“Apa itu Instagram Insight?”
“Aku mau menganalisa Insight Instagram aku, tapi banyak banget metrik-nya, bikin bingung”
“Aku mau manfaatin Instagram Insight buat ngembangin akun, tapi gatau cara yang efektif”
Ada banyak pertanyaan seputar Insight. Insight adalah fitur analitik di platform Instagram.
Di Instagram Insight, kalian bisa melihat beberapa statistik menarik seperti jumlah saves, dan reach yang bisa kalian manfaatkan untuk mendorong pertumbuhan akun kalian. Kalian bisa menganalisa kelemahan konten kalian (metrik mana yang harus diperbaiki), dan apa yang harus dilakukan. Sehingga tergambarkan dengan lebih jelas.
Keberhasilan manajemen akun kalian ditentukan dari bagaimana kalian memanfaatkan insight ini.
Pada artikel ini, Slice akan menjelaskan secara detail mengenai Instagram Insight, bagaimana cara menganalisa (metrik yang perlu kalian perhatikan), dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk mengembangkan akun Instagram kalian.
Setelah memahami lnstagram Insight, mulai buat konten yang dapat menjangkau lebh banyak audiens. Cara untuk Meningkatkan Reach Instagram Secara Efektif. Kalau kalian mencari cara efektif untuk memaksimalkan branding dan penjualan bisnis di media sosial, bacalah blog eksklusif Slice.
Mari lihat insight. Kalian bisa menemukannya dengan 3 langkah berikut.
① Ketuk bagian kanan bawah layar untuk masuk ke profil.
② Kemudian ketuk icon menu di bagian kanan atas.
③ Ketuk Insight.
Selain itu, kalian juga bisa melihat banyaknya reach dan profile visit yang didatangkandari setiap konten kalian dengan mengetuk “View Insight” di bagian bawah kanan masing - masing postingan. Begitu juga pada stories, kalian bisa geser layar ke atas untuk melihat insight-nya.
“Dengan menganalisa Instagram Insight, kalian dapat melangsungkan PDCA dengan efektif”
Dengan Instagram Insight, kalian bisa melangsungkan PDCA yang efektif berbasis pada data. Tanpa Insight, meski konten kalian viral, kalian tidak akan mengerti kenapa itu bisa viral, jadi kalian tidak bisa mengulangi fenomena yang sama di konten selanjutnya.
Belum banyak yang tahu kalau ada 50 metrik yang mempengaruhi pertumbuhan followers. Ini terdengar sangat menyusahkan, tapi kalian tidak perlu menargetkan setiap metrik. 4 metrik inilah yang perlu kalian perhatikan di Insights konten kalian.
Ini karena 4 metrik ini sangat berkaitan dengan algoritma Instagram, dimana sangat penting untuk mendapatkan hasil.
Kalau kalian mengelola akun kalian mengikuti algoritma, kalian bisa meningkatkan followers kalian dengan efektif.
Untuk informasi lebih lengkap tentang algoritma Instagram, silahkan baca artikel berikut. Kami menjelaskan tentang pentingnya algoritma dan bagaimana cara mengoptimasinya untuk setiap format konten.
Penjelasan Lengkap Algoritma Instagram Terbaru 2024
Benchmark untuk setiap metriknya kira - kira sebagai berikut.
Dalam beberapa kasus, Insight mungkin tidak bisa ditemukan. Coba 4 cara ini untuk mengatasinya.
Kalau followers kalian kurang dari 100, kalian tidak akan mendapatkan fitur Insights.
Makanya kalian setidaknya harus mendapatkan 100 followers.
Kalau kalian belum memiliki 100 followers, kalian mungkin menggunakan Instagram baru - baru ini.
Sudahkah kalian melakukan 3 hal di atas? Kalau masih ragu, baca artikel berikut.
