Influencer Marketing
July 29, 2023

Mengenal Brand Ambassador Marketing: Pengertian dan Implementasinya

Sumber gambar: Freepik

Kalau kalian mengamati, pastinya kalian sadar kalau belakangan ini banyak brand - brand yang gencar menggunakan selebriti dan influencer media sosial sebagai brand ambassador mereka di Instagram.

Pada awalnya kami pikir kegencaran itu hanya disadari oleh kami yang bekerja di bidang ini. Namun sebenarnya, jumlah brand ambassador di Instagram memang sedang meningkat. Dilacak menggunakan hashtag, jumlah postingan dengan brand ambassador sudah lebih dari 100.000 unggahan di seluruh dunia.

Melihat kondisi tersebut, maka kalian tidak boleh ketinggalan dengan strategi marketing yang satu ini, dan cari tahu apa itu ambassador marketing?

BACA JUGA: Contoh Kontrak Endorsement (Template Gratis)

Daftar Isi

Pengertian Brand Ambassador Marketing

Keuntungan Brand Ambassador Marketing

Implementasi Brand Ambassador Marketing

Kesimpulan

Pengertian Brand Ambassador Marketing

Apa itu Brand Ambassador Marketing?

Brand ambassador marketing adalah sebuah metode pemasaran online dengan menggunakan influencer yang memiliki ketertarikan, dan keterikatan dengan sebuah produk. Singkatnya adalah metode pemasaran online bersama penggemar brand kalian, yang juga memiliki penggemar dan pengikut.

Metode tersebut tidak hanya mampu memperkenalkan produk, namun juga menyampaikan fungsi, serta daya tarik yang nyata. Nilai tambah dari brand ambassador marketing adalah mampu menampilkan penggunaan nyata sehari-hari karena si influencer adalah pengguna dan penggemar produk kalian juga.

Perbedaan dengan Influencer Marketing

influencer marketing vs ambassador marketing

Secara umum brand ambassador marketing dan influencer marketing sama-sama bekerja sama dengan pihak ketiga. Hanya saja influencer marketing berfokus pada seseorang yang memiliki pengaruh besar. Itu artinya jumlah pengikut dan pengaruhnya menjadi tolok ukur utama.

Hal tersebut berbeda dengan brand ambassador marketing yang berfokus pada niat baik dan antusias si influencer. Hal itu membuat jumlah followers tidak menjadi tolok ukur utama.

Keuntungan Brand Ambassador Marketing

Secara garis besar di atas sudah diungkapkan bahwa brand ambassador marketing merupakan teknik promosi produk yang sangat efektif. Namun, berikut ini ada dua poin yang bisa menjadi keuntungan utama saat mengaplikasikan teknik pemasaran brand ambassador.

1. Brand Ambassador Mempromosikan Secara Aktif

Influencer biasanya hanya bekerja sama dengan brand karena kompensasi. Itu hal yang normal, tidak salah sama sekali. Namun perlu diketahui, brand ambassador dipilih sebagai wajah sebuah produk atau brand. Hal tersebut akan memicu si brand ambassador untuk aktif bahkan mempromosikan produk secara sukarela.

Hubungan produk dengan brand ambassador tidak berakhir dalam satu proyek iklan saja. Biasanya akan terus terjalin komunikasi jangka panjang yang membuat sang brand ambassador menjadi salah satu pengikut setia sebuah brand.

2. Menghasilkan Promosi Berkualitas

Sebuah survei yang dilakukan dari Global Newswire mengungkap bahwa 95% orang hampir selalu merujuk pada online review sebelum membeli produk atau layanan. Adapula 58% diantaranya berkeinginan untuk membeli dalam jumlah yang banyak jika produk tersebut memiliki review yang bagus. 

Kemajuan teknologi membuat ulasan atau review kini sangat mudah ditemukan dan banyak yang muncul dalam model sangat lengkap. Hal tersebut menjadi bukti bahwa konsumen lebih mempercayai sebuah ulasan dan evaluasi produk dibandingkan dengan iklan sepihak dari perusahaan.

