Apakah kalian pernah bertanya-tanya, apa sih yang menentukan suatu video bisa ditempatkan di bagian atas halaman hasil pencarian TikTok atau masuk dalam FYP (For You Page)? Itulah TikTok SEO. Dan sekarang makin banyak pengguna yang memakai TikTok sebagai mesin pencari. Oleh sebab itu, mengoptimalkan video kalian untuk hasil pencarian menjadi lebih penting dari sebelumnya.
Apakah SEO Mempengaruhi Performa Video TikTok?
Secara sederhana, TikTok SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik mengoptimalkan konten agar mudah ditemukan oleh pengguna TikTok ketika mereka menggunakan fitur pencarian di platform. Seperti SEO tradisional, TikTok SEO melibatkan penggunaan kata kunci (keyword) yang relevan dan bervolume tinggi yang cenderung dicari pengguna.
Perbedaan antara SEO TikTok dan SEO pada umumnya, bagaimanapun, adalah bahwa SEO TikTok merupakan konsep yang relatif baru dan baru saja muncul sebagai cara bagi brand dan kreator konten untuk memanfaatkan perilaku audiens platform yang unik.
Pada dasarnya, TikTok melabeli dirinya sebagai platform hiburan dan bukan sebagai mesin pencari, tetapi itu tidak menghentikan konsumen untuk menggunakannya. Bahkan, menurut data internal Google, hampir 40% pengguna Gen Z lebih suka menggunakan TikTok dan Instagram daripada pencarian Google. Oleh sebab itu, penyematan SEO yang tepat dapat mempengaruhi performa video TikTok.
BACA JUGA: Jam FYP Terbaik untuk Upload Video di Tiktok Terbaru 2023
Google telah mengkonfirmasi bahwa TikTok menggerogoti bisnis pencarian mereka, terutama di antara audiens yang lebih muda yang menghargai keaslian dan konten yang divalidasi komunitas. Dorongan utama di balik langkah TikTok ke pencarian adalah kemampuan TikTok untuk menyediakan konten yang berharga dan menarik kepada pengguna yang divalidasi secara sosial oleh komunitas individu dan kreator yang berpikiran sama.
TikTok telah menyertakan pengisian otomatis (auto-fill), fitur yang mirip seperti pada Google, di area komentar dan kotak pencarian untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mencari. Di sinilah tepatnya SEO TikTok berperan: brand dan kreator konten perlu memahami TikTok SEO agar konten TikTok mereka dapat dilihat oleh audiens yang tepat selama proses pencarian mereka.
Nah, supaya lebih memahami seperti apa cara kerja SEO, berikut ini kami paparkan sejumlah tips dan trik mengoptimasi SEO TikTok.
Sebelum membuat konten, tanyakan pada diri sendiri siapa yang ingin kalian jangkau dan apa yang mungkin dicari audiens di TikTok. Menurut data terbaru, 60% pengguna TikTok termasuk dalam kelompok demografi Gen Z, yang dikenal sebagai pembuat tren. Konten kreator di TikTok tentunya harus fasih dalam bahasa yang digunakan oleh sebagian besar pengguna platform, yaitu Gen Z.
Melakukan riset keywords (kata kunci) yang tepat adalah landasan dari setiap rencana SEO TikTok yang efektif. Pada TikTok, penting untuk mengenali istilah yang berlaku yang dicari konsumen ketika menggunakan situs. Menggunakan alat pencarian TikTok dan meneliti hashtag TikTok yang sedang tren adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan ini.
Ada 3 komponen utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih kata kunci untuk SEO TikTok:
Sebagai aturan umum, kalian dapat memilih kata kunci atau keywords dengan:
Kunci (permainan kata-kata) untuk memilih kata kunci yang tepat adalah dengan menyeimbangkan ketiga aspek volume, relevansi, dan kesulitan, sambil juga mengingat apa tujuan akhir pengoptimalan kalian. Hindari terlalu memprioritaskan satu aspek di atas yang lain, dan pastikan kata kunci yang kalian pilih selalu terkait dengan maksud pencarian audiens Anda.
Setelah kalian menentukan kata kunci mana yang berlaku, langkah berikutnya adalah memasukkannya ke deskripsi, subtitle (captions), dan hashtag (tagar) yang menyertai video kalian. Mereka yang mencari kata kunci (keywords) tertentu akan lebih mudah menemukan konten kalian sebagai hasil dari perubahan ini.
Satu hal penting lain yang perlu kalian perhatikan adalah memastikan bahwa kalian menyebutkan kata kunci dalam 3 detik pertama video kalian, dan itu muncul di slide sampul (cover). Melakukan hal itu tidak hanya membuat TikTok mengetahui topik video kalian, tetapi juga memungkinkan video kalian mudah dikenali oleh pencari dengan niat tinggi yang mencari informasi untuk menjawab pertanyaan pencarian mereka.