Cara Meningkatkan Followers Instagram Secara Natural
Terkadang Instagram Insight juga tidak tersedia untuk akun yang terkena shadowban. Shadowban adalah hukuman yang diberikan oleh Instagram. Ketika terkena shadowban, meski memposting konten, pengguna yang baru pertama kali mengunjungi profil kalian tidak akan bisa melihat postingan kalian.
Ini harus kalian tangani secepatnya, karena ini tidak hanya menghalangi kalian untuk melihat Insight, namun juga mendapatkan followers baru. Baca artikel berikut untuk mengatasi Shadowban Instagram.
Shadow Ban Instagram: Penjelasan dan Cara Mengatasinya
Fitur Insight hanya tersedia untuk akun profesional. Kalau tidak ada opsi “boost post” di postingan kalian, itu berarti kalian masih berada di akun personal.
Baca artikel berikut untuk beralih ke akun profesional.
Apa Itu Akun Profesional Instagram? Cara Mengubahnya dari Akun Personal
Instagram Insight tidak bisa dilihat di browser komputer. Makanya jika ingin melihat Insight, gunakanlah smartphone kalian.
Dengan mendesain akun melalui pendekatan psikologis, kalian bisa tampil berbeda dari kompetitor dan meningkatkan jumlah followers yang relevan.
Di bagian ini, kami akan menjelaskan pentingnya pendekatan psikologis dengan contoh seorang influencer diet wanita.
Target Audiens dari influencer ini adalah wanita yang ingin menurunkan berat badan dengan program latihan yang efektif. Postingan konten yang ideal untuk audiens ini adalah “Cara menurunkan berat badan dengan olahraga” atau “program latihan yang efektif”. Namun jika kalian hanya berfokus pada kebutuhan - kebutuhan mendasar, konten kalian tidak akan meninggalkan kesan yang unik.
Jika ini terus berlanjut, postingan kalian akan terkubur di bawah postingan konten kreator diet lainnya. Selain itu, karena kontennya terlalu luas, maka akan sulit untuk memikat target audiens.
Lalu bagaimana cara kita memperbaiki ini? Ini dimana N-1 Analysis bisa membantu kalian.
N-1 analysis merujuk pada metode menganalisis sosok individu dari kelompok tertentu untuk mendapatkan ide.
Dengan menggunakan N-1 analysis, kita bisa menemukan bahwa psikologis target audiens ini adalah orang yang ingin menurunkan berat badan tanpa merasa lelah dan percaya bahwa mereka bisa melakukannya.
Ketika merepresentasikannya ke dalam konten, kalian akan mendapatkan “menu makanan untuk menurunkan berat badan” dan “before & after bentuk tubuh” sebagai ide terbaik. Dengan begitu, audiens akan mendapatkan lebih banyak insight yang mereka inginkan.
Dengan dengan memahami psikologis seperti ini, kita akan menemukan pinpoint konten yang tepat sasaran. Ini akan membedakan konten kalian dengan yang lain.
Apakah akun kalian penuh dengan konten tidak unik? Dapatkan empati audiens kalian dengan N-1 Analisis.
Di bagian ini, kami akan menjelaskan secara luas mengenai “algoritma”. Instagram adalah serbuah permainan dimana kalian memperbanyakan followers kemudian penjualan. Tentunya, kalau kalian tidak memahami aturan permainannya, kalian tidak akan bisa menyelesaikannya.
“Apa peraturan di Instagram?” Banyak orang menanyakan ini. Peraturan Instagram tergambarkan lebih jelas setelah memahami misi dari Instagram sendiri.
“Bringing you closer to the people and things you love.” — Meta
Ini adalah misi Instagram. Dengan kata lain, jika kalian mendekatkan pengguna dengan seseorang atau sesuatu yang mereka sukai, manajemen Instagram akan mengapresiasi kalian.
Namun ada satu poin penting disini. “Pengguna yang diprioritaskan adalah seseoorang yang penting bagi kehidupan pengguna Instagram lainnya.” Dengan kata lain, aspek terpenting dalam mengelola akun Instagram adaloah mengutamakan perspektif audiens. Jika kalian memiliki perspektif ini, peluang mengalahkan algoritma semakin tinggi, dan followers kalian akan meningkat dengan sendirinya.
