Influencer Marketing
January 25, 2023

Menggunakan Podcast sebagai Strategi Marketing

                   

                                                                                                                                                                                                                                                                                   

         

 Seiring perkembangan podcast, tidak heran jika kamu mulai berpikir untuk menggunakan podcast marketing sebagai strategi pemasaran brand.

Tapi ketika ini adalah pertama kalinya kamu menggunakan podcast sebagai kanal marketing, banyak hal yang menjadi pertimbangan. Berbagai pemikiran muncul di benakmu, seperti strategi apa yang cocok untuk produkmu, bagaimana kamu memulainya, dan hal-hal lainnya.

Jika kamu berpikir apakah podcast marketing efektif, jawabannya adalah iya. Buktinya semakin banyak minat perusahaan menggunakan podcast sebagai sarana beriklan. Di Amerika Serikat, pengeluaran podcast marketing diproyeksikan mencapai 534 juta dollar AS pada tahun 2020.

Berdasarkan tipenya, iklan podcast dibagi menjadi dua, iklan host-read dan non host-read. Iklan host-read adalah iklan yang dibacakan oleh podcaster dalam acaranya. Sedangkan iklan non host-read, biasanya merupakan iklan yang dibuat terpisah oleh perusahaan dan dimasukkan lewat layanan jual-beli spot iklan.

Dalam artikel ini, kita akan fokus membahas tentang penggunaan iklan host-read. Iklan yang mendominasi pembelian spot iklan pada sesi podcast karena efektivitasnya.

Cara Penyampaian Podcast Marketing

Berdasarkan cara penyampaiannya, podcast marketing dengan tipe iklan host-read bisa dibacakan secara baked-in atau dynamic insertion.

  • Baked-in
  • Iklan baked-in adalah iklan host-read yang menjadi bagian dalam konten, di mana podcaster biasanya merekam iklan langsung bersamaan dengan rekaman isi podcast. Iklan yang termasuk ke dalam iklan baked-in biasanya adalah konten sponsor dan wawancara berbayar.
  • Dynamic Insertion
  • Sedangkan iklan dynamic insertion adalah iklan sponsor yang dibacakan oleh podcaster secara terpisah dan digabungkan saat editing. Iklan ini dapat disisipkan di episode pilihan pengiklan, baik di episode yang sudah tayang maupun episode baru.

Tipe Promosi Podcast Marketing

Adapula Berdasarkan tipe promosinya, podcast marketing pada iklan host-read terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Konten Sponsor
  2. Iklan yang mensponsori keseluruhan episode podcast. Topik pembahasan episode podcast bisa berhubungan dengan produk yang mensponsori bisa juga tidak. Walaupun konten tidak berhubungan langsung, podcaster akan tetap menyebutkan bahwa episode tersebut disponsori oleh merek dan menyertakan informasi seputar produk dan merek kamu.
  3. Wawancara Berbayar
  4. Pengiklan mensponsori episode podcast dengan meminta podcaster melakukan wawancara dengan ahli yang berhubungan dengan merek atau produk yang diiklankan.
  5. Direct Response
  6. Iklan ini biasanya disampaikan dengan memberikan kode atau link promo khusus untuk mendorong pendengar membeli produkmu.  

Bagaimana Cara Memaksimalkan Podcast Marketing?

Mengetahui tipe iklan podcast saja tidak cukup. Ketika membahas tentang podcast marketing, menemukan cara promosi yang tepat cukup rumit. Sebagai permulaan, ada dua elemen penting bagaimana kamu sebagai pengiklan dapat mendapatkan ROI tinggi dengan podcast:

  • Buat podcast yang menarik untuk mendukung merek kamu.
  • Kembangkan strategi marketing yang hemat biaya untuk membangun audiensmu.

Berapa Banyak Anggaran untuk Podcast Marketing?

Anggaran podcast marketing adalah bagian dari anggaran marketing media sosial yang kemudian dipecah lagi ke dalam kategori anggaran influencer. Anggaran untuk influencer podcaster bisa kamu pecah untuk berbagai influencer media sosial seperti Podcast, YouTube, dan Instagram.

