Digital Marketing
July 10, 2024

11 Tools Social Media yang Mempermudah Hidup Marketer

tools social media untuk marketer

Tak terasa kita sudah berada di pertengahan tahun. Sebagian dari kamu mungkin sudah merasa yakin dengan kematangan strategi social media-mu. Namun sebagian lagi mungkin masih berusaha mengembangkan strateginya. Adapula mungkin yang masih bingung harus mulai dari mana. Namun, artikel ini ditujukan untuk membantu kalian dalam situasi yang manapun. Kenapa? Karena tidak ada kata terlambat untuk mempelajari 11 tools social media yang wajib kamu miliki ini!

Memutuskan tools mana yang akan dipilih untuk merancang strategi social media yang tepat adalah upaya yang tiada habisnya. Selain itu, target audiens dan jenis konten media sosial berbeda untuk setiap perusahaan. Lalu, bagaimana kamu bisa keluar dari permasalahan ini? Nah, untuk memulainya, pertama - tama kenali tools social media berikut yang mungkin dapat mempermudah hidupmu. Kedua, cobalah bereksperimen dengan konten media sosial-mu. Ketiga, implementasikan tools tersebut ke social media plan-mu!

1. Outgrow

Konten interaktif belakangan ini dianggap sebagai ‘ masa depan pemasaran '. Kami tidak mengatakan bahwa ini adalah kebenaran mutlak. Namun, kami percaya bahwa konten interaktif merupakan suatu keharusan jika kamu menginginkan engagement rate yang lebih tinggi . Faktanya, konten interaktif 2x lebih menarik daripada konten pasif.

Ketika ada yang mengatakan 'konten interaktif', 'Outgrow' adalah hal pertama yang terlintas di benak kami. Mari kami jelaskan alasannya. Outgrow memberikanmu kemampuan untuk membuat kuis interaktif , kalkulator, jajak pendapat,, dan chatbot. Kuis dikategorikan menjadi 2 jenis, Outcome dan Graded. Kuis Graded adalah kuis seperti tes kejutan yang diberikan sekolah, hanya saja jauh lebih menyenangkan! Kuis ini bisa menarik perhatian audiens dan meningkatkan performa lead generation kamu. Contoh:

gambar quiz outgrow

Di sisi lain, kuis Outcome merupakan kuis yang memberi hasil yang dipersonalisasi berdasarkan pilihan yang dipilih oleh audiens. Contoh:

contoh kuis ooutcome Outgrow

2. Slice

Slice adalah satu - satunya platform yang kamu butuhkan untuk menjalankan influencer markeitng. Sebagai social media marketer, kami sering kali terlibat dalam proses administrasi influencer marketing yang memakan waktu. Hal ini menghabiskan waktu kami untuk benar - benar fokus dalam strategi dan eksperimen influencer marketing kami.

Tool ini kerap diandalkan marketer terutama sebagai media reporting untuk influencer marketing yang lumayan menyusahkan bagi marketer. Dimana dengan bantuan Slice, marketer tak perlu lagi bolak balik mengontak influencer untuk menanyakan content insight yang hanya bisa ditemukan dalam akun influencer tersebut.

Selain itu, adapula fitur Contract & Signature yang dapat mempermudah marketer dalam membuat dan mengelola kontrak influencer marketing untuk setiap influencer yang berbeda. Dengan fitur ini pun marketer bisa menghemat waktu mereka dalam penandatanganan kontrak, dimana untuk setiap campaign nya hanya perlu dilakukan satu kali (meski dengan ratusan kreator sekaligus).

Terlebih lagi, perubahan ketentuan kontrak (seperti ketentuan pembayaran influencer), kerap kali merepotkan karena setiap perubahan kontrak harus mendapat persetujuan dari legal, untuk kemudian di tandatangani kembali oleh kedua belah pihak. Namun, dengan fitur Contract & Signature dari Slice, marketer bisa mengubah ketentuan kontrak setiap saat tanpa harus menotifikasi legal.

BACA JUGA: Contoh Kontrak Endorsement (Template Gratis)

tool influencer marketing

Coba Slice Gratis

Poin Bonus: Tool ini juga mempermudah pembayaran ke banyak influencer sekaligus. Dimana tahap ini kerap menjadi faktor penghambat terjalinnya hubungan yang baik dengan influencer, karena ketentuan pembayaran yang kerap berubah & perpajakan yang penuh lika liku.

3. Buzzsumo

Apa yang lebih baik daripada konten sodial media yang ditulis dengan baik? Konten social media yang dioptimalkan. Buzzsumo bisa membantumu dalam hal ini.