Lalu, apa maksud mengutamakan perspektif audiens? Ini adalah hal yang sudah banyak dilakukan pengguna. Seberapa menariknya sesosok individu, jika mereka menyembunyikan karakter, dan tidak mau berkomunikasi dengan pengguna lainnya, mereka tidak akan menjadi populer. Perlihatkan karakter unik brand kalian, bukakan jalan yang dapat memudahkan audiens untuk berkomunikasi dengan kalian, dan sering - sering beinteraksi. Dengan cara ini, kalian akan diistimewakan oleh algoritma, dan lebih disukai oleh pengguna lainnya.
Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk menyesuaiokan dengan ketentuan algoritma (menguatamakan perspektif audiens)? Sederhananya, jika kalian mengoptimalkan 4 metrik yang telah kami sebutkan sebelumnya: “save”, “reach”, “profile visit”, dan “follows”, akun kalian akan diistimewakan oleh algoritma.
Panduan, dan cara meningkatkan followers akan dijelaskan di bawah.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian “4 Hal yang Perlu Dicek jika Instagram Insight Tidak Ditemukan”, kalian tidak bisa menggunakan fitur Insight sebelum beralih ke akun profesional.
DI bagian sebelumnya, kami telah mengenalkan 3 hal yang perlu diketahui sebelum menngembangkan akun dengan Instagram Insight. Bagian ini mulai menjelaskan analisis sebenarnya.
Reach rate adalah persentase jumlah pengguna yang melihat postingan kalian dibanding jumlah followers.
Alasan kenapa kalian harus meningkatkan reach rate adalah karena semakin tinggi reach rate, semakin dekat kalian dengan followers, dan kemungkinan postingan kalian mendapat rekomendasi pun akan semakin besar. Berikut penjelasan detailnya.
Postingan di Instagram Feed tidak diurutkan secara kronologis, namun ditentukan oleh hubungan antar akun. Reach rate yang tinggi berarti konten kalian muncul di Feed sebagian besar followers kalian.
Dengan kata lain, “reach rate yang tinggi = hubungan yang baik dengan followers”. Semakin baik hubungan kalian dengan followers, kualitas followers akan meningkat, sehingga mendapatkan engagement pun akan lebih mudah, dan cenderung direkomendasikan sebagai postingan populer oleh algoritma. Kalau postingan kalian direkomendasikan ke pengguna lain, reach akan meningkat.
Dengan begitu, reach rate bisa dikatakan sebagai indikator yang penting.
Kalian bisa cek reach rate kalian pada Instagram Insights. Lihat jumlah reach dan followers, dan kalkulasi “jumlah reach ÷ jumlah followers”.
Tergantung dari niche, tapi kalau reach rate mencapai 60%, akan lebih mudah untuk menjadi viral.
Tabel berikut menunjukkan hubungan antara reach rate dengan metrik lainnya. Seperti yang kami kira, ketika reach rate meningkat, reach pun ikut meningkat.
Pertama - tama, targetkan reach rate diatas 60% sebagai goal kalian.
Seperti yang tellah dituliskan di atas, untuk meningkatkan reach rate, kalian perlu meningkatkan kedekatan dengan para followers. Pertama - tama, kedekatan dengan followers meningkat ketika pengguna melakukan hal yang disebut engagement. Engagement mengacu pada hal - hal berikut:
Penggunaan Stories adalah yang paling efektif. Di salah satu akun uji coba kami, kami sering menggunakan sticker question box dan polling di Insta Stories untuk mendapat engagement dari audiens.Hasilnya, jumlah audiens tumbuh dari 10,000 ke 20,000 hanya dalam 1 bulan. Meskipun prosesnya lambat, ini dapat dipastikan dapat membantu pertumbuhan akun. Kemudian, ketika memposting stories, pastikan 5 hal berikut.