Ketika ingin memulai podcast marketing, kamu harus menanyakan diri sendiri berapa anggaran yang kamu punya untuk menjalankan iklan host-read? Menentukan anggaran akan membantu kamu menentukan banyaknya podcaster dan lamanya kampanye iklan berjalan.

 

Berapa Banyak Podcaster dan Berapa Lama Kamu Harus Menggunakannya?

Ketika menentukan jumlah podcaster dan durasi iklan podcast yang harus kamu jalankan, kamu harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: jumlah anggaran, siapa target audiensmu, dan berapa banyak pendengar yang ingin kamu jangkau.

Menentukan target audiens sama dengan menganalisis data demografi mereka. Secara umum, umur pendengar podcast tidak berbeda jauh, mayoritas adalah orang yang sudah dewasa dan memiliki daya beli tinggi. Walaupun begitu menganalisis data demografi target audiensmu akan membantu kamu meminimalisir acara podcast yang berpotensi membacakan iklanmu.

Dengan meminimalisir acara podcast, kamu bisa melihat rata-rata jumlah pendengar mereka dan pilihlah minimal 4 acara podcast secara bersamaan untuk memperluas jangkauan iklanmu.

Sehubungan dengan durasi kampanye iklan, setidaknya kamu harus menjalankan selama satu bulan, waktu yang masuk akal untuk memberikan kesadaran pendengar terhadap merek.

Tapi karena jadwal penayangan podcast yang biasanya terbatas, 1-2 minggu sekali, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kita sarankan untuk menjalankan iklan selama 3 bulan.

 

Apa yang Harus Dikatakan Podcaster?

Apa yang dikatakan oleh podcaster tergantung tujuan dari iklan host-read mu. Apakah kamu hanya ingin meningkatkan kesadaran pendengar terhadap merekmu atau kamu ingin mendorong mereka untuk membeli produkmu.

Jika kamu sudah memiliki skema promosi, berikan poin-poin pembahasan utama kepada podcaster. Hindari memberikan naskah lengkap. Biarkan podcaster membacakan skema promosi kamu dengan gaya mereka sendiri. Hal ini akan membuat pesan dibacakan dengan natural.

Iklan yang dibacakan dengan gaya podcaster terasa lebih nyaman di kuping pendengar. Jika kamu memiliki konsep khusus, kamu juga bisa mendiskusikannya dengan podcaster terlebih dulu untuk menemukan cara penyampaian yang sesuai untuk audiens mereka.

 

Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas Podcast Marketing?

Kamu sudah tahu kalau podcast marketing efektif, tapi bagaimana kamu bisa memastikannya? Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kesuksesan kampanye kamu dan menghitung ROI.

  1. Transparansi dan Skala
  2. Hal paling dasar ketika mengukur kesuksesan kampanye kamu adalah dari insights suatu episode podcast. Dengan menghitung jumlah pendengar suatu episode podcast, kamu akan tahu berapa banyak orang yang mendengar iklanmu.
  3. Kode dan Link Promo Khusus
  4. Seringkali pengiklan memberikan kode atau link promo khusus yang berhubungan dengan podcaster seperti “Jesse20” atau “Slice.fm/jesse/20” untuk memberikan diskon 20%. Selain mendorong pendengar membeli produk dengan promosi yang diberikan, kamu bisa mengecek berapa banyak orang yang menggunakan kode promo atau link khusus tersebut.
  5. Survei
  6. Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan melakukan survei. Kamu bisa memberikan pertanyaan melalui web, email atau media sosial dari mana pembelimu mendengar atau mengetahui produkmu.

 

Bagaimana Memulai Podcast sebagai Strategi Marketing?

Meskipun kamu mungkin sudah mengetahui hal-hal yang harus dipersiapkan saat menggunakan podcast marketing, tetapi menyimpulkannya mungkin agak membingungkan. Tips-tips ini akan membantu kamu dalam mengambil keputusan.

-Temukan acara podcast yang sesuai dengan merek / produkmu

-Memilih beberapa acara podcast kecil lebih efisien dan beresiko rendah dibanding memilih satu acara besar untuk beriklan

-Pertimbangkan menggunakan platform podcast marketing yang akan memudahkanmu menemukan lebih banyak podcaster yang relevan

Jika kamu bingung mencari platform podcast marketing, Slice.id adalah tempatnya.

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.