Tool ini membantumu menemukan konten yang paling banyak dibagikan di semua media sosial dan menyediakan laporan analisis terperinci. Selain itu, tool ini membantumu memperoleh analisis tentang apa yang diunggah oleh kompetitormu. Bagaimana caranya? Tool ini bisa membantumu melacak kinerja konten kompetitor dan melakukan perbandingan yang terperinci. Selain itu, alat ini memberi tahumu saat penulis atau pesaing menerbitkan konten baru yang terkait dengan kontenmu.

interface buzzsumo

Terlebih lagi, tool ini dapat membantumu menemukan influencer dalam bidang topik apa pun, dimana kamu bisa meninjau konten yang mereka bagikan, dan mengembangkannya.

influencer discovery dari Buzzsumo

4. AdEspresso

Jujur saja, membuat dan mengelola iklan untuk media sosial itu sulit. Tool manajemen media sosial yang ini adalah satu-satunya yang kita butuhkan untuk menyelesaikan masalah ini.

Kamu bisa memilih untuk membuat campaign di Google, Facebook, Instagram, atau fitur pembuatan campaign AdEspresso. Selain itu, AdEspresso bisa menganalisis campaign dan memberikan tips harian yang dapat ditindaklanjuti melalui platform. Ini bisa membantumu untuk menghentikan iklan yang berkinerja buruk untuk sementara dan memperbanyak iklan yang berhasil.

Dengan Adespresso kamu bisa bereksperimen pada berbagai variasi iklan dengan alur yang sederhana.

Lebih jauh lagi, tool ini bisa menghubungkan CRM email marketing-mu dengan Akun Facebook Business Manager-mu, yang berfungsi untuk menjaga leads, kontak, dan audiens-mu agar tetap sinkron. Dengan fitur campaign approval, kamu bisa mengirim email ke klien atau pelangganmu dan meminta mereka untuk menyetujui serta memulai campaign-mu.

via GIPHY

TIPS: Buat salinan email untuk saat-saat ketika kamu sedang dalam kesulitan atau kehabisan ide. Kamu juga bisa membagikan link dengan klien agar mereka bisa meninjau semua pengaturan campaign untuk disetujui.

Ini akan sangat membantu manajemen media sosial-mu bukan?

5. Canva

via GIPHY

Kami sangat mengandalkan tool ini, karena kemudahan penggunaannya dan konten visualnya yang menakjubkan. Canva bisa membantumu membuat postingan media sosial yang memukau secara visual. Tool ini memiliki format drag-and-drop yang sederhana dan memungkinkan beberapa anggota tim untuk mengerjakan satu proyek bersamaan. Selain itu, tool ini juga menawarkan serangkaian opsi konten visual seperti transparansi background, gelembung pikiran, penyempurna foto, dan grid desain.

Kamu bisa memilih untuk membuat konten visual dari berbagai kategori. Bahkan, kamu bisa menggunakan templat yang telah disediakan untuk kebutuhan desain infografis , poster, dan konten media sosial (seperti postingan Facebook, cover Tumblr, feed Instagram , dll.)

Namun jika Canva tidak memiliki apa yang Anda cari, ada banyak tool desain grafis luar biasa lainnya yang juga bisa kamu coba.

6. Rebrandly

Link merupakan aset bagi setiap bisnis, dan karena itu, link perlu dipantau, diperbarui, dan devaluasi dari waktu ke waktu. Dengan Rebrandly , marketer bisa membuat, melacak, dan membagikan URL pendek menggunakan nama domain khusus. Tool ini juga memberi kamu peluang untuk meningkatkan upaya penautan dan menawarkan kemampuan untuk mengembangkan dan menargetkan audiens tertentu dengan link yang dipersingkat. 

Kamu juga akan menerima analitik praktis dan mengetahui siapa yang mengeklik link-mu dengan Rebrandly — seperti negara asal klik, waktu atau hari paling populer ketika audiens berinteraksi dengan link-mu, bahasa, lokasi, browser, perangkat mereka, dll. Berikut adalah tampilan dasbor di Rebrandly:

tampilan dasbor rebrandly

7. Bitly

Bitly mendefinisikan produknya sebagai "tool yang dapat membantu brand mengukur, dan mengoptimasi link yang mereka bagikan untuk customer journey yang optimal". Dan sejujurnya, kami sangat setuju!

Bitly dapat membantumu menempatkan brand-mu di semua channel dan device melalui branded link. Bitly membantumu menciptakan pengalaman seluler yang sempurna dan sangat personal dengan tautan mendalam. Selain itu, Bitly bisa membantumu mengumpulkan dan menganalisis analitik lintas-channel sehingga kamu bisa mengoptimalkannya kemudian.