Mengupdate Stories saja tidaklah cukup. Dengan memperhatikan detail lain, kalian akan mendapatkan hasil yang lebih baik.
Untuk memulainya, save rate adalah persentase jumlah saves dari postingan dibanding dengan jumlah reach.
Alasan kenapa kalian harus mengalisa dan memperbaiki save rate adalah karena ini adalah metrik penting bagi algoritma.
Salah satu hal yang dipertimbangkan Instagram ketika merekomendasikan postingan ke pengguna adalah memastikan jika postingan tersebut akan meningkatkan lamanya waktu pengguna lain di dalam platform. Ketika postingan kalian di save oleh pengguna lain, waktu penggunaan Instagram akan meningkat karena tujuan dari penyimpanan tersebut adalah untuk melihatnya kembali di lain waktu.
Dengan kata lain, postingan dengan save rate yang tinggi akan direkomendasikan oleh Instagram ke pengguna lain, dimana nantinya akan meningkatkan reach kalian. Itulah mengapa save rate menjadi indikator yang penting.
Sama seperti reach rate, kalian bisa mendapatkan save rate kalian dari Instagram Insight. Lihat jumlah saves dan reach dari setiap postingan, dan kalkulasi “jumlah save ÷ jumlah reach”. Jumlah save dan reach terlihat pada kotak biru gambar dibawah.
Jika save rate mencapai 2%, postingan akan lebih mudah berkembang, dan ketika mencapai 3%, kemungkinan besar postingan tersebut akan menjadi viral.
Maka dari itu, salah satu target pertama kalian adalah save rate diatas 2%.
Untuk membuat postingan dengan save rate yang tinggi, kalian harus memahami 4 poin berikut.
Kami telah menjelaskan hal yang perlu diketahui, serta praktik yang bisa dilakukan pemula maupun intermediat untuk mengembangkan akun Instagram dengan menganalisa Insight. Pada bagian ini kami akan menjelaskan praktik yang dilakukan seorang profesional.
Setelah mendapatkan 60% reach rate dasn 2% save rate, sekarang waktunya untuk meningkatkan profile visit rate dan follower convetsion rate.
Profile visit rate adalah persentase pengguna yang mengklik profil setelah melihat postingan kalian.
Alasan mengapa profile visit rate itu penting adalah karena jika tidak ada yang mengunjungi profil kalian, maka jumlah followers kalian tidak akan bertambah. Maka dari itu, ini merupakan indikator penting yang berkontribusi dalam peningkatan followers.
Kalian bisa melihat profile visit rate kalian pada Instagram Insights. Lihat jumlah profile visit dan reach pada Insights. dan kalkulasi jumlah profile visit ÷ jumlah reach. Jumlah profile visit dan reach ditunjukan pada kotak biru gambar di bawah ini.
Jika kalian telah mencapai 3-5% profile visit rate, kalian aman. Namun jika belum, gunakan cara berikut.
Ada 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan profile visit rate:
Mulailah dengan 3 cara di atas.
Follower conversion rate adalah persentase pengguna yang berujung menjadi followers kalian.
Followers conversion rate merupakan metrik penting karena jika angka ini rendah, kalian tidak bisa mengharapkan peningkatkan followers. Seberapapun bagusnya konten, dan banyaknya pengguna lain yang mengunjungi profil kalian, tidak akan ada artinya jika mereka tidak follow kalian.
Follower conversion rate mempengaruhi jumlah followers secara langsung, maka dari itu kalian harus meningkatkannya.
Cara meningkatkan follower conversion rate adalah dengan membuat profil kalian menarik untuk di-follow.
Detailnya adalah sebagai berikut:
Lihat profil kalian kembali dan pastikan highlight telah terimplementasikan dengan baik, dan bio kalian tidak sulit dibaca.
Juga ketika memperjelas “konten ini ditujukan untuk siapa”, akan lebih mudah untuk memahami konsepnya dengan menggunakan kata - kata seperti berikut.
