Content Creators
July 24, 2024

16 Tools Instagram untuk Meningkatkan Jumlah Followers Kamu

                   

menggunakan Instagram tools
Sumber gambar: Freepik

         

Instagram sudah bukan hanya menjadi tempat bagi atau orang - orang dengan hobi fotorografi memamerkan karya - karyanya. Kini, jejaring media sosial tersebut telah menjadi platform bisnis yang luar biasa. Dengan lebih dari 200 juta akun bisnis , platform tersebut menghasilkan jutaan dolar dalam layanan pemasaran setiap tahunnya.

Dengan lebih dari setengah miliar pengguna harian, Instagram telah menjadi salah satu tempat pertama yang dituju calon pelanggan dan konsumen untuk mendapatkan inspirasi, ulasan, saran, dan motivasi. Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis, jumlah tools yang tersedia untuk mendukung aktivitas Instagram telah meningkat pesat. Mulai dari tools pembuatan konten, analisis performa konten, hingga penjadwalan konten, ada banyak tools tersedia yang dapat membantumu meningkatkan followers dan memaksimalkan peluang monetisasi Instagram.

Berikut adalah beberapa tools terbaik yang tersedia untuk memperoleh insight, meningkatkan followers, dan memperoleh keuntungan di Instagram.

BACA JUGA: 5 Tools AI untuk Content Creator 2024

Tools Instagram yang Kamu Butuhkan untuk Meningkatkan Followers:

                   

Slice tools Instagram
                 

 

Tipe:  Analitik

Harga:  Gratis

Tersedia di web

Slice memfasilitasi fitur analitik untuk mempermudah konten kreator ataupun influencer dalam menganalisa performa akun media sosial mereka di berbagai platform. Inilah salah satu keunggulan Slice Analytics, yakni mereka menyediakan satu platform yang dapat menampung insight dari beberapa media sosial sekaligus (Instagram, TikTok, dan YouTube). Ini akan mempermudah konten kreator dalam membandingkan performa konten di masing  - masing media sosial. Dengan begitu, kreator bisa menarik kesimpulan terkait media sosial mana yang paling cocok dengan konten mereka dan mengutamakan fokusnya di sana.

Selain itu Slice juga menyediakan beberapa metric yang tidak tersedia pada Instagram insight, yang diantaranya adalah engagement rate by reach, engagement rate by followers, cost per reach, dan lain sebagainya.

2. Social Searcher

                   

Social Searcher Tools Instagram

Tipe:  Analitik

Harga:  Gratis

Tersedia di Android dan iOS

Jika kamu ingin mencari tahu apa yang dikatakan orang tentang kamu atau brand kamu di Instagram, Social Searcher adalah tool yang bisa kamu andalkan. Mesin pencari media sosial ini dapat membantumu melacak reputasimu di media sosial dengan memantau semua mention dari publik di jejaring sosial dan web.

Dengan tool ini kamu bisa melacak brand mention atau tagar tertentu di Twitter, Instagram, dan bahkan melalui pencarian Google. Tool ini juga bisa membantumu menemukan sentimen, dan hashtag negatif yang dapat kamu gunakan untuk mencegah atau mengurangi segala hal negatif yang dapat menurunkan citra-mu sebelum viral.

3. Hashtagify

                   

hashtagify - tools instagram

         

Tipe:  Riset

Harga:  Daftar gratis dan pilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhanmu

Tersedia di Android dan web.

Hashtagify membantumu mencari hashtag paling populer, menemukan influencer yang menggunakannya, dan memahami tren penggunaan. Dengan mengambil data real-time dari Instagram, kamu bisa menemukan peringkat popularitas hashtag terkini, serta tren mingguan dan bulanan. Kamu juga bisa mencari hashtag terkait yang digunakan influencer lain.

Hashtagify mudah digunakan dan dapat kamu manfaatkan untuk memantau performa kamu dan pesaingmu di Instagram. Berdasarkan pola penggunaannya, Tools Instagram ini bahkan bisa membantumu mengidentifikasi hari dan jam terbaik dalam seminggu untuk menggunakan hashtag tertentu.