Adapula dalam riset Spiegel Research Center, mengungkapkan jika produk mahal dengan review yang baik mendpatkan 190% conversion rate yang lebih tinggi dibandingkan produk murah.

Hal tersebut menunjukkan bahwa banyak orang yang menggantungkan pilihan karena ulasan di internet. Di sisi lain ada juga orang yang harus mengumpulkan informasi secara mandiri karena  mereka merasa akan gagal jika hanya menerima informasi tanpa ada pertanyaan. Disitulah peran brand ambassador muncul.

Brand ambassador mengetahui daya tarik produk dari sudut pandang pengguna. Mereka akan menyampaikan informasi setelah menggunakan dan memahami karakteristik produk. Sebab itulah brand ambassador lebih mudah terhubung dan dianggap kredibel oleh netizen.

The Art of Influencer Marketing

Panduan Lengkap Brand dan Agensi untuk Meningkatkan efektivitas influencer campaign melalui Newsletter kami.

(Gratis untuk 1,000 subscriber pertama saja)

Email Address

Subscribe

Thank you!

Implementasi Brand Ambassador Marketing

Untuk memulai promosi menggunakan brand ambassador, perlu dicari penggemar yang benar-benar paham dan suka dengan produk kalian. Sosok tersebut tidak mudah ditemukan. Oleh karena itu, perusahaan bisa membuat campaign atau rekruitmen untuk menemukan brand ambassador yang jelas dan berkualitas.

Contoh Cara Merekrut Brand Ambassador

Metode paling umum untuk merekrut brand ambassador adalah menggunakan media sosial resmi dan website resmi. Orang-orang dengan ketertarikan lebih terhadap produk kalian pastinya rutin mengecek sosial media dan website resmi. Mereka secara alamiah ingin mengetahui informasi terbaru tentang produk. Oleh karena itu kalian bisa membuka kesempatan rekrutmen di dua platform tersebut.

Selain metode konvensional tersebut, sekarang ini kalian juga bisa menggunakan influencer marketing platform Slice untuk menawarkan influencer kesempatan ini dengan lebih mudah. Adapula pada influencer marketing platform milik Slice ini kalian bisa memastikan jika kandidat brand ambassador kalian memiliki minat dan audiens yang sesuai dengan persona dan identitas brand kalian. Dengan begitu kegiatan brand ambassador marketing ini dapat berjalan dengan lebih efektif.

Setelah para calon brand ambassador mendaftar, kalian juga perlu membuat situasi di mana para pendaftar benar-benar ingin menjadi brand ambassador. 

Salah satu cara yang dimaksud adalah membuat promo khusus untuk para brand ambassador. Sehingga mereka bisa membeli produk dengan harga spesial yang lebih murah. Untuk brand ambassador dengan level yang lebih tinggi, kalian bisa menyediakan produk secara gratis untuk mereka.

Intinya ada keuntungan apabila menjadi brand ambassador. Melalui metode tersebut tingkat pendaftaran rekrutmen pasti akan lebih tinggi. Perusahaan juga disarankan untuk membuat semacam tes untuk pendaftar brand ambassador. Misalnya meminta pendaftar untuk memberikan ide tentang campaign yang akan dilakukan.

Perusahaan harus mampu memilah-milah pendaftar dan menemukan sosok yang benar-benar cocok untuk brand ambassador. Rekrutmen besar-besaran belum tentu akan menguntungkan, karena menjadi brand ambassador bukan tugas yang mudah. Brand ambassador tak hanya harus bisa memberikan pengalaman autentik saat menggunakan produk, namun juga bisa membangun komunikasi, hingga membuka koneksi.

Kesimpulan

Brand ambassador marketing merupakan metode pemasaran yang terbukti efektif. Metode tersebut menarik perhatian pengguna  karena mempromosikan produk kepada target yang memiliki hasrat terhadap produk.

Brand ambassador mungkin awalnya hanya mempromosikan produk yang mereka sukai. Namun seiring berjalannya waktu, rasa suka mereka pastinya akan tumbuh. Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi salah satu konsumen setia produk kalian.


Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.