisa berjalan lebih efektif.Kalau dana sudah dialokasikan sebelumnya, maka kamu bisa berfokus pada hal penting lainnya seperti menentukan target dan tujuan iklan, serta memaksimalkan return of investment (ROI).

BACA JUGA: Slice Payment: Solusi Pembayaran Influencer Paling Praktis

2. Memudahkan Rencana Jangka Panjang

Mengalokasikan dana untuk pemasaran akan mempermudah kalian dalam membuat rencana pemasaran jangka panjang. Kalian bisa memastikan kalau dana yang dibutuhkan untuk influencer marketing ada dan tidak ada pemborosan.Selain itu alokasi budget ini juga bisa membantu kalian dalam menentukan pendekatan yang berbeda-beda dalam membuat campaign marketing. Kalian bisa mengeksplorasi beberapa influencer, media sosial yang tepat, dan jenis konten iklan. Untuk mendapatkan hasil yang beragam dan lebih maksimal.

                   

rapat alokasi marketing budget
Sumber gambar: Pexels

         

Influencer Marketing Budget: 3 Hal yang Perlu Kalian Ketahui

Setelah memahami alasan pentingnya mengalokasikan marketing budget, selanjutnya kalian harus mengetahui tentang 3 hal utama yang perlu diketahui saat mengalokasikan dana marketing. Tiga poin ini penting untuk dipahami agar kalian mampu melakukan alokasi dana dengan efektif, serta mampu menciptakan marketing campaign yang sukses.

1. Tier & Jangkauan Influencer

Saat mengalokasikan dana untuk influencer marketing, kalian harus paham dengan tier dan kelas influencer yang akan diajak bekerja sama. Hal ini penting karena tier influencer akan menentukan potensi eksposur yang didapatkan serta kisaran harga.

macro hingga mega influencer, akan cenderung memberikan jangkauan yang luas. Hal ini baik untuk meningkatkan brand awareness. Meski demikian, influencer di tier ini tidak memberikan engagement rate yang kalian harapkan. Selain itu, macro - mega Influencer memiliki harga yang relatif tinggi.

Kalau  kalian membutuhkan engagement rate dan target audiens yang lebih spesifik, sebaiknya kamu menggandeng nano influencer dan micro influencer. Pengikut dan fans influencer menengah ke bawah ini biasanya lebih autentik dan memilki kredibilitas yang tinggi diantara pengikutnya.

Dengan tujuan yang jelas dan target yang spesifik, kalian bisa lebih mudah mengalokasikan marketing budget untuk beberapa tipe influencer sekaligus. Kalian juga akan lebih mudah menyeimbangkan tujuan iklan antara, reach dan engagement.

 

2. Tujuan Campaign

Aspek selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum membuat strategi alokasi dana influencer marketing adalah tujuan campaign yang kalian buat. Memahami tujuan kalian beriklan akan membentuk sebuah panduan dalam melakukan sebuah pemasaran.

Tujuan yang kamu kejar misalnya meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, meningkatkan penjualan, atau merilis produk baru. Masing-masing tujuan memerlukan pendekatan yang berbeda-beda juga membutuhkan biaya yang juga berbeda.

Kalian harus menyesuaikan marketing budget dengan tujuan iklan agar mampu menciptakan rumusan alokasi dana yang tepat.

Misalkan kalian ingin meningkatkan brand awareness. Sebaiknya kalian bekerja sama dengan influencer yang memiliki followers besar.  Semakin besar jangkauan influencer, makan akan semakin bagus brand awareness yang didapat. Namun, kalau kalian menjalani influencer marketing untuk meningkatkan penjualan, maka kalian perlu influencer yang sangat dicintai dan dipercaya oleh followers nya.

 

3. Diversifikasi Budget

Mengalokasikan dana influencer marketing harus dilakukan agar kalian bisa membuat diversifikasi budget untuk pemasaran. Kalau dana sudah dibagi secara efisien untuk beberapa kepentingan influencer marketing, maka kalian bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam. Hal ini sangat baik untuk pertumbuhan sebuah brand.

Diversifikasi budget iklan akan membantu kalian untuk mengurangi risiko campaign yang gagal. Apabila kalian hanya memiliki satu campaign, jika gagal, maka pemasaran pun akan gagal total. Beda cerita kalau kalian mencoba beberapa influencer marketing campaign di beberapa platform berbeda. Apabila ada satu campaign yang tidak berjalan lancar, namun campaign lain yang mungkin juga berjalan di platform lain berhasil mencapai KPI, campaign yang kamu jalankan tidak gagal total.

Diversifikasi dana iklan akan membantu kalian dalam bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda-beda. Kalian bisa mencoba beberapa model iklan, seperti video, foto carousel, hingga stories. Kalian juga bisa bekerja sama dengan beberapa model influencers sekaligus. Metode ini akan membuat kalian bisa menentukan formula mana yang lebih efektif sehingga bisa dipakai untuk jangka panjang.

Itulah pentingnya mengalokasikan marketing budget sebelum melakukan campaign influencer marketing yang terstruktur, terdiversifikasi, dan jangka panjang. Untuk memaksimalkan campaign influencer marketing jangka panjang, Kalian harus dibekali dengan tools yang akan memudahkan pengamatan iklan.

Dalam menjalankan campaign jangka panjang diperlukan tools analytic untuk melacak performa konten iklan, konversi yang dibuat, melacak performa tiap influencer, hingga membayar fee influencer.

Kalian tak perlu bingung di mana mendapatkan tools yang dibutuhkan. Salah satu platform yang direkomendasikan oleh KOL Specialist adalah Slice. CRM kreator ini menyediakan tools terintegrasi  yang memudahkan reporting, pembayaran, dan untuk tetap terhubung dengan kreator.

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.