Influencer Marketing
March 1, 2023

Tips memilih jasa KOL untuk Endorsement Produk

                   

kols-influencers
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber gambar: Freepik                                

         

 KOL adalah seseorang yang memiliki keahlian dan berpengaruh di suatu bidang. Dengan bekerja sama dengan KOL untuk mempromosikan bisnis, kamu dapat membuat produk bisnismu dikenal oleh banyak orang dengan waktu yang singkat. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai KOL dan bagaimana cara memilihnya untuk endorsement. 

Daftar Isi

Apa itu KOL?

Keuntungan Menggunakan Jasa KOL untuk Endorsement  

Tips Memilih KOL

Kesimpulan

 Apa itu KOL?

 Untuk memahami tips memilih KOL yang baik, kamu harus terlebih dahulu tahu apa itu KOL, dan apa yang membedakannya dengan influencer

Definisi KOL 

KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader, dan merupakan teknik marketing yang sedang happening, terutama di Asia Tenggara. Pada awalnya, istilah ini hanya digunakan oleh industri kesehatan, namun seiring berjalannya waktu, istilah KOL mulai digunakan untuk menyebut “orang yang memiliki pengetahuan, terpercaya, dan berpengaruh pada bidang apapun.”

Perbedaan KOLs dan Influencers

Meskipun sama-sama memiliki pengaruh pada kehidupan sekelompok orang di dunia maya, namun ada yang membedakan antara keduanya dalam hal keahlian.

Influencers memberikan pengaruh yang luar biasa, namun mereka bukan seorang ahli atau pakar di bidang apapun, dan mereka mengekspresikan suatu fenomena yang sedang viral dengan followersnya sebagai orang awam.

Di sisi lain, KOLs memposisikan diri mereka sebagai pakar di bidangnya, dan mereka memiliki pengetahuan untuk menjawab segala pertanyaan yang menyangkut bidang tersebut.

Untuk brand, menggunakan KOLs yang sesuai dengan produk yang ditawarkan, akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan reliabilitas produk.

BACA JUGA : Apa itu Influencer? Berikut Penjelasan dan Cara Menjadi Influencer Instagram

 Keuntungan Menggunakan Jasa KOL untuk Endorsement?

 Setelah memahami pengertian singkat KOL, mari kita bahas keuntungan memakai jasa KOL sebagai media marketing. Disini, kami akan menjelaskan keuntungan yang bisa kamu dapat dari menggunakan KOL untuk mempromosikan produk ke masyarakat.

  • Meningkatkan Reliabilitas Produk

Dengan menggunakan KOL yang sesuai dengan kategori produk ataupun jasa yang kita tawarkan, orang-orang akan lebih yakin untuk membelinya. KOL memiliki hubungan dekat dengan followersnya, dan jika mereka memiliki pertanyaan seputar produk atau jasa yang brand kamu tawarkan, mereka dapat menjawab dengan pengetahuannya yang sudah banyak. 

  • Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menggunakan jasa KOL sebagai media promosi, diharapkan orang-orang akan lebih mengenal brand kamu. Jika kamu ingin memasarkan sebuah produk yang belum dikenal banyak orang, ataupun produk baru, menggunakan jasas KOL akan membesarkan peluang peningkatan awareness produk kamu di masyarakat.

  • Memperluas Jangkauan ke Luar Negeri

Ketika perusahaan mencoba untuk memperluas cakupan bisnis hingga ke luar negeri, mereka akan menguras banyak waktu dan uang. Walaupun bisnisnya telah meluas, pasti akan ada situasi yang tidak mereka duga. Karena perbedaan budaya, respon penduduk mengenai produknya pun akan berbeda.

Dari penjelasan diatas, jasaKOL merupakan salah satu metode pemasaran yang sedang populer di AsiaTenggara. Dengan menjalin hubungan dengan KOL yang dikenal penduduk sekitar, kamu bisa membuat produk kamu menjadi sangat populer di lingkungan tersebut. Karena lebih mudah untuk memperluas jangkauan ke luar negeri, maka metode pemasaran ini sangat direkomendasikan untuk brand yang sedang mempertimbangkan untuk memperluas jangkauan bisnisnya ke luar negeri.

 Tips Memilih KOL

 Selanjutnya, kami akan membahas tentang kriteria yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih KOL

  • Pilih KOL yang Selaras dengan Brand, Produk, dan Jasa

Karena ada banyak KOLs dari berbagai kategori, telusuri lebih dalam apakah konten mereka selaras dengan brand, produk, dan jasa kamu.

Semakin banyak penggemar, semakin sering pula KOL memposting konten di media sosialnya. Jadi kamu juga perlu memahami konten seperti apa yang mereka posting setiap harinya.

Setelah kamu yakin jika KOL beserta kontennya selaras dengan brand, produk, dan jasa yang kamu tawarkan, selanjutnya pastikan fans dari KOL tersebut sesuai dengan target demografi kamu 

Meskipun secara minat sudah selaras, kamu juga harus pastikan jika demografi dari audiens tersebut sudah sesuai dengan lingkup bisnis kamu. 

  • Riset Lebih Lebih Jauh Tentang KOL yang Kamu Pilih

Ketika memilih KOL, kamu juga harus memeriksa jumlah impression, likes, dan shares dari konten-kontennya. 

Jika konten KOL tersebut banyak mendapatkan respon positif dari user Instagram lain, kamu bisa mendapat hasil yang positif juga ketika menggunakan jasanya.

Kamu juga bisa menganalisa lebih jauh tentang para KOLs tersebut menggunakan metric-metric penting lain yang hanya bisa kamu temukan di dashboard Slice. Pastikan untuk Riset sedetail mungkin dalam hal ini!

 Kesimpulan

 KOL (Key Opinion Leader) sering diidentifikasikan dengan influencers yang memiliki spesialisasi pada bidang tertentu. Dengan bekerja sama dengan mereka, akan sangat mudah untuk mengenalkan produk dan jasa dari brand kamu ke masyarakat.

Untuk menggunakan jasa KOL sebagai media marketing, akan lebih baik menggunakan sebuah platform yang dapat membuat proses seleksi KOL jadi lebih cepat. Dengan Slice, kamu dapat membandingkan statistik performa konten dan profil KOL satu sama lain. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mem-filter KOLs yang sesuai dengan kategori produk kamu saja. Temukan KOL yang memenuhi kriteria target audiens kamu dengan Slice!

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.