4. Telegram

telegram tools instagram
                                                                                                                                                                                                                           

Tipe:  Distribusi

Harga:  Gratis

Tersedia di Android, iOS dan web

Bergabung dengan grup / komunitas Instagram untuk bertukar engagement dan memancing algoritma Instagram untuk memberikan lebih banyak eksposur telah menjadi populer selama beberapa tahun terakhir. Meskipun ini terdengar kontroversial, namun ini cara ini bisa bekerja jika dilakukan dengan benar.

Sebagian besar grup / komunitas komunitas Instagram bisa ditemukan di  Telegram Messenger. Aplikasi chatting berbasis cloud ini, memungkinkan pengguna Instagram untuk berkomunikasi dalam grup tentang kapan dan bagaimana cara engage dengan postingan satu sama lain.

Yang membuat Telegram menjadi platform yang populer untuk ini adalah karena tidak adanya batasan pada ukuran media dan chat. Kamu juga bisa membuat grup dengan 100.000 anggota tanpa perlu menambahkan semua anggota ke kontakmu. Kamu bisa menambahkan anggota baru ke dalam grup Telegram hanya dengan memasukkan username Telegram mereka, atau menyebarkan link grup tersebut kepada mereka.

5. InShot

                   

InShot - tools Instagram

Tipe: Pembuatan konten

Harga:  Plan awal gratis, tetapi untuk mendapatkan fitur lengkapnya perlu membayar versi Pro

Tersedia di Android dan iOS

InShot Video Editor adalah contoh software editor foto dan video yang dirancang khusus untuk membuat konten yang sesuai dengan format Instagram Stories. Aplikasi ini menyediakan templat minimalis dan elegan untuk membuat Instagram Stories yang memukau. Kamu juga bisa menambahkan musikmu sendiri ke video dari file mp3 atau format lainnya. Aplikasi ini juga memiliki banyak sound effect, fitur voice over, dan fitur timeline untuk mempermudah sinkronisasi sound dengan videonya.

6. Collage maker

                   

collage maker tools IG
                                                                           

Tipe:  Pembuatan konten

Harga:  Gratis

Tersedia di Android dan iOS

Kamu punya beberapa foto bagus, yang ingin kamu jadikan satu bingkai? Tidak masalah. Buat kolase. Dari sekian banyak tools yang memiliki fungsi ini, Collage Maker adalah pilihan terbaik dan sangat menyenangkan!

Aplikasi ini memiliki lebih dari 100 opsi tata letak dan memiliki fitur untuk menggabungkan hingga 18 gambar. Aplikasi ini juga merupakan editor foto lengkap yang menyediakan berbagai alat pengeditan seperti crop, rotate, dan flip. Aplikasi ini juga menyediakan filter, stiker dan teks pada gambar, serta alat coretan untuk menggambar pada foto.

7. Combin

                   

combin - tools IG

         

Tipe:  Penelitian

Harga:  Versi dasar gratis

Tersedia di Android, iOS dan web

Mengembangkan audiens secara organik bisa menjadi salah satu hal tersulit yang bisa dicapai dan membutuhkan waktu.  Combin adalah tools Instagram yang dikembangkan untuk membantumu menemukan dan menarik audiens baru. Fungsi pencariannya yang canggih akan membantumu menemukan postingan dan akun berdasarkan hashtags, lokasi, hashtag+lokasi, hingga menelusuri followers dan komentator di akun media sosial kompetitor.

Yang membuat Combin sangat efektif adalah kamu bisa mengikuti, berhenti mengikuti, menyukai, dan berkomentar secara massal ataupun satu per satu. Kamu bisa meninggalkan lebih dari satu komentar dengan teks yang berbeda untuk akun yang berbeda. Tools Instagram ini dapat menjadwalkan task secara otomatis berdasarkan Instagram daily limits.