Saat membuat strategi hashtag untuk SEO TikTok, ini bukan perkara semakin banyak maka akan semakin bagus hasilnya. Strategi hashtag yang baik menargetkan keluasan dan kedalaman dengan memasukkan kombinasi kata kunci long-tail keywords dan keywords bervolume tinggi.
Long-tail keywords adalah kata kunci yang lebih panjang, lebih spesifik, dan high-intent keywords yang kemungkinan besar akan digunakan pengguna pada tahap selanjutnya dari proses pencarian mereka. Para pencari ini tidak lagi browsing dengan santai dan mereka mulai memasukkan kata kunci dengan tindakan tertentu dalam pikirannya, apakah itu untuk melakukan pembelian, mengunjungi sebuah lokasi, atau menjawab suatu pertanyaan.
Sebaliknya, kata kunci bervolume tinggi biasanya lebih pendek, kata kunci yang lebih umum yang dicari oleh banyak pengguna. Pemeringkatan kata kunci bervolume tinggi bermanfaat untuk mengekspos konten kalian ke audiens yang besar; namun, maksud pencarian akan lebih rendah dan tingkat konversi cenderung tidak sekuat kata kunci berekor panjang.
Setidaknya, tambahkan hingga 5 hashtag terkait topik. Manfaatkan berbagai hashtag, baik umum maupun khusus untuk SEO TikTok. Ketika menggunakan tagar yang sesuai di TikTok, kalian dapat menempatkan diri di depan audiens target, yang membuka pintu untuk banyak interaksi dan followers baru.
SEO TikTok terdiri dari beberapa komponen penting, salah satunya adalah pengoptimalan video. Ketika membuat video, penting untuk mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk durasi video, rasio aspeknya, dan kualitas materinya.
Mayoritas pengguna TikTok merasa bahwa musik itu “penting” untuk keseluruhan pengalaman mereka di aplikasi. Demikian pula, audio jadi hal yang sangat penting untuk optimasi mesin pencari TikTok.
Apabila kalian ingin memanfaatkan tren yang sedikit lebih sempit, hal sederhana yang bisa kalian lakukan adalah membuka TikTok dan memasukkan “trending sounds” di kolom pencarian. Ini akan membawa kalian ke daftar musik/suara yang sedang populer. Kemudian, kalian dapat menggunakannya dengan memfilter video ke “this week”.
Saat menggunakan TikTok, kalian juga bisa mengarahkan pengunjung ke beberapa platform sekaligus. Akan sia-sia untuk tidak mengarahkan audiens kalian ke situs web dan platform media sosial lainnya setelah kalian membangun followers yang besar di TikTok.
TikTok adalah platform berbagi video yang mirip dengan Instagram. Pastikan bio TikTok kalian juga memiliki tautan (link) yang tercantum di atas. Selain itu, pastikan kalian memberi tahu penonton di video, di mana mereka dapat menemukan barang kalian yang ingin dibeli atau bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan kalian di luar aplikasi.
Blogging merupakan komponen penting dalam meraih posisi tinggi di hasil pencarian Google. Buat postingan di microsite atau blog yang membahas subjek tertentu yang terkait dengan video TikTok kalian, sehingga kalian dapat memanfaatkan strategi ini untuk SEO TikTok. Pastikan untuk memasukkan keywords utama di judul posting, serta kata kunci sekunder atau long-tail yang ingin kalian targetkan di subjudul dan body copy.
Bekerja sama atau “collab” dengan kreator konten lain adalah salah satu strategi paling efektif untuk meningkatkan jumlah orang yang terlibat dengan konten kalian. Mereka bahkan tidak perlu berada di bidang kalian, sebaliknya, mereka mungkin hanya akun atau influencer yang disukai. Strategi ini dapat membantu meningkatkan jangkauan video kalian, yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah viewers, sehingga membuat akun kalian lebih terkenal di mesin pencari TikTok.
Kalian dapat mempelajari apa yang sukses bagi pesaing kalian atau konten kreator lainnya, jika kalian melihat materi yang mereka terbitkan sebanding dengan sesuatu yang kalian posting. Mengambil inspirasi dari orang lain bukanlah ide yang buruk, selama kalian tidak meniru apa yang mereka lakukan dan ide kalian tetap unik.
Kalian mungkin dapat mempelajari tentang tren atau tema yang berjalan dengan baik di bidang khusus kalian, atau kalian mungkin dapat mempelajari tentang taktik SEO TikTok yang membantu peringkat video kreator lain lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Strategi engagement TikTok adalah komponen penting dari pengoptimalan mesin pencari untuk TikTok. Kemungkinan konten kalian disarankan ke pengguna lain berbanding lurus dengan jumlah interaksi yang didapatkan.
Meningkatkan konten TikTok kalian untuk optimasi mesin pencari (SEO) adalah komponen penting dari rencana marketing TikTok yang efektif. Dengan mengoptimasikan SEO dalam konten-konten video dapat meningkatkan visibilitas konten kalian di platform sekaligus jumlah interaksi yang diterima. Hal ini bisa kalian lakukan dengan melakukan riset keywords, mengoptimalkan video, serta menerapkan teknik engagement.