Penyingkatan URL telah menjadi kebutuhan dalam proses berbagi media sosial. Namun, Bitly melangkah lebih jauh. Bitly menyediakan branded link yang bisa meningkatkan CTR hingga 34%. Branded Short Domains mengganti "bit.ly" pada link dengan nama brand, yang memungkinkanmu untuk memegang kendali penuh atas kontenmu. Selain itu, fitur Mobile Optimizer mereka bisa membantumu membuat link seluler yang mendeteksi pengalaman terbaik bagi audiens-mu dan mengarahkannya sesuai dengan itu.

8. Venngage

Venngage adalah tool desain yang membantu marketer membuat desain yang mudah diedit dan terlihat profesional. Venngage juga memiliki Map maker yang dapat membuat desain tampak memukau, dengan mind maps imajinatif yang tiada duanya. Telusuri templat mind map yang dispesifikasikan untuk strategic planning, HR, brainstorming, nirlaba, dan banyak lagi.

9. Agency Vista

Kalau kamu adalah marketing agency, kamu pasti tahu betapa sulitnya mengelola klien tanpa otomatisasi. Kami sarankan untuk bergabung dengan Agency Vista, jaringan marketing agency yang dapat menyediakan banyak tool untuk membantu bisnismu. Setiap profil yang terverifikasi dilengkapi dengan kuesioner white-labeled customer intake yang dapat disesuaikan dengan brand kamu sehingga kamu bisa mendapatkan informasi yang tepat saat merekrut klien. Dengan begitu, manajemen media sosial akan jadi lebih mudah dan upaya online branding akan meningkat.

kuesioner customer intake dari agency vista

Wah, banyak sekali informasinya. Namun, kami harap ini bisa membantumu memperoleh gambaran kasar tentang informasi yang kamu butuhkan untuk menaklukkan dunia marketing.

10. Brand24

Brand24 adalah tool social media listening yang efektif  . Alat ini memiliki integrasi khusus dengan Instagram, Twitter, dan Facebook yang mematuhi semua peraturan dan pedoman terbaru.

Brand24 memberimu akses instan ke berbagai mention di berbagai blog, video, podcast, review, berita, dan sumber lainnya. Berkat analitik yang ekstensif, kamu bisa mengukur kinerja dan engagement kata kunci di Internet.

Tool ini membantumu memantau apa yang dikatakan orang tentang brand-mu di Internet, engage dengan klien dan influencer, mendapatkan lebih banyak insight pelanggan dari sebelumnya, mengidentifikasi leads, dan memantau kompetitor—semua yang kamu butuhkan untuk tetap menjadi yang terdepan!

Brand24 adalah solusi sempurna bagi perusahaan yang ingin terus menjadi yang terdepan. Kamu tidak akan pernah melewatkan pesan atau peluang potensial lagi.

homepage of brand24

11. ClickUp

ClickUp adalah solusi manajemen workflow dan konten yang menawarkan fitur-fitur canggih untuk membantu tim kamu menyelesaikan pekerjaan secara efisien. Dengan kemampuan kustomisasi di ClickUp, tim kecil hingga besar dapat menyatukan semua task dalam satu platform dan mengelola seluruh progress nya.

ClickUp menawarkan mind map yang dapat membantumu memvisualisasikan content plan. Membuat mind map nya pun mudah dan didesain untuk memecah ide-ide kompleks, serta memetakan jalur yang jelas untuk pelaksanaan tugas.

Untuk pengaturan task, manfaatkan Hierarki yang kuat di ClickUp. Atur task pada tingkat Space, Folder, List, Tasks, dan Subtasks.

ClickUp juga menawarkan berbagai fitur untuk kolaborasi yang lancar. Gunakan fitur Proofing untuk menulitas komentar langsung dalam lampiran tugas, buat Formulir khusus untuk mengumpulkan informasi penting dari klien, tetapkan beberapa penerima tugas ke suatu tugas, dan masih banyak lagi.

Bukankah hebat jika kita bisa melihat di mana saja progress tugas kita setiap saat?

Lacak dengan mudah tahap apa yang sedang kamu lalui dalam suatu proyek dan sesuaikan jadwal postinganmu selalu dengan kalender konten media sosial dengan membuat Custom Statuses yang memfasilitasi workflow unikmu. Untuk visibilitas dan kejelasan, cukup tambahkan Custom Tag untuk menautkan task terkait dan beri kode warna pada task berdasarkan social channel dengan Custom Field.

tool social media clickup

Bonus: ClickUp menawarkan Paket Gratis Selamanya yang kaya fitur dan Customer Support 24/7.

Wah, banyak sekali informasinya. Namun, kami harap ini bisa membantumu memperoleh gambaran kasar tentang tool yang kamu butuhkan untuk menaklukkan dunia marketing.

Templat Konten Kalendar Gratis

Templat kalender konten praktis (Spreadsheet format) yang mudah digunakan, dan efektif!

Email Address

Sign Up

We respect your privacy.

Free Trial

Kelola influencer marketing dengan Praktis

Coba Gratis

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.