8. VSCO

                   

VSCO - tools instagram

         

Tipe:  Pembuatan konten

Harga:  Gratis

Tersedia di Android dan IOS

VSCO  (singkatan dari Visual Supply Co.) adalah alat penyunting photo editor terbaik untuk media sosial . Dengan berbagai filter yang memukau, VSCO lebih menonjol dibandingkan filter Instagram standar. Tools Instagram ini memiliki alat geser praktis yang bisa diandalkan untuk menyesuaikan filter sehingga fotomu tampak seperti diambil dengan film, bukan dengan kamera digital, sehingga memberikan tampilan dan nuansa yang autentik.

VSCO sendiri merupakan komunitas online, dimana kamu bisa berbagi gambar di sana dengan rekan-rekan VSCO, atau ke media sosial lainnya.

Selain filternya yang cantik, aplikasi ini memiliki semua alat penyuntingan foto standar seperti trim dan kontras. Opsi berbayarnya ($19,99 per tahun) menyediakan tambahan penyesuaian Borders & HSL, serta preset tambahan, penyuntingan video, dan early access ke fitur-fitur baru. VSCO dapat mengonversi foto kamu ke format Instagram, sehingga mempostingnya ke Instagram akan menjadi sangat mudah.

9. Later

                   

later tools Instagram

         

Tipe:  Penjadwalan

Harga:  Daftar gratis dan pilih paket yang sesuai untuk Anda

Tersedia di Android, iOS dan web

Later bisa membantu menyederhanakan strategi media sosial, sehingga kamu bisa mendapatkan performa yang maksimal dari konten. Fitur-fiturnya meliputi penjadwalan visual, manajemen media, pemasaran, dan analitik. Kamu bisa mengunggah konten langsung dari komputer atau perangkat seluler dan menghemat waktu dengan merencanakan dan menjadwalkan postingan Instagram terlebih dahulu.

Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk mengelola beberapa akun Instagram dari satu perangkat dan melihat preview Instagram feed kamu sebelum dipublikasikan.

Later merupakan Instagram Partner yang menggunakan Instagram Graph API untuk publikasi ke Instagram. Jadi kamu tak perlu khawatir akan keamanan dari platform ini.

10. Buffer

                   

Buffer - tools IG

         

Tipe:  Penjadwalan

Harga:  Versi dasar gratis, dan paket pro mulai dari $15/bulan

Tersedia di Android dan iOS

Buffer dikenal luas sebagai tools untuk menjadwalkan posting Twitter dan Facebook, tetapi juga bisa digunakan untuk Instagram. Buffer memposting langsung ke Instagram setelah kamu menyiapkan postingan dari desktop atau ponsel.

Seperti tools penjadwalan pihak ketiga lainnya, Buffer memungkinkanmu mengotomatiskan publikasi postingan dengan satu gambar (kamu harus memiliki akun bisnis Instagram terlebih dahulu). Untuk postingan dengan lebih dari satu gambar atau video, kamu juga tetap bisa menjadwalkan publikasinya.

Paket berbayar Buffer memberimu insight tentang metrik performa akun Instagrammu.

11. PicFlow

                   

         

Tipe:  Pembuatan konten

Harga:  Versi dasar gratis, tetapi tingkatkan ke versi Pro untuk mendapatkan manfaat penuh

Tersedia di Android dan iOS

Jika kamu ingin memperbanyak konten reels, tetapi tidak ingin merekam sesuatu, PicFlow dapat membantumu. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membuat tayangan slide berdurasi 15 detik dengan foto - foto unggahanmu. Selain itu kamu juga bisa menambahkan dan mengedit audio langsung di aplikasi. Bahkan kamu bisa mengontrol waktu slide, dan membuat beberapa efek visual yang sangat menarik dengan memadukan pengeditan gambar dengan aplikasi lain dalam daftar ini.

12. Storyheap

                   

Storyheap - tools instagram

         

Tipe:  Pembuatan dan penjadwalan konten

Harga:  Paket dasar berharga $49/bulan (uji coba gratis)

Tersedia di web

Jika kamu menyukai Instagram Stories namun tidak suka menghabiskan waktu berjam-jam di depan ponsel, maka Storyheap adalah pilihan yang tepat untuk. Ini adalah aplikasi web yang memungkinkanmu membuat dan menjadwalkan Instagram Stories di web browser komputer. Kamu bisa membuat Stories menggunakan fitur drag-and-drop, dan filter bawaan serta opsi penyuntingan foto.