Contohnya, akun di bawah ini tidak hanya memiliki profil yang terorganisir dengan bio dan highlights yang tersusun rapi, tapi pesan pada konten yang mereka posting juga jelas.
“Tips ini diuntukkan entrepreneur” atau “Hanya memberikan tips - tips pada bidang fashion,” kalian harus memperjelasnya sekarang juga.
Yang terakhir, berikut adalah pertanyaan - pertanyaan yang sering diajukan banyak pelaku orang terkait Instagram Insights.
Idealnya, cek Instagram Insight 1 hari , 1 minggu, dan 1 bulan setelah konten kalian di posting.
Namun, beberapa orang biasanya terlalu sibuk melihat Insight setiap saat. Dalam beberapa kasus, setidaknya cek Insight konten 1 minggu setelahnya. Ini karena angka performa konten cenderung menurun setelah 1 minggu.
Terutama periksa “save rate” satu hari setelah posting. Semakin cepat save rate meningkat, semakin besar kesempatan kalian menjadi viral. Sederhananya, kalau kalian memiliki 3%, kalian lolos.
Jika save rate kurang dari 2%, meski baru 1 hari posting, harap pastikan hal - hal berikut.
Untuk cara meningkatkan save rate, gunakan metode “LANGKAH 2: Tingkatkan Save Rate hingga 2% dengan Memposting Konten yang Membuat Orang Kembali”.
Seminggu setelah posting, utamakan periksa “save rate” dan “home rate”. Perhatikan tabel benchmark penting instagram insight untuk menetapkan goal kalian.
Selengkapnya telah dijelaskan pada bagian “Cara Menganalisa Instagram Insight [Untuk Pemula - Intermediat]”
Sebulan setelah posting, cek save rate, reach rate, profile visit rate, dan followers conversion rate. Perhatikan tabel benchmark penting instagram insight untuk menetapkan goal kalian..
Selengkapnya, baca bagian, "Cara Menganalisa Instagram Insight [Untuk Pemula - Intermediat]” dan “Cara Menganalisa Instagram Insight [Untuk Profesional]”.
Insights tidak bisa dilihat di browser PC. Maka dari itu, ketika ingin melihat Insights, gunakan aplikasi pada smartphone kalian.
Ya, ada 2 jenis Insight, yaitu “insight konten” dan “insight akun”.
Insight konten, seperti namanya, menunjukan insight sebuah konten/postingan. Metrik penting yang perlu kalian kalkulasi pada insight ini adalah save rate, reach rate, dan profile visit rate.
Penjelasan lengkapnya bisa kalian lihat pada bagian "Cara Menganalisa Instagram Insight [Untuk Pemula - Intermediat]” dan “Cara Menganalisa Instagram Insight [Untuk Profesional]”.
Kalian bisa mengakses insight ini dengan menekan opsi “view insight” pada postingan kalian.
Seperti namanya, inisght akun adalah insight dari perkembangan akun kalian. Metrik penting yang perlu kalian kalkulasikan adalah “followers conversion rate.”.
Cara meningkatkan followers conversion rate telah dijelaskan pada bagian “LANGKAH 2: Tingkatkan follower conversion rate hingga 6-8%”.
Kalian bisa melihat insight ini dengan memilih opsi “insight” pada halaman profil kalian.
Jika kalain memanfaatkan fitur Insight dengan benar, kalian dapat memahami area yang perlu kalian benahi untuk mengembangkan akun kalian. Jika kalian bisa terus melakukan perbaikan tersebut, kalian pasti dapat meningkatkan jumlah followers kalian.
Namun, ada begitu banyak angka yang dapat diperiksa di Instagram Insight yang membuat banyak pengguna kebingungan, yang mana yang sebenarnya penting. Dalam kasus ini, fokuslah pada 4 metrik ini saja.
Dalam artikel ini, kami telah mengenalkan setiap metrik dan cara meningkatkannya, jadi mari gunakan artikel ini sebagai referensi kalian untuk mengembangkan akun Instagram.