Storyheap juga memberikanmu kemampuan untuk memposting story secara langsung atau dijadwalkan. Jadi jika kamu ingin membuat konten story di hari Senin dan menjadwalkan publikasinya di hari lain, ini adalah tools Instagram yang kamu butuhkan.

13. Focalmark

                   

Focalmark - tools Instagram

         

Tipe:  Riset

Harga:  Gratis

Tersedia di Android dan iOS

Focalmark adalah aplikasi rekomendasi hashtag terbaik untuk foto yang kamu unggah berdasarkan tiga faktor: subjek foto, lokasi foto, dan kamera yang kamu gunakan untuk mengambil foto. Saat kamu memilih opsi untuk masing-masing dari ketiga masukan ini, Focalmark akan menyarankan daftar hashtags terpopuler yang sesuai dengan foto.

Dengan slider pada tool ini kamu bisa menyesuaikan jumlah hashtags yang ingin kamu gunakan, dan kamu bisa menyalinnya ke clipboard untuk penggunaan berulang. Tombol shuffle bisa kamu gunakan untuk menyusun ulang urutan hashtag-nya.

14. Canva

                   

Canva - Tools Instagram

         

Tipe:  Pembuatan konten

Harga:  Gratis

Tersedia di Android dan iOS

Dengan Canva, siapa pun bisa membuat postingan Instagram yang menawan dalam hitungan menit – semudah itulah penggunaannya. Tools ini memiliki berbagai templat Instagram gratis, serta templat yang dirancang khusus untuk saluran media sosial lainnya.

Setelah memilih templat salah satu jenis konten media sosial dengan gratis, kamu bisa menyesuaikan setiap aspek desain menggunakan berbagai font, frame, background, grafik, dan gambar yang tersedia. Lalu kamu bisa menyimpannya, dan kembali ke desain tersebut kapapun kalian membutuhkannya.

15. Planoly

                   

planoly tools Instagram

         

Tipe:  Penjadwalan Konten

Harga:  Gratis

Tersedia di Android dan iOS

Planoly adalah Instagram planner pertama dengan visualisasi, serta platform yang kamu butuhkan untuk merencanakan dan menjadwalkan konten Instagram. Aplikasi ini memberikanmu fitur untuk merencanakan konten secara visual, yang berarti kamu bisa memposting secara konsisten untuk menjaga tampilan grid dan IG Stories agar tetap cantik.

Seperti yang kalian ketahui, konsistensi adalah kunci memenangkan algoritma Instagram. Planoly dibuat dengan cermat dari sudut pandang desainer untuk terlihat sederhana, bisa diandalkan, dan mudah digunakan.

16. Linktree

                   

linktree tools instagram

         

Tipe:  Distribusi

Harga:  Versi awal gratis dan versi Pro berharga $6/bulan

Tersedia di web

Salah satu aspek yang paling membuat frustrasi bagi banyak pengguna Instagram adalah kenyataan bahwa kamu hanya diperbolehkan untuk memposting satu link di bio profil-mu.  Linktree adalah solusinya.

Dengan tools Instagram ini, kamu bisa membuat satu webpage yang bisa kamu personalisasi untuk menampung banyak link ke berbagai situs yang ingin kamu tuju untuk menarik followers. Setelah kamu membuat halaman Linktree dan menambahkan semua link yang kamu mau, kamu hanya cukup menyalin dan menempelkan URL Linktree-mu ke kolom 'Website' di bio Instagram.

Saat pengguna mengkliknya, mereka akan melihat halaman dengan semua link yang kamu tautkan. Link bio kamu akan tetap sama selamanya, dan kamu bisa menambahkan atau menghapus link yang kamu mau kapanpun ke dalam Linktree page-mu.

Slice Icon
Connect With Us!
(*